4 Alasan Mengapa Gaya Hidup Sehat Bisa Bantu Sobat Berhemat

Apa hal yang terbayang di kepala Sobat ketika memikirkan soal gaya hidup sehat? Olahraga di gym? Hanya bisa makan sayur dan buah setiap hari? Mengonsumsi berbagai suplemen vitamin untuk kesehatan?

Memang benar bahwa menerapkan gaya hidup sehat mengharuskan Sobat untuk mempersiapkan hal-hal tertentu. Akan tetapi, walaupun terasa seolah merepotkan, gaya hidup ini sebenarnya bisa menguntungkan kondisi keuangan Sobat dengan cara berhemat, lho!

Hmm, apa saja ya manfaat hidup sehat yang bisa bantu Sobat berhemat? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Berhemat dengan Gaya Hidup Sehat

1. Menekan Pengeluaran yang Tidak Sehat

Ayah Menggendong Balita di Supermarket

Hapus jajanan tidak sehat dari daftar belanjaan dan coba hitung sendiri berapa pengeluaran yang bisa dihemat. (Foto: Make Healthy Normal)

Salah satu kebiasaan yang jauh dari kata sehat adalah merokok. Nah, coba bayangkan saja kalau pengeluaran untuk rokok bisa Sobat kurangi atau bahkan hapuskan! Kalau Sobat ingin membuktikannya sendiri, coba kumpulkan uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok ke dalam celengan selama dua minggu atau sebulan, misalnya. Lalu, Sobat bisa hitung sendiri berapa banyak uang yang bisa Sobat sisihkan dalam setahun hanya dengan mengurangi rokok.

Selain itu, ada juga pengeluaran lain yang kelihatan sepele, tapi sama sekali tidak sehat. Contohnya pengeluaran untuk membeli minuman ringan atau bersoda, yang kandungan gulanya bisa membuat Sobat berisiko terserang diabetes.

Penghematan yang bisa Sobat lakukan dari sini jumlahnya juga bisa menjadi berkali-kali lipat, lho! Soalnya, dengan hidup yang lebih sehat, risiko Sobat terserang masalah kesehatan juga lebih rendah. Artinya, ada penghematan lebih karena tidak perlu berobat.

Baca juga: Mengenal Gaya Hidup Minimalis dan Manfaatnya

2. Menghemat Biaya Transportasi dan Perawatan Kendaraan

Gaya Hidup Sehat dengan Bersepeda ke Kantor

Kurangi penggunaan kendaraan pribadi saat beraktivitas, misalnya dengan naik sepeda. (Foto: Harvard Health – Harvard University)

Saat ini, masyarakat di Indonesia seperti terlalu mengandalkan kendaraan bermotor untuk bepergian, bahkan hanya dalam jarak dekat sekalipun. Coba mulai biasakan diri dan keluarga untuk berjalan kaki atau bersepeda ketika akan pergi ke tempat yang relatif dekat dan terjangkau.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan transportasi umum. Apabila memang kesibukan tidak memungkinkan Sobat dan keluarga untuk memanfaatkan transportasi umum setiap hari, Sobat bisa tentukan satu atau dua hari dalam seminggu di mana anggota keluarga didorong untuk menggunakan sarana publik ini.

Dengan membiasakan hal ini, Sobat bukan hanya bisa menjaga tubuh tetap aktif, tapi juga menghemat biaya transportasi. Selain itu, dengan mengurangi frekuensi penggunaan kendaraan pribadi, Sobat pun bisa menekan pengeluaran untuk perawatan dan bahkan servis kendaraan.

3. Menghemat Biaya Berobat dalam Jangka Panjang

Ilustrasi Tagihan Berobat di Rumah Sakit

Tagihan berobat bisa ditekan sampai seminimal mungkin karena hidup yang sehat. (Foto: Medium)

Kebiasaan-kebiasaan sehat pastinya punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah risiko terserang penyakit yang jauh lebih rendah, termasuk penyakit kronis atau mematikan. Seperti yang sudah disinggung sekilas sebelumnya, Sobat bisa merasakan pengeluaran yang lebih hemat di masa depan karena tidak perlu sering menemui dokter untuk berobat!

Apalagi, tubuh yang sehat juga akan menunjang produktivitas Sobat selama beraktivitas, baik itu di kantor atau sambil mengurus bisnis sendiri. Produktivitas yang meningkat dan performa yang baik pastinya juga memberikan manfaat dalam segi finansial, kan?

Baca juga: Kakeibo, Cara Atur Uang ala Jepang yang Sederhana Tapi Luar Biasa

4. Menekan Biaya Makan

Contoh Bekal Makanan Sehat

Bukan hanya lebih hemat, masakan sendiri juga lebih sehat dan lezat (Foto: Apple Tree BSD)

Sobat tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang banyak untuk memesan katering “sehat” untuk bisa hidup sehat, lho. Soalnya, memasak sendiri jelas jauh lebih hemat. Apalagi, dengan memasak sendiri, Sobat bisa memilih bahan dan memantau gizinya sendiri.

Bandingkan saja harga makanan sehat buatan sendiri dengan makanan yang Sobat biasa beli di luar. Selisinya relatif jauh, ya? Nah, bayangkan saja berapa jumlah yang bisa Sobat hemat setiap hari hanya dengan menyiapkan sendiri masakan dari dapur sendiri.

Selain berhemat, Sobat juga bisa menjaga kondisi keuangan pribadi lewat penghasilan tambahan dengan menjalankan bisnis sampingan. Sobat tidak perlu khawatir urusan modal, karena ada banyak bisnis yang bisa dimulai langsung walau dengan modal minim, seperti dengan menjadi agen pulsa dan pembayaran PPOB bersama Unitedtronik.

Sobat bahkan tak perlu repot bertransaksi, karena semuanya bisa dilayani lewat aplikasi Unitedtronik yang #tanparibet. Jadi, Sobat tak perlu cemas kalau aktivitas di kantor akan terganggu. Menu di aplikasi juga lengkap dengan produk yang beragam dan banyak dicari masyarakat.

Yuk, tambah penghasilan Sobat #denganUnitedtronik! Mulai bisnis Sobat sekarang juga dengan men-download aplikasinya di Play Store dan App Store, gratis!