Google Umumkan Ada 2,5 Miliar Jumlah Pengguna Android Aktif

Sepuluh tahun setelah pertama kali diperkenalkan, Android kembali mencatat rekor pencapaian. Terakhir, pada hari pertama Google I/O tanggal 7 Mei 2019, Google mengumumkan bahwa saat ini ada 2,5 miliar jumlah pengguna Android aktif. Bagi Google, angka tersebut menunjukkan kesuksesan pendekatan modular ala Android dalam menjangkau pengguna baru dan para rekanan hardware mereka.

Pengumuman tersebut dilakukan oleh direktur senior Android Stephanie Cuthbertson langsung di atas panggung sebagai bagian dari peluncuran Android Q beta 3. Hanya saja, angka jumlah pengguna Android yang diumumkan tersebut berdasarkan statistik Play Store. Artinya, statistik dari rekanan non-Play Store seperti Fire OS milik Amazon dan perangkan Android pabrikan Cina belum dihitung.

Baca juga: Tebar Kebaikan Jadi Makin Mudah dengan Aplikasi Help Apps

Sebelumnya, pada gelaran Google I/O 2017, perusahaan mengumumkan bahwa terdapat 2 miliar pengguna aktif perangkat Android pada tahun yang sama. Tambahan 500 juta pengguna aktif dalam dua tahun jelas menunjukkan pertumbuhan yang cepat.

Tampilan Google Android Q Beta di Perangkat

Foto: Cnet

Di samping itu, statistik tersebut pun menekankan skala tantangan fragmentasi bagi Google, apalagi dengan mempertimbangkan rencana Google untuk menerapkan basic update dan standar keamanan untuk seluruh perangkat Android, terlepas dari versi, region, dan pabrikannya.

Dalam kesempatan yang sama, Google juga mengumumkan bahwa Android Oreo masih menjadi bagian terbesar dari install base Google saat ini, yaitu sebesar 28,3 persen. Posisi kedua ditempati oleh Android Nougat dengan 19,2 persen, posisi ketiga dimiliki Android Marshmallow dengan 16,9 persen, dan posisi keempat oleh Android Lollipop dengan 14,5 persen. Sementara itu, Android Pie yang rilis pada Agustus 2018 menempati posisi kelima dengan 10,4 persen.

Baca juga: Penjualan iPhone Menurun, Awal Merosotnya Popularitas?

Meskipun Google nampaknya belum mengumumkan nama untuk Android 10 Q, perusahaan tersebut jelas sudah menyiapkan banyak kejutan tahun ini. Salah satunya adalah perilisan Google Pixel 3A dan 3A XL. Pastikan pastikan kuota internet Sobat selalu terisi dengan Unitedtronik agar tidak ketinggalan update informasi terbaru setiap hari. Dapatkan aplikasinya di Play Store dan App Store gratis sekarang juga!