Lawan Hoaks COVID-19, Kominfo Rilis Chartbot Resmi

Chatbot Kominfo untuk COVID-19. (Foto: kumparan)

Chatbot WhatsApp Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah resmi diluncurkan. Melalui akun ini, Kominfo menyediakan informasi seputar COVID-19. Dengan nama COVID19.go.id dengan tanda centang warna hijau sebagai bukti akun yang telah terverifikasi, akun WhatsApp yang dibuat dengan kerjasama antara Kominfo dan Telkom ini siap melayani masyarakat yang ingin mendapatkan kabar mengenai COVID-19.

Untuk bisa ‘ngobrol’ dengan akun ini, Sobat tentu harus memiliki akun WhatsApp yang telah aktuf. Setelahnya, Sobat bisa menyimpan nomor WhatsApp COVID19.go.id dengan nomor +6281133399000 klik tautan ini https://wa.me/6281133399000. Secara otomatis aplikasi atau situs WhatsApp akan membuka jendela percakapan dengan chatbot tersebut.

Jika Sobat sudah masuk dalam jendela percakapan. Kirim pesan dengan berupa kata ‘Halo’. Setelah pesan Sobat terkirim, Sobat akan mendapatkan jawaban otomatis dari bot mengenai beberapa pilihan informasi yang Sobat ingin ketahui mengenai COVID-19. Meski respons dari chatbot ini masih tergolong lambat, namun Kominfo berjanji akan terus mengembangkan akun chatbot ini agar lebih responsif dan mudah digunakan.

Melalui percakapan dengan chatbot ini, Sobat bisa mendapatkan berbagai informasi seperti perkembangan terkini kasus COVID-19 yang meliputi jumlah kasus positif, jumlah penderita meninggal hingga jumlah orang yang diperiksa. Selain itu, Sobat juga bisa mendapatkan informasi lain seperti apa itu COVID-19, bagaimana gejala penyakit ini, cara melindungi diri, cara melindungi orang lain, perlu tidaknya menggunakan masker serta daftar rumah sakit rujukan COVID-19.

Keberadaan chatbot ini diharapkan dapat menjadi saluran yang valid bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang aktual dan sebenarnya. Diharapkan, chatbot ini juga dapat meminimalisir persebaran hoaks mengenai WhatsApp.

Yuk, jaga diri selalu dan tetap lakukan social distancing semampu Sobat. Tetap #dirumahaja dan mari lawan COVID-19 bersama.