Kalahkan Facebook, Tik Tok Diunduh Sebanyak 700 Juta Kali

Aplikasi asal Tiongkok, Tik Tok, menjadi penguasa Google Play Store sepanjang tahun 2019. Aplikasi berbasis video ini diunduh sebanyak lebih dari 700 juta kali sepanjang tahun lalu. Jumlah ini melesat mengalahkan Facebook, Messenger dan Instagram yang tahun sebelumnya masih mempimpin.

Berdasarkan laporan dari Sensor Tower, Tik Tok terus menanjak dengan stabil menuju puncak Top Apps chart. Tahun lalu, aplikasi ini masih mengekor di bawah Instagram. Dengan meningkatnya popularitas aplikasi ini, Tiktok berhasil mendesak naik ke posisi dua di bawah WhatsApp.

Pasar terbesar TikTok tahun lalu adalah India. Penduduk negeri Bollywood ini mengunduh 44% dari total pengguna Tik Tok. Padahal, aplikasi ini sempat dilarang oleh pemerintah pada bulan April, seperti dilansir dari Digital Trends, Senin (20/1/2020).

Sementara di negeri asalnya, Tiongkok, TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh. Tiongkok menyumbang 78% pendapatan TikTok pada kuartal IV-2019.

Keberhasilan Tik Tok menjadi aplikasi teratas tidak terlepas dari fitur dan kontennya yang jenaka. Video-video yang diunggah di Tik Tok, tidak jarang dibagikan melalui media sosial lain seperti Twitter, Instagram dan Facebook sehingga perlahan namun pasti, aplikasi ini semakin dikenal dan membuat penasaran.

CEO Snapchat, Evan Spiegel pun mengakui keunikan aplikasi ini dan mengatakan bahwa Tik Tok mungkin saja bisa mengalahkan Instagram. “Konten [TikTok] sering kali lebih menarik daripada konten berbasis status,” ujar Evan Spiegel ketika berbicara soal Instagram dalam acara Digital Life Design Conference di Munich, seperti dilansir dari CNBC International, Selasa (21/1/2020).