6 Cara Mengembangkan Bisnis yang Wajib Dilakukan Mulai dari Sekarang

Cara Mengembangkan Bisnis untuk Kesuksesan

Berbisnis adalah sebuah proses yang panjang dan bertahap. Kalau Sobat lihat berbagai usaha yang sudah berkembang pesat dan menjadi perusahaan besar, mereka semua pun bermula dari bisnis kecil, lho. Jadi, Sobat tak perlu berkecil hati walaupun usaha yang Sobat jalankan masih kecil, karena yang penting adalah usaha Sobat bisa berkembang. Untuk Sobat yang sudah memulai dan tengah sibuk menjalankan usaha Sobat sendiri, yuk simak enam cara mengembangkan bisnis berikut ini!

Baca juga: Panduan Dasar Membuat Rencana Bisnis yang Wajib Diketahui!

Cara Mengembangkan Bisnis Menuju Sukses

Dengarkan Masukan dari Pelanggan

Ilustrasi Pelanggan yang Memberikan Masukan untuk Sebuah Produk

Foto; Thematic

Masukan ini sangat penting mengingat pelanggan merupakan salah satu pilar utama penentu kesuksesan sebuah bisnis. Karena itu, apapun pendapat yang mereka miliki, apalagi masukan terkait produk, perlu Sobat dengarkan dan pertimbangkan masak-masak.

Untuk mendapatkan masukan pelanggan, Sobat bisa gunakan survei online agar lebih mudah dan praktis. Kemudian, pastikan pelanggan tahu bagaimana cara menghubungi Sobat jika mereka punya sesuatu yang perlu disampaikan terkait produk dan layanan.

Selain itu, jika Sobat akan merilis produk baru, tak ada salahnya memberikan sampel atau membolehkan pelanggan untuk menjajal produk baru tersebut agar masukan-masukan yang diberikan bisa digunakan untuk bantu mematangkan konsep produk Sobat.

Buat Produk Lebih Bervariasi

Variasi Produk Makanan yang Disajikan di Dalam Toples

Foto; YouTube

Cara mengembangkan bisnis yang satu ini barangkali juga berkaitan dengan poin sebelumnya. Nah, terlepas dari apakah variasi produk dibuat atas masukan pelanggan atau didasarkan pada keputusan internal bisnis, adanya tambahan produk baru cenderung bisa meningkatkan antusiasme pelanggan.

Akan tetapi, kalau Sobat merasa kondisi bisnis Sobat masih belum cukup mumpuni untuk menambah jenis produk, Sobat bisa lakukan variasi pada produk yang sudah ada terlebih dahulu. Misalnya dengan mengubah kemasan atau memberikan penawaran yang sesuai dengan masukan pelanggan dan tren pasar.

Baca juga: Cara Belajar Bisnis yang Mudah, Tapi Manfaatnya Tetap Luar Biasa!

Manfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Ilustrasi Cara Mengembangkan Bisnis dengan Ide yang Unik

Foto: Alona

Hal yang satu ini bukan sesuatu yang bisa Sobat kuasai hanya dalam beberapa hari atau bulan saja, karena kemampuan untuk melihat peluang perlu dilatih dalam jangka waktu yang cukup panjang. Akan tetapi, Sobat tak boleh menyerah karena peluang pasti ada di mana-mana, kok! Salah satunya adalah dengan mengamati tren di pasar.

Dengan memanfaatkan tren, maka Sobat pun mendapatkan peluang untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. Besar maupun kecil, setiap peluang yang dieksekusi dengan cermat akan membuahkan hasil positif, kok!

Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Komunikasi dengan Pelanggan Cara Mengembangkan Bisnis yang Baik

Foto; Freepik

Pertama, Sobat perlu menetapkan mindset bahwa kritik ada bukan untuk menjatuhkan, namun untuk membawa bisnis Sobat jadi lebih berkembang. Karena itu, sepahit atau seblak-blakan apapun kritik dan saran yang diterima, Sobat harus siap menerima dengan hati terbuka. Sebab, segala masukan dalam bentuk apapun pasti akan memberikan manfaat bagi kemajuan bisnis Sobat.

Baca juga: 5 Motivasi Usaha yang Wajib Sobat Miliki untuk Sukses!

Kegagalan Bukanlah untuk Disesali, Tapi Sebagai Pelajaran

Ilustrasi Kegagalan Sebagai Pelajaran

Foto; KQED

Siapapun pasti tak ingin gagal, sehingga hal ini pasti selalu ingin dihindari oleh siapa saja. Akan tetapi, jika Sobat harus merasakan pahitnya kegagalan, jangan biarkan diri Sobat berlarut-larut dalam penyesalan atau kesedihan. Sebab, sebenarnya ada banyak pelajaran penting yang bisa Sobat petik dari pengalaman buruk tersebut agar tidak terulang lagi di kemudian hari.

Yakinlah Bahwa Selalu Ada Solusi di Balik Setiap Masalah

Pengusaha Wanita Muda yang Optimis

Foto; Freepik

Tantangan dan kesulitan akan selalu hadir dalam hidup, termasuk dalam urusan bisnis. Akan tetapi, jangan biarkan segala halangan tersebut memaksa Sobat untuk menyerah. Sobat tidak akan benar-benar tahu apakah Sobat bisa melalui situasi tersebut kalau Sobat tidak pernah mencoba, bukan?

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, kok. Karena itulah Sobat harus selalu menguatkan mental dan mengobarkan semangat selama berbisnis, termasuk ketika kesulitan datang menghadang.

Itulah enam cara mengembangkan bisnis yang perlu Sobat ketahui dan terapkan mulai dari sekarang. Yang pasti, Sobat harus selalu optimis, semangat, dan bekerja keras untuk membawa bisnis Sobat menuju kesuksesan, ya!

Baca juga: Bekerja di Rumah Bisa Bantu Sobat Berhemat, Lho! Ini Buktinya!

Untuk Sobat yang ingin memulai bisnis sendiri, tapi tidak punya modal sampai jutaan, Sobat tak perlu khawatir. Soalnya, ada beberapa ide bisnis dengan modal minim yang bisa Sobat jalankan mulai dari sekarang, seperti bisnis pembayaran online dan PPOB. Apalagi jika Sobat menggunakan aplikasi Unitedtronik.

Lewat aplikasi Unitedtronik, Sobat bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja, bahkan tanpa harus mengganggu kuliah atau pekerjaan di kantor. Selain itu, Sobat juga tidak perlu repot-repot menggunakan kode atau format yang susah diingat, lho! Mudah dan praktis, kan?

Yuk, tunggu apa lagi? Dapatkan aplikasi Unitedtronik hanya di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga!