Instagram dan WhatsApp Ganti Nama, Ulah Facebook?

Facebook Instagram dan WhatsApp

Berdasarkan laporan dari The Information yang dilansir dari The Verge dan Independent, Instagram dan WhatsApp akan berganti nama. Keduanya nanti bukan hanya dikenal dengan nama brand-nya saja, tapi menjadi “Instagram from Facebook” dan “WhatsApp from Facebook”.

Rencana ini sudah dikonfirmasi oleh pihak Facebook dan merupakan bagian dari strategi rebranding Facebook. Di samping itu, modifikasi nama Instagram dan WhatsApp pun adalah bagian dari perubahan besar untuk menghubungkan ketiga aplikasi tersebut agar “bersatu” di bawah bendera Facebook.

Ikon Aplikasi Instagram dan WhatsApp

Perubahan nama Instagram maupun WhatsApp adalah bagian dari strategi rebranding Facebook. (Foto: Metro)

Seperti yang sudah Sobat ketahui, meskipun Instagram dan WhatsApp berjalan sendiri-sendiri, keduanya sebenarnya sudah lama dibeli oleh Facebook, menjadikannya sebagai bagian dari perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut.

Selama ini Facebook selalu “melepas” kedua aplikasi itu agar beroperasi sendiri. Bahkan, kampanye pemasaran WhatsApp maupun Instagram tidak pernah menempelkan nama atau logo Facebook di manapun.

Meskipun perubahan nama akan berlaku di Play Store maupun App Store, nama yang muncul di layar smartphone pengguna tidak berubah. Hanya saja, ketika pengguna membuka aplikasi, ada kemungkinan layar akan menampilkan tulisan “from Facebook” juga, seperti yang sudah Facebook lakukan dengan Oculus.

Oculus from Facebook

Sebelumnya, Oculus sudah mendapatkan stempel “from Facebook” terlebih dahulu. (Foto: Slate)

Langkah yang diambil Facebook ini cukup mengagetkan. Pasalnya, popularitas Facebook sebagai media sosial telah menurun, terutama di mata konsumen muda. Sementara itu, baik WhatsApp maupun Instagram justru sangat populer bagi konsumen yang masih muda. Di samping itu, Facebook masih menghadapi berbagai kritik, terutama soal akuisisi berbagai aplikasi dan perusahaan yang dilakukan Facebook. Sebab, ada kecurigaan bahwa akuisisi tersebut dilakukan Facebook agar bisa “menghancurkan” persaingan.

Meski begitu, juru bicara Facebook sendiri menyampaikan kepada The Information bahwa perubahan nama tersebut dilakukan karena Facebook ingin memperjelas soal produk dan jasa yang memang bagian dari mereka. Di samping itu, Mark Zuckerberg pun telah mengungkapkan visinya, yaitu sebuah sistem perpesanan terhubung dengan end-to-end encryption antara Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Baca juga: OS Hongmeng Siap Dirilis Huawei Minggu Ini?

Soal kapan pastinya perubahan nama ini akan berlaku, masih belum ada informasi lanjutan dari Facebook. Nah, terlepas dari apakah nama WhatsApp dan Instagram akan berubah dalam waktu dekat ini atau tidak, selalu pastikan paket internet Sobat tidak pernah mati, ya! Apalagi, Sobat bisa beli sendiri paket internet pilihan dengan aplikasi Unitedtronik yang #tanparibet, karena Sobat tidak perlu repot-repot ke konter.

Belum punya aplikasinya? Tenang, Sobat bisa download langsung di Google Play Store dan AppStore. gratis! Cari tahu juga promo menarik lainnya di sini.