7 Kebiasaan Pengusaha Ini Bantu Mereka Sukses Berbisnis!

Kebiasaan Pengusaha untuk Bantu Mulai dan Jalankan Bisnis

Apakah Sobat sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis sendiri? Kalau iya, Sobat barangkali sudah tahu ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kelancaran saat memulai dan mengelola bisnis Sobat nantinya. Nah, dari berbgai tips yang ada, Sobat bisa mulai dari meniru dan mengembangkan beberapa kebiasaan pengusaha yang dimiliki oleh mereka dengan bisnis yang sukses.

Kebiasaan Pengusaha untuk Mulai Bisnis

Meskipun kelihatannya sepele, sebenarnya banyak kebiasaan yang sangat berguna dalam urusan membangun dan menjalankan bisnis nantinya. Pada akhirnya, kebiasaan memang menentukan gaya hidup, termasuk apa yang Sobat lakukan dalam menghadapi tantangan sehari-hari.

Untuk Sobat yang ingin memulai bisnis sendiri, baik itu sambil ngantor atau sambil mengurus keluarga di rumah, yuk intip tujuh kebiasaan pengusaha berikut ini!

Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Ilustrasi Pencapaian Target untuk Bisnis

Foto: Carn Gerrish Creative

Tips yang satu ini tak akan pernah bosan untuk diulang-ulang karena memang sangat memengaruhi bagaimana Sobat nanti menjalankan bisnis. Sekali lagi, buatlah tujuan dengan menggunakan formula SMART Goal, ya!

Bangun Pertemanan dengan Mereka yang Punya Semangat Sama

Kebiasaan Pengusaha Sukses dengan Bangun Relasi Pertemanan

Foto: CNBC

Hal ini bukan berarti Sobat harus membeda-bedakan teman, ya! Maksud dari tips ini adalah memperbanyak pergaulan dengan orang-orang yang juga punya semangat atau mimpi seperti yang Sobat punya. Dengan begitu, Sobat akan selalu termotivasi dan terinspirasi untuk mewujudkan mimpi Sobat, yaitu memiliki bisnis sendiri yang sukses.

Tak bisa diingkari bahwa lingkaran pertemanan akan memengaruhi kebiasaan dan pola pikir Sobat, cepat atau lambat. Nah, kalau begitu, tidakkah Sobat perlu manfaatkan ini untuk membangun hubungan pertemanan yang memberi dampak positif bagi diri Sobat?

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Kecil dengan Modal Minim

Rajin Baca Update Informasi Terbaru

Rajin Baca Informasi Terbaru adalah Kebiasaan Pengusaha yang Baik

Foto: Fortune

Walaupun Sobat sibuk menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk sibuk mempersiapkan bisnis, jangan lupa luangkan beberapa menit dalam sehari untuk membaca informasi terbaru. Apalagi, dengan adanya internet, Sobat bisa akses berbagai informasi dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Selain memperluas wawasan, kebiasaan ini juga bisa memengaruhi bisnis, lho! Karena itu, jangan cuma baca gosip artis dan selebritis saja, ya! Sobat juga perlu biasakan diri untuk baca informasi terkait dengan bisnis, ekonomi, dan sosial.

Terbuka dengan Kritik dan Saran

Berdiskusi dengan Orang Lain untuk Kritik dan Saran

Foto: TrainingZone

Sobat perlu mengubah anggapan bahwa kritik berarti serangan atas apa yang Sobat lakoni atau yakini. Justru, kritik ada untuk membantu Sobat berubah jadi lebih baik, termasuk dalam urusan bisnis. Karena itu, Sobat harus selalu terbuka untuk menerima kritik maupun saran dari karyawan, pelanggan, atau vendor. Pertimbangkan materi yang masuk untuk membantu mengembangkan diri dan bisnis jadi lebih baik lagi.

Bentuk Sikap Optimis dan Percaya Diri

Gambar Ilustrasi Kepercayaan Diri dan Sikap Optimis

Foto: Shutterstock

Masalah dan tantangan bukanlah hal yang asing dalam kehidupan, termasuk ketika Sobat menjalankan bisnis nantinya. Pun halnya dengan kegagalan. Meskipun berat, Sobat harus selalu ingat bahwa segala kesulitan dan cobaan tersebut hadir sebagai pelajaran untuk menempa diri dan bisnis Sobat – mirip seperti kritik dan saran dari luar.

Karena itu, setiap kali Sobat harus menjalani masa sulit, Sobat harus selalu optimis dan tetap yakin pada diri sendiri bahwa Sobat bisa bangkit dan mengubah kondisi.

Baca juga: Terapkan 5 Prinsip Ini untuk Usaha yang Makin Sukses!

Singkirkan Sifat Egois

Ilustrasi Sikap Tidak Egois Sebagai Bentuk Kebiasaan Pengusaha yang Baik

Foto: Shutterstock

Ketika berbisnis, Sobat akan berinteraksi dengan banyak orang – pelanggan, karyawan, vendor atau supplier, aparat pemerintah, investor, dan sebagainya. Artinya, Sobat tidak semestinya selalu mengutamakan diri sendiri.

Kalau Sobat perlahan bisa mengembangkan sikap terbuka dan mau mementingkan pendapat orang lain, maka Sobat pun selangkah lebih dekat untuk menjadi pribadi yang tidak egois.

“Waktu Adalah Uang!”

Ilustrasi Waktu adalah Uang dalam Bisnis

Foto: Shutterstock

Sesibuk-sibuknya pengusaha yang sudah memiliki bisnis yang mapan, lebih sibuk lagi mereka yang sedang merintis usaha. Karena itu, Sobat perlu berkomitmen 100% untuk menjalankan bisnis, bahkan jika Sobat memutuskan untuk melakukannya sambil tetap bekerja di kantor, kuliah, atau mengurus keluarga.

Karena itulah waktu wajib jadi aset yang sangat berharga untuk Sobat. Gunakan waktu sebaik-baiknya agar tidak ada jam, menit, atau bahkan detik yang terbuang sia-sia. Seperti kata pepatah: “Waktu adalah uang!” Jadi, manfaatkan waktu secara optimal untuk meraih apa yang Sobat ingin capai dengan bisnis yang dimulai dan dijalani.

Memang tidak mudah untuk membuat semua kebiasaan pengusaha tersebut jadi milik Sobat, terutama jika kebiasaan Sobat selama ini berbanding terbalik. Akan tetapi, ingat bahwa hal yang sulit bukan berarti mustahil untuk dicapai, ya! Bukankah untuk menjadi pebisnis yang sukses, Sobat harus bersikap optimis?

Baca juga: Apa Sih Enaknya Punya Bisnis Sendiri? Ini Dia Jawabannya!

Mulai Bisnis Sobat Sekarang Juga!

Ilustrasi Wanita Pengusaha Pemilik Kafe

Foto: Entrepreneur

Wujudkan juga optimisme dan semangat Sobat ketika mencari ide untuk berbisnis. Hanya karena Sobat punya modal minim, bukan berarti mustahil untuk memulai bisnis sendiri, lho! Sebab, ada beberapa ide bisnis yang bisa Sobat jalankan sekarang juga tanpa harus keluar modal jutaan, apalagi sampai puluhan atau ratusan juta!

Salah satunya adalah bisnis pembayaran online atau PPOB. Dengan bisnis ini, Sobat bisa melayani berbagai transaksi yang dibutuhkan oleh banyak orang, termasuk tetangga dan teman. Mulai dari pembelian pulsa dan paket data, pembayaran tagihan dan cicilan multifinance, sampai urusan transaksi dan isi ulang e-money, semuanya bisa dilakukan.

Lebih mudah lagi jika Sobat bisa melakukan semua transaksi hanya dengan satu aplikasi dan satu smartphone. Dengan begitu, Sobat yang ingin berbisnis sambil terus beraktivitas seperti biasanya juga tak perlu khawatir, karena transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Apakah hal tersebut mustahil? Tentu saja tidak! Soalnya, ada aplikasi Unitedtronik yang menawarkan semua kemudahan di atas!

Yuk, mulai bisnis Sobat sekarang juga dengan aplikasi Unitedtronik. Dapatkan aplikasinya gratis di Play Store atau App Store.