Butuh Smartphone dengan Fitur NFC yang Ramah di Kantong? Temukan di Sini!

Cara Penggunaan Smartphone dengan Fitur NFC

Near-Field Communication alias NFC adalah fitur yang dapat memudahkan proses konektivitas antar perangkat. Sayangnya, smartphone dengan fitur NFC dengan harga murah masih sangat jarang ada, terutama untuk smartphone keluaran Tiongkok. Hal ini barangkali dikarenakan QRCode yang masih lebih banyak digunakan di sana.

Padahal, NFC sangat membantu dalam kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan berbagai proses, mulai dari pembayaran digital sampai transfer file. Karena itu, fitur ini sudah banyak tertanam dalam perangkat yang beredar di berbagai negara maju, mengingat sistem pembayaran non-tunai yang sudah sangat umum di sana.

Baca juga: Ini Dia 4 Keunggulan Realme 3 yang Bisa Sobat Maksimalkan!

Akan tetapi, bukan berarti harapan untuk menemukan smartphone dengan fitur NFC yang harganya terjangkau adalah sesuatu yang mustahil, ya. Sebab, ternyata ada beberapa pilihan perangkat oke dengan harga yang tak kalah oke, serta dilengkapi dengan fitur ini. Apa saja pilihannya?

Daftar Smartphone dengan Fitur NFC

Nokia 3

Nokia 3 Smartphone dengan Fitur NFC

Foto: XDA Developers

Hanya dengan harga Rp 1,2 jutaan, Sobat sudah bisa bawa pulang smartphone yang punya fitur NFC, lho. Apalagi, spesifikasi perangkat ini sudah lumayan oke dengan chipset MediaTek MT6737 QuadCore 1.4GHz, RAM 2GB, dan memori internal 16GB. Hanya saja, Nokia 3 masih beroperasi dengan OS Android 7 Nougat.

Nokia 3.1 Plus

Desain Smartphone Nokia 3.1 Plus

Foto: Techish Kenya

Smartphone dengan fitur NFC yang satu ini dibanderol dengan harga kurang dari Rp 2 juta dan dibekali dengan Android 8.1 Oreo (Android One). Dengan spesifikasi chipset MediaTek Helio P22 OctaCore 2.0GHz, RAM 3GB, penyimpanan internal 32GB, serta baterai berkapasitas 3.500 mAh, jelas perangkat ini layak dipinang.

Nokia 6

Tampilan Depan Smartphone Nokia 6

Foto: The Verge

Mirip dengan Nokia 3, Nokia 6 pun sudah cukup berumur dan masih beroperasi dengan OS Android 7 Nougat. Akan tetapi, selain fitur NFC, Sobat juga bisa menikmati smartphone dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh, kamera 16MP + 8MP, RAM 3GB, dan memori internal 32GB hanya dengan harga sekitar Rp 1,9 jutaan! Apalagi, kabarnya Nokia akan menyediakan update Android 9 Pie untuk Nokia 6, lho!

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy Note 10 dengan Dua Ukuran Layar Berbeda?

Samsung Galaxy J5 Pro

Smartphone Samsung Galaxy J5 Pro

Foto: Vaaju

Smartphone keluaran tahun 2017 ini masih bisa Sobat peroleh dengan kisaran harga antara Rp 1,8 juta sampai Rp 2 jutaan. Spesifikasinya pun lumayan oke, apalagi karena perangkat ini sudah dilengkapi dengan layar super AMOLED berukuran 5,2 inci. Selain itu, Galaxy J5 Pro juga punya chipset Exynos 7870 OctaCore 1.6GHz, RAM 3GB, dan memori internal 32GB.

Asus Zenfone 5Q

Smartphone Asus Zenfone 5Q dengan Fitur NFC

Foto: Best Buy Blog

Kalau Sobat bersedia mengeluarkan dana sampai Rp 2,6 jutaan, maka Asus Zenfone 5Q adalah pilihan smartphone dengan fitur NFC yang pas. Dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 630 OctaCore, perangkat ini juga dibekali dengan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan internal 64GB. Layarnya berukuran 6 inci dengan panel IPS, dan baterainya berkapasitas 3.300 mAh. Untuk kamera, Sobat juga dijamin bakalan dibuat puas dengan kamera depan ganda 20MP + kamera wide angle, serta kamera depan ganda 16MP + wide angle.

Baca juga: Hasil Jepretan Huawei P30 Pro Sukses Buat Warganet Tercengang!

Nah, dari kelima pilihan di atas, mana yang kira-kira akan jadi pilihan Sobat? Jangan lupa pastikan paket internet Sobat selalu terisi untuk update informasi terbaru setiap hari. Isi sendiri paket data Sobat dengan Unitedtronik. Dapatkan aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga!