5 Pelajaran Sukses untuk Bisnis Sobat dari Anthony Tan, Pendiri Grab

Pelajaran Sukses dari Antony Tan Pendiri Grab

Ada banyak cara yang bisa Sobat lakukan untuk belajar dan mengembangkan bisnis, seperti belajar dari pengalaman mereka yang sudah sukses. Dari begitu banyaknya pengusaha yang kisahnya bisa Sobat jadikan pelajaran sukses adalah Anthony Tan, sang pendiri Grab.

Meskipun datang dari keluarga pengusaha sukses, Anthony tetap merintis bisnisnya dari nol. Berkat kerja keras dan semangat pantang menyerahnya, Anthony pun sukses membawa Grab hingga akhirnya jadi perusahaan transportasi online terbesar di Asia Tenggara.

Lantas, apa saja pelajaran bisnis yang bisa Sobat peroleh dari pria ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Pelajaran Sukses dari Pendiri Grab

Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Anthony Tan dalam Wawancara Tentang Pengalamannya Mendirikan Grab

Foto: YouTube

Pelajaran sukses yang satu ini pastinya bisa Sobat temukan di dalam diri pengusaha sukses manapun. Di dalam sosok Anthony Tan, kerja kerasnya ia tunjukkan dalam berbagai cara.

Salah satunya adalah dengan terjun langsung menemui para pengemudi yang ia harap dapat membantu perkembangan usahanya. Ia pun tak segan-segan terjun ke lapangan untuk memperkenalkan aplikasi yang saat itu tengah ia rintis langsung kepada para pengemudi transportasi di tempat-tempat yang biasa mereka jadikan sebagai pangkalan, seperti mal, bandara, dan terminal.

Pastinya ada berbagai alasan mengapa Anthony berbuat demikian. Salah satunya adalah untuk melihat sendiri dan memahami apa saja kendala yang dihadapi para pengemudi, serta tantangan bagi bisnisnya sendiri. Karena itulah Anthony memutuskan untuk mengambil posisi di bagian admin begitu usahanya berjalan.

Baca juga: Lemas Saat Puasa? Atasi dengan 4 Tips Ini Supaya Tetap Semangat Beraktivitas!

Menantang Diri Sendiri

Anthony Tan Berfoto di Kantor Grab Singapura

Foto: South China Morning Post

Meskipun terlahir di tengah keluarga pengusaha yang sukses, Anthony membuktikan bahwa ia bisa meraih keberhasilannya sendiri. Daripada langsung menduduki jabatan di salah satu perusahaan milik keluarga, ia lebih memilih untuk menjalankan usahanya secara mandiri dari titik nol.

Peduli dengan Lingkungan Sekitar

Anthony Tan dan Albert Lucius CEO Kudo

Foto: Teknologi.info

Dengan terjun langsung ke lapangan, Anthony mendapatkan berbagai pelajaran sukses yang bukan hanya berdampak positif bagi bisnisnya, tapi juga untuk masyarakat. Hal tersebut jelas tidak akan terwujud jika Anthony lebih memilih untuk duduk diam dan tidak mau mecoba memahami permasalahn yang terjadi di lingkungannya.

Baca juga: 5 Motivasi Usaha yang Wajib Sobat Miliki untuk Sukses!

Tidak Takut Mengambil Risiko

Anthony Tan Menunjukkan Tampilan GrabTaxi di Aplikasinya

Foto: Forbes

Keberanian untuk mengambil risiko bukan berarti bertindak dengan ceroboh, ya! Maksudnya adalah berani mengambil keputusan setelah menimbang-nimbang peluang dan risikonya. Belum lagi, meninggalkan zona nyaman dengan memilih merintis usaha sendiri dengan sistem yang masih terasa asing pada saat itu pun sudah merupakan sebuah tantangan tersendiri dengan risiko yang juga tak kalah besar.

Selalu Belajar dan Mengembangkan Diri

Di awal-awal usahanya memulai Grab, Anthony terbentur begitu banyak masalah. Akan tetapi, pencapaian Grab saat ini jelas membuktikan bahwa Anthony tidak menjadikan masalah dan hambatan tersebut untuk menghentikan usahanya. Ia justru menjadikan kesulitan-kesulitan tersebut sebagai sumber pembelajaran menuju kesuksesan.

Itulah lima pelajaran sukses yang bisa Sobat petik dari seorang Anthony Tan. Semua hal-hal penting tersebut bisa Sobat terapkan bukan hanya dalam urusan berbisnis saja, tapi juga dalam studi atau hal-hal lainnya.

Baca juga: Tips Ampuh Mengatur Keuangan Bisnis Kecil Agar Tumbuh dan Berkembang

Anthony Tan adalah salah satu contoh bahwa bisnis kecil bisa berkembang jadi usaha yang besar dan sukses, bahkan sampai merambah ke pangsa luar negeri. Ia pun membuktikan bahwa kesuksesan, biarpun tidak bisa terwujud  hanya dalam semalam, pasti akan tercapai dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah.

Yuk, terapkan semangat Anthony untuk memajukan bisnis Sobat! Kalau Sobat belum punya bisnis, tapi sudah punya modal niat dan keinginan, Sobat juga tak perlu khawatir. Soalnya, ada banyak ide bisnis yang bisa Sobat lakukan mulai dari sekarang.

Salah satunya adalah bisnis layanan pembayaran online dan PPOB seperti yang Unitedtronik tawarkan. Selain mudah, bisnis ini juga bisa Sobat jalankan bahkan sambil terus bekerja di kantor atau sibuk kuliah, lho! Soalnya, semua transaksi bisa dilakukan hanya lewat satu aplikasi saja. Apalagi, Sobat bisa bebas tentukan sendiri modalnya!

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai bisnis Sobat sekarang juga hanya dengan download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store!