Yuk Kenalan dengan Aplikasi Threema, Katanya Lebih Aman dari WhatsApp Lho!

Ikon Aplikasi Perpesanan di Smartphone

WhatsApp barangkali masih jadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Meski begitu, tak sedikit pengguna yang sudah melirik aplikasi lainnya yang dianggap lebih aman, seperti Telegram. Sementara di Jerman, ada aplikasi Threema yang saat ini sedang menarik banyak perhatian pengguna, sampai pernah menduduki peringkat pertama aplikasi berbayar di Apple App Store, lho!

Salah satu alasan utama mengapa aplikasi Threema sukses menarik begitu banyak perhatian adalah fitur keamanannya, yang menggunakan enkripsi end-to-end. Berdasarkan klaim Threema di dalam situs resmi mereka, enkripsi yang mereka gunakan begitu amannya sampai Threema sebagai operator server pun tak akan bisa membaca pesan yang dikirimkan pengguna.

Hal ini tentu berkebalikan dengan WhatsApp. Meskipun dulunya WhatsApp memang menjanjikan sistem keamanan yang sangat andal, segalanya berubah begitu Facebook mengakuisisi layanan perpesanan ini. Apalagi, Facebook mantap menjadikan WhatsApp sebagai cara baru untuk meraup uang, termasuk lewat iklan di WhatsApp.

Tampilan Aplikasi Threema di Smartphone

Mengklaim dirinya lebih aman daripada WhatsApp dan bebas iklan, Threema langsung jadi favorit di Jerman. (Foto: Ultimate Science)

Bagi para pengguna yang selalu menginginkan privasi dan keamanan total selama bertukar pesan, tak heran jika aplikasi Threema jadi pilihan yang sangat patut dijajal. Apalagi, Threema 100 persen bebas iklan.

Besarnya minat masyarakat Jerman dibuktikan dengan peningkatan jumlah pengguna yang mencengangkan hanya dalam kurun waktu 24 jam pasca peluncuran. Sayangnya, Threema tidak menyebutkan secara gamblang angka pengguna dalam waktu tersebut.

Threema sendiri dapat digunakan sebagaimana halnya aplikasi perpesanan pada umumnya. Artinya, pengguna bisa manfaatkan Threema untuk mengirim pesan teks, multimedia seperti foto dan video, lokasi, serta file. Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara. Ada juga versi desktop yang dapat diakses lewat web browser.

Di samping itu, pengguna perlu membuat user ID untuk bisa menggunakan Threema. ID tersebut lantas dihubungkan dengan alamat email atau nomor HP. Dengan demikian, pengguna bisa mencari kontak di Threema dengan memasukkan alamat email maupun nomor HP.

Meskipun WhatsApp masih jadi aplikasi perpesanan nomor satu di Jerman, tentu bagaimana Threema akan berkembang tetap jadi hal menarik untuk diikuti. Belum lagi, Angela Merkel sang Kanselir Jerman pun dikabarkan menggunakan aplikasi Threema lantaran kekhawatiran bahwa ponselnya telah disadap oleh pemerintah AS dalam beberapa tahun belakangan ini.

Sobat tertarik juga ingin mencoba aplikasi Threema? Aplikasi ini juga bisa diunduh untuk platform Android maupun iOS, kok. Hanya saja, Threema juga merupakan aplikasi berbayar di Indonesia, dan Sobay bisa membelinya dengan harga Rp 40.000 sebelum bisa mengunduhnya.

Cek dulu paket data Sobat, ya! Kalau kuotanya sudah mepet, Sobat bisa beli lagi paket internet lewat aplikasi Unitedtronik yang pasti mudah dan #tanparibet. Kalau Sobat belum punya aplikasinya, download aja langsung dari Play Store dan App Store, gratis!