Kakeibo, Cara Atur Uang ala Jepang yang Sederhana Tapi Luar Biasa

Ilustrasi Kelola Uang Pribadi dengan Berhemat

Apakah Sobat masih mencari cara atur uang yang cocok dan dijamin bisa bantu Sobat berhemat setiap bulan? Kalau iya, metode Kakeibo yang berasal dari Jepang ini cocok untuk Sobat coba, nih!

Teknik atur keuangan ala Jepang ini sebenarnya sudah diterapkan masyarakat Negeri Sakura tersebut sejak dulu. Hanya saja, Kakeibo mendapatkan sorotan berkat buku Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money karya Fumiko Chiba, serta peran media sosial yang membuatnya dikenal makin luas.

Seperti apa ya cara atur uang ala masyarakat Jepang ini? Simak ulasannya berikut ini!

Kelola Pengeluaran dengan Cara Atur Uang Kakeibo

Masyarakat Jepang pada dasarnya terkenal akan gaya hidup minimalis untuk mencapai kedamaian diri, yang sering ditunjukkan oleh gaya arsitektur tradisional mereka. Nah, gaya hidup ini juga ditunjukkan lewat cara mereka mengatur keuangan pribadi Kakeibo ini. Karena itu, cara ini dijamin mudah untuk diikuti, sehingga komitmen dan konsistensi Sobat lah yang memainkan peran besar dalam menentukan seberapa berhasil Kakeibo bisa bantu Sobat berhemat.

Ilustrasi Cara Atur Uang Pribadi

Atur uang dengan cermat agar kondisi finansial pribadi selalu sehat. (Foto: Magazine Job-Like)

Dalam Kakeibo, Anda mulai atur uang dengan mengatur pengeluaran ke dalam empat kategori, yaitu:

1. Pengeluaran Pokok (Dasar)

Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah pengeluaran untuk kebutuhan pokok yang wajib dialokasikan. Contohnya uang makan, kontrak rumah atau bayar kos, dan biaya transportasi seperti uang bensin dan ongkos kendaraan umum.

2. Pengeluaran Penunjang (Sekunder)

Untuk kategori ini, jenis pengeluaran yang dianggarkan adalah pengeluaran yang dirasa penting, namun tidak mendesak seperti pengeluaran pokok. Misalnya belanja baju atau pengeluaran untuk hiburan, seperti nonton di bioskop atau nongkrong.

3. Pengeluaran Hobi (Kultur)

Sobat pasti punya hobi, kan? Karena hobi juga sering butuh biaya, Sobat bisa anggarkan pengeluaran untuk hobi ke dalam kategori ini. Misalnya, Sobat yang hobi membaca bisa anggarkan dana untuk membeli buku atau novel baru.

4. Pengeluaran Ekstra

Selain ketiga kategori pengeluaran di atas, Sobat juga perlu alokasikan dana untuk pengeluaran ekstra. Dengan begitu, jika ada keperluan pengeluaran lainnya, Sobat punya dana yang bisa digunakan. Contohnya pengeluaran untuk kado pernikahan atau ulang tahun, biaya reparasi kendaraan, atau bahkan biaya berobat.

Disiplin Pisahkan Dana dan Teratur Catat Pengeluaran

Mencatat Pengeluaran Setiap Hari

Atur pengeluaran dengan cermat dan teratur buat catatan setiap hari. (Foto: NerdWallet)

Sekadar memisahkan pengeluaran ke dalam empat kategori saja tidak cukup. Sebab, kalau Sobat tetap menggunakannya secara sembarangan, pengeluaran pun jadi tetap tidak terkendali. Karena itu, Sobat tetap harus mengatur pengeluaran dengan disiplin dan cermat.

Kalau perlu, Sobat bisa pisahkan rekening untuk keempat jenis pengeluaran tersebut agar tidak tercampur. Jika cara ini tidak memungkinkan atau justru merepotkan Sobat, pisahkan rekeningnya sesuai kemampuan Sobat saja.

Selain itu, jangan lupa untuk teratur mencatat pengeluaran Sobat setiap hari. Dengan begitu, Sobat pun bisa mengetahui dengan pasti berapa jumlah dana yang tersisa untuk masing-masing kelompok pengeluaran yang sudah dianggarkan.

Nah, itulah Kakeibo, yaitu cara atur uang ala Jepang yang saat ini sedang populer. Sobat bisa coba mulai dari sekarang dan rasakan sendiri bagaimana cara ini bisa mengubah kebiasaan Sobat dalam mengeluarkan uang dari waktu ke waktu.

Baca juga: Penting! Inilah 4 Hal Tentang Pinjaman Online yang Wajib Sobat Tahu

Selain mengatur pengeluaran, jangan lupa untuk menabung, ya! Dengan menabung, Sobat pun akan memiliki dana cadangan yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak di masa depan. Pastinya hati lebih tenang kalau Sobat punya tabungan, bukan?

Kalau gaji atau uang saku Sobat selama ini masih terasa pas-pasan atau bahkan kurang untuk menabung, Sobat tak perlu cemas. Soalnya, Sobat bisa dapatkan pemasukan ekstra dengan menjalankan bisnis sampingan, lho!

Bisnis sampingan zaman sekarang bahkan bisa langsung jalan walau dengan modal minim, lho! Apalagi, Sobat juga bisa memulai bisnis hanya dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Belum percaya? Buktinya, banyak yang bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan cara seperti itu karena menjadi agen pulsa dan pembayaran PPOB dengan Unitedtronik.

Miliki bisnis Sobat sekarang juga #denganUnitedtronik, yuk! Download dulu aplikasinya di Play Store dan App Store, gratis!