7 Kriteria Customer Service yang Baik, Bantu Kembangkan Bisnis Jadi Lebih Maju

Ciri-Ciri Customer Service yang Baik

Layanan pelanggan alias customer service yang baik adalah salah satu hal terpenting yang wajib dimiliki setiap bisnis agar bisa maju dan berkembang. Meskipun sebuah bisnis atau toko berani menawarkan harga murah atau diskon besar, strategi tersebut jadi sia-sia kalau mereka tidak bisa menarik kembali pembeli yang sudah pernah berbelanja sebelumnya.

Nah, hal tersebut harus Sobat perhatikan juga kalau Sobat punya bisnis sendiri. Lewat customer service yang baik, pembeli lama akan cenderung kembali dan berbelanja lagi, yang pasti bisa mendorong laba bisnis agar meningkat. Dengan bisnis yang selalu untung, tentu tak sulit untuk membawa bisnis Sobat makin maju, kan?

Meski begitu, seperti apa ya yang dimaksud dengan layanan pelanggan yang baik? Pada kesempatan kali ini, Sobat bisa temukan rangkuman ciri-ciri customer service yang baik dan perlu Sobat ketahui. Dengan begitu, Sobat juga bisa menerapkan hal yang sama demi memuaskan hati pelanggan dan mengembangkan usaha yang sudah Sobat jalankan, kan?

Baca juga: 4 Tips agar Produk Laris dan Banyak Diburu Pembeli

7 Syarat Customer Service yang Baik

1. Jawab Pesan yang Masuk

Ilustrasi Customer Service yang Baik

Selalu berikan tanggapan atas pesan dari pelanggan yang masuk. (Foto: Rayne Technology Solutions)

Pesan yang masuk bisa lewat telepon, email, chat, atau pesan di media sosial bisnis Sobat. Hal ini menunjukkan profesionalisme dan memberikan keyakinan besar di hati pelanggan bahwa bisnis Sobat selalu siap untuk membantu dan melayani kebutuhan mereka.

2. Anti Janji Palsu

`Komitmen dan Janji bagi Pelanggan

Janjikan hanya apa yang memang disanggupi kepada pelanggan. (Foto: Fabrik Brands)

Ciri-ciri yang satu ini bisa dibilang syarat utama layanan pelanggan yang baik. Sama seperti di kehidupan sehari-hari, pelanggan juga tidak ingin mendapatkan janji palsu ketika membeli produk dari Sobat. Sebab, dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan, Sobat harus bisa memberikan jaminan bahwa bisnis Sobat bisa diandalkan dan dipercaya.

Karena itulah hanya sampaikan hal-hal yang memang bisa dipenuhi. Misalnya, kalau pelanggan akan menerima produk pada hari Senin, pastikan bahwa produk benar akan diproses dan dikirim agar bisa sampai di tangan pelanggan pada hari Senin.

3. Dengarkan Pelanggan

Ilustrasi Mendengarkan Pelanggan

Dengarkan dan tanggapi apa yang disampaikan oleh pelanggan dengan penuh perhatian. (Foto: Freshdesk)

Sobat barangkali sudah merasakan sendiri kejengkelan ketika Sobat menceritakan apa masalah atau keinginan Sobat pada orang lain, tapi ternyata orang tersebut tidak mendengarkan sehingga Sobat harus mengulang cerita.

Nah, pastikan hal tersebut tidak dialami oleh pelanggan Sobat, ya. Perhatikan dengan baik apa yang disampaikan oleh pelanggan dan berikan respon yang tepat. Misalnya dengan merangkum hal-hal yang sudah disampaikan pelanggan dan menyampaikan solusi yang bisa diberikan.

4. Tanggapi dan Selesaikan Komplain

Customer Service yang Baik dalam Menanggapi Keluhan Pelanggan

Keluhan dari pelanggan sebenarnya adalah kesempatan untuk memperbaiki produk, lho! (Foto: YouTube)

Sobat barangkali ingin menghindari complain atau keluhan. Tapi, hal ini sering kali tak bisa dihindari. Memang benar bahwa Sobat tidak bisa memuaskan banyak orang sekaligus, tapi berikan tanggapan yang baik dan sopan kepada pelanggan yang menyampaikan keluhan. Sekali lagi, dengarkan apa yang disampaikan pelanggan.

Setelah itu, selesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan seperti yang disampaikan di dalam keluhannya. Sebab, tahukah Sobat kalau complain yang ditangani dengan baik justru bisa jadi peluang? Karena dengan begitu, Sobat pun mendapatkan peluang untuk menemukan masalah yang ada pada produk – barang maupun jasa – dan memperbaikinya.

Di samping itu, penelitian telah menunjukkan bahwa 70 persen dari pelanggan yang pernah mengeluhkan soal produk atau layanan, dan mendapatkan penanganan yang baik, akan cenderung kembali untuk berbelanja atau memesan dari vendor yang sama.

5. Berikan Bantuan Tanpa Memandang Untung

Layanan Pelanggan yang Baik

Dalam memberikan pelayanan, jadikan pelanggan sebagai fokus utama. (Foto: Swift Local Solutions)

Dalam memberikan customer service yang baik, fokus pada pelanggan, bukan keuntungan material yang akan Sobat buat. Kalau pelanggan akan sedikit-sedikit dibebankan dengan biaya setiap kali ada masalah pada produk yang dibelinya, jangan heran kalau mereka akan merasa kapok dan tak lagi ingin bertransaksi dengan Sobat.

6. Berikan Pelatihan pada Karyawan

Pelatihan Customer Service yang Baik

Sempurnakan layanan bagi pelanggan lewat pelatihan kepada seluruh karyawan. (Foto: Vend)

Jika bisnis Sobat sudah lebih berkembang dan mampu merekrut karyawan, berikan pelatihan soal pelayanan pelanggan yang baik kepada mereka. Pelayanan pelanggan yang baik harus dilakukan oleh karyawan di semua lini, bukan hanya mereka yang secara khusus mendapatkan posisi CS alias Customer Service. Dengan begitu, semua aktivitas bisnis akan dijalankan dengan pelanggan sebagai fokus utamanya.

7. Berikan Nilai Lebih

Tips Layanan Pelanggan yang Baik

Nilai tambah sekecil apapun, termasuk senyuman, adalah contoh layanan pelanggan yang baik. (Foto: PointofSale.com)

Sebagai contoh, ada pembeli yang datang ke toko dan ingin mencari barang. Daripada sekadar memberikan jawaban seperti, “Ada di rak ketiga dari kanan,” Sobat atau karyawan yang bertugas bisa bantu antarkan ke rak yang dimaksud. Pada intinya, jika ada hal lebih yang bisa diberikan, berikanlah. Sebab, hal sekecil apapun yang bisa memberikan pengalaman positif pada pelanggan akan mampu meningkatkan loyalitasnya, bahkan bisa jadi cara promosi efektif lewat word of mouth alias promosi dari mulut ke mulut.

Pelayanan bagi pelanggan yang baik dan berkualitas penting bukan hanya untuk bisnis yang sudah maju, lho! Untuk Sobat yang punya bisnis kecil atau bisnis rumahan sekalipun, langkah-langkah di atas juga dapat diterapkan agar bisnis selalu menghasilkan keuntungan dan berkembang.

Salah satunya adalah bisnis sampingan atau rumahan sebagai agen pulsa dan pembayaran PPOB dengan aplikasi Unitedtronik. Tanpa harus keluar modal sampai jutaan, Sobat bisa mulai jalankan bisnis kapan saja dan bertransaksi di mana saja, bahkan tanpa harus punya konter atau mengganggu aktivitas di kantor, kok.

Ingin punya usaha sendiri yang anti ribet? Yuk download aplikasi Unitedtronik sekarang juga di Play Store dan App Store, gratis!