Jangan Sampai Zonk! Ikuti 6 Tips Belanja Online Ini Agar Aman dari Penipuan

Foto: businessinsider

Adanya internet menimbulkan banyak sekali kemudahan dalam kehidupan kita, termasuk soal belanja. Berbeda dengan zaman dulu ketika kita harus langsung mengunjungi toko untuk belanja, saat ini kita bisa membeli barang apapun yang kita mau dari mana saja melalui internet. Banyak portal web dan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membeli berbagai barang keperluan kita.

Update terus info soal gadget terbaru. Beli paket internetmu  DI SINI.

Akan tetapi, kemudahan internet ini tidak jarang digunakan oleh orang-orang itdak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan. Tidak sedikit kasus penipuan dengan modus jual beli online. Maka dari itu, Sobat harus berhati-hati saat melakukan transaksi belanja online. Berikut 6 tips agar terhindar dari penipuan belanja online:

  1. Gunakan aplikasi/portal belanja online

Salah satu cara paling aman untuk membeli barang online adalah dengan membelinya melalui aplikasi atau web belanja online. Dengan menggunakan aplikasi/web belanja, Sobat secara otomatis akan mendapatkan perlindungan dari penipuan. Jika hal terburuk terjadi, yakni Sobat tidak mendapatkan barang meski sudah membayar, aplikasi/web belanja ini biasanya akan mengembalikan uang Sobat jika sudah melampaui batas waktu tertentu.

  • Pastikan toko online verified

Tidak hanya melalui aplikasi atau web belanja, Sobat bisa membeli barang dari media sosial termasuk Instagram atau Facebook. Jika Sobat lebih suka belanja lewat media sosial, Sobat harus memastikan toko online yang Sobat tuju benar-benar aman dan terpercaya. Akan lebih baik jika Sobat meminta rekomendasi teman atau kerabat yang sudah pernah belanja di toko online tersebut untuk meminimalisir resiko penipuan.

Bisa isi pulsa kapan aja dan dimana aja DI SINI.

  • Jangan tergiur harga murah

Salah satu alasan belanja online sering menjadi pilihan adalah adanya diskon dan promosi dengan harga miring. Hal ini tentu saja sangat menggiurkan akan tetapi Sobat harus tetap hati-hati. Pastikan Sobat belanja melalui portal terpercaya dengan promo diskon yang valid. Selain itu, jangan terlalu percaya pada harga yang sangat murah karena hal itu bisa jadi adalah salah satu tanda penipuan.

  • Teliti melihat deskripsi barang

Barang apapun yang Sobat beli, pastikan baca deskripsi dengan teliti. Pastikan deskripsi barang sesuai dengan yang Sobat inginkan agar tidak terjadi kesalahan pembelian. Selain itu, carilah toko yang menyediakan garansi agar jika barang yang Sobat terima tidak sesuai deskripsi yang dijabarkan, Sobat bisa menuntut untuk tukar barang/refund.

Cari tambahan penghasilan cuma lewat ponsel. Daftar GRATIS klik DI SINI.

  • Pilih sistem COD

CoD atau Cash on Delivery bisa menjadi pilihan terbaik untuk belanja online. Pasalnya, Sobat memiliki kesempatan untuk memastikan barang yang Sobat beli dalam kondisi baik dan sesuai dengan yang Sobat inginkan sebelum membayarnya. CoD meminimalisir kesempatan para penipu online untuk menjual barang-barang palsu atau barang dengan kondisi tidak baik.

  • Selalu simpan bukti pembayaran

Jika Sobat telah melakukan pembayaran untuk pembelian secara online, pastikan Sobat tidak membuang resi/ bukti pembayaran sebelum barang yang Sobat beli datang. Keberadaan resi/ bukti pembayaran bisa menjadi alat ampuh untuk melacak keberadaan barang belanjaan Sobat. Jika sampai terjadi hal-hal tidak menyenangkan pun, keberadaan bukti pembayaran akan memudahkan Sobat untuk menuntut ganti rugi.

Itu dia, Sobat, 6 tips aman belanja online. Ikuti terus informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi #denganUnitedtronik. Download aplikasinya DI SINI. (Ind.)