7 Tips Hidup Tanpa Utang, Kunci Hidup Bahagia

Hidup Tanpa Utang untuk Keluarga Bahagia

Sebagai orang dewasa yang mandiri, apalagi yang sudah berkeluarga dan bertanggung jawab menafkahi, Sobat perlu mengatur keuangan dengan lebih cermat dan hati-hati. Selain untuk memastikan bahwa segala kebutuhan bisa terpenuhi, hal ini juga untuk menjamin hidup tanpa utang. Sebab, Sobat barangkali sudah menyadari bahwa hidup dengan utang sama saja belum merdeka secara finansial, kan?

Utang atau kredit memang bisa membantu Sobat, terutama dalam memenuhi kebutuhan mendesak yang nilainya besar. Meski begitu, tentu Sobat perlu menjaga agar proposi utang masih di dalam tingkatan yang normal, kan? Kalau tidak, masa iya gaji tiap bulan harus dihabiskan untuk bayar utang?

Untuk membantu Sobat mewujudkan hidup tanpa utang, yuk simak tujuh tips yang sudah dirangkum berikut ini. Selamat membaca!

Tips Mewujudkan Hidup Tanpa Utang

1. Tahu Berapa Jumlah Penghasilan Bersih

Ilustrasi Menghitung Penghasilan Bersih Bulanan

Hitung berapa jumlah penghasilan bersih tiap bulan. (Foto: Turbo – Intuit)

Kalau Sobat ingin hidup bahagia dan sederhana tanpa utang, yang pertama perlu Sobat lakukan lebih dulu adalah tahu berapa besar pemasukan yang Sobat hasilkan. Hanya saja, sekadar menghitung gaji bulanan dan pemasukan tambahan saja tidak cukup, lho! Sebab, Sobat perlu mengetahui berapa besar penghasilan bersih, alias total pemasukan yang sudah dikurangi dengan total biaya. Hal ini bisa Sobat lakukan ketika membuat anggaran rumah tangga maupun pribadi.

2. Pengeluaran Lebih Kecil dari Pemasukan

Menghitung Pengeluaran Bulanan

Hindari “besar pasak daripada tiang.” (Foto: Shutterstock)

Sobat pasti sudah pernah dengar peribahasa “besar pasak daripada tiang,” kan? Pepatah yang sudah Sobat kenal sejak kecil ini merupakan salah satu kunci utama hidup bebas utang, lho! Soalnya, kalau sampai pengeluaran melebihi pemasukan, tentu Sobat akan lebih mudah tergoda untuk berutang, baik itu dengan menggunakan kartu kredit, pembayaran PayLater, atau meminjam uang, kan?

3. Stop Andalkan Pembayaran Kredit

Pembayaran dengan Kartu Kredit

Jangan andalkan kartu kredit untuk semua pembayaran. (Foto: PBS)

Mengutamakan kartu kredit atau pembayaran kredit lain seperti PayLater untuk tagihan bulanan atau kebutuhan sehari-hari bukanlah contoh hidup sederhana dan bebas utang. Karena itu, meskipun Sobat sudah membuat anggaran, pastikan bahwa pengeluaran dibayar secara tunai atau menggunakan kartu debit, termasuk lewat aplikasi uang elektronik seperti OVO, GoPay, dan Dana.

Mengandalkan kartu kredit sangat berbahaya untuk kesehatan keuangan Sobat, apalagi untuk pengeluaran yang bersifat rutin tiap bulannya. Pasalnya, bank bisa saja menurunkan limit kredit Sobat, atau bahkan memblokir kartu kredit tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Apalagi jika jumlah tagihan lebih besar dari yang Sobat bayarkan – cepat atau lambat, jumlah kredit yang tersedia akan menipis juga.

4. Stop Melihat ke Atas

Ilustrasi Wanita Belanja Online

Sebenarnya, apa alasan yang membuat Sobat belanja? (Foto: Shutterstock)

Ketika Sobat belanja baju, tas, dan sepatu, atau mengeluarkan uang untuk jajan atau nongkrong, coba tanyakan pada diri sendiri: apa tujuannya? Apakah hanya agar Sobat tidak ketinggalan tren? Atau karena ingin membuat penampilan terlihat “wah” seperti para selebgram atau artis? Atau karena tidak ingin kalah dengan tetangga yang baru saja beli TV dan kulkas baru?

Memang benar bahwa kartu kredit dan pinjaman bisa Sobat gunakan untuk “memalsukan” status ekonomi di mata orang lain, tapi hanya untuk waktu singkat saja. Hal ini juga akan berdampak buruk pada Sobat, seperti dengan adanya bunga saat membayar cicilan tiap bulannya.

5. Daripada Ngutang, Nabung Dulu Saja!

Menabung Kunci Hidup Tanpa Utang

Daripada membeli dengan cara berutang, lebih baik bersabar dan menabung lebih dulu. (Foto: GOBankingRates)

Sering kali, pembayaran PayLater atau kartu kredit dimanfaatkan untuk pengeluaran dalam jumlah besar, tapi dana yang ada tidak mencukupi. Misalnya untuk membeli barang elektronik atau baju. Kalau Sobat ingin sepenuhnya hidup tanpa utang, lebih baik Sobat menabung lebih dulu daripada memilih jalan pintas dengan membeli secara kredit. Nah, kalau Sobat sudah menabung, tapi masih belum mampu membeli barang tersebut, artinya Sobat memang tidak mampu membelinya. Jadi, tak perlu memaksakan diri sampai di luar batas kemampuan, ya!

6. Punya Dana Darurat

Menabung untuk Kebutuhan Darurat

Siapkan tabungan untuk kebutuhan darurat supaya tidak perlu berutang. (Foto: Shutterstock)

Memiliki alokasi dana atau tabungan untuk kebutuhan darurat akan membantu mencegah Sobat mengandalkan pinjaman begitu ada kebutuhan mendesak. Idealnya, Sobat perlu pastikan ada dana yang senilai tiga sampai enam bulan biaya hidup dalam tabungan dana darurat, tapi Sobat pada dasarnya bebas ingin menyisihkan seberapa banyak sesuai kemampuan, kok!

7. Tingkatkan Penghasilan

Mendapat Penghasilan Tambahan untuk Hidup Tanpa Utang

Tambah penghasilan dengan jalankan bisnis sampingan. (Foto: Shutterstock)

Nah, kalau Sobat merasa sudah menganggarkan pengeluaran sampai seminimal mungkin, tapi jumlahnya masih kira-kira sama dengan penghasilan, atau bahkan di melebihinya, artinya Sobat perlu meningkatkan pemasukan. Tapi, bukan berarti Sobat harus keluar dari pekerjaan sekarang dan mencari pekerjaan baru dengan gaji lebih tinggi, lho!

Soalnya, Sobat bisa coba membuka bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan begitu, pemasukan yang ada tiap bulan bisa bertambah, kan? Nanti, Sobat bisa manfaatkan penambahan tersebut untuk membayar kebutuhan atau tabungan.

Ragu memulai bisnis sampingan karena tidak punya modal besar? Jangan khawatir, karena Sobat bisa memulai usaha sampingan dengan modal minim, kok! Contohnya dengan menjadi agen pulsa dan PPOB, karena Sobat hanya perlu menyiapkan saldo awal sebagai modal yang jumlahnya bisa bebas ditentukan sendiri. Apalagi, Sobat juga bisa berjualan dengan mudah kapan saja dan di mana saja karena semua transaksi bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi.

Segala kemudahan itu bisa Sobat rasakan dengan menggunakan aplikasi Unitedtronik, lho! Apalagi, aplikasinya gratis dan bisa di-download langsung di Play Store dan App. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Unitedtronik dan mulai hidup tanpa utang sekarang juga!