Menabung Sebagian Gaji Tiap Bulan Tak Lagi Mustahil, Ikuti 5 Tips Ini!

Ilustrasi Tips Menabung Gaji

Sobat yang sudah bekerja pasti mendapatkan gaji tiap bulan. Gaji tersebut idealnya bukan hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, tapi juga ditabung sebagai “jaring pengaman keuangan” agar kebutuhan bersifat mendadak di masa depan bisa terpenuhi tanpa harus mengandalkan pinjaman uang.

Akan tetapi, sayangnya ada banyak godaan yang timbul, sehingga menabung gaji seolah menjadi sesuatu yang sulit – bahkan mustahil – untuk dilakukan. Padahal, menyisihkan sebagian gaji sama sekali bukan hal mustahil, bahkan kalau Sobat ingin menabung separuh jumlah gaji tiap bulan.

Untuk Sobat yang sedang akan memulai untuk menabung sebagian gaji, tapi masih bingung bagaimana harus memulainya, Sobat bisa lakukan penghematan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menabung gaji dengan cara berhemat yang bisa Sobat lakukan sekarang juga!

Tips Menabung Gaji, Lakukan Penghematan Ini!

1. Beralih ke Transportasi Umum

Menggunakan Transportasi Umum Sebagai Cara Hemat untuk Tips Menabung Gaji

Selain bantu kurangi kemacetan, naik transportasi umum juga kurangi risiko boros belanja dan jajan. (Foto; Flickr)

Sobat yang sudah terbiasa menggunakan kendaraan pribadi barangkali akan merasa sangat sulit beralih ke sarana transportasi umum. Mulai dari ribet sampai buang banyak waktu, ada berbagai alasan yang bisa membuat ragu. Akan tetapi, sadarkah Sobat kalau sebenarnya ada banyak biaya yang harus dikeluarkan juga dengan menggunakan kendaraan pribadi? Misalnya servis berkala, reparasi kerusakan kendaraan, uang parkir, dan sebagainya.

Selain itu, dengan menggunakan kendaraan pribadi, Sobat juga lebih mudah tergoda untuk mampir ke sana-sini, termasuk mampir nongkrong atau mampir belanja. Sementara itu, karena menggunakan kendaraan umum terasa lebih “ribet”, godaan untuk mampir-mampir pun lebih mudah ditekan.

2. Bawa Bekal Sendiri

Bekal Makan Siang untuk Tips Menabung Gaji

Bukan hanya hemat, bawa bekal sendiri juga lebih sehat! (Foto: iStyle)

Dibandingkan beli makanan jadi di luar, apalagi di rumah makan atau restoran, memasak dan membawa bekal sendiri jauh lebih terjangkau. Apalagi, Sobat juga bisa memasak jenis makanan dalam porsi besar, yang kemudian bisa dinikmati selama beberapa hari dengan cara dihangatkan. Selain lebih irit, memasak sendiri juga lebih menjamin rasa serta nutrisi makanan.

3. Utamakan Belanja Kebutuhan

Belanja Kebutuhan Dapur di Swalayan

Saat belanja, utamakan kebutuhan daripada keinginan supaya tetap hemat. (Foto: FaktualNews)

Sebenarnya, belanja bukanlah hal yang buruk, lho. Yang penting adalah membedakan mana belanja kebutuhan dengan belanja keinginan, apalagi keinginan impulsif yang muncul tiba-tiba tanpa perencanaan. Belanja kebutuhan seperti bahan makanan, pakaian, atau kebutuhan rumah tangga jelas harus diprioritaskan, termasuk ketika Sobat membuat anggaran pengeluaran bulanan dari gaji.

Baca juga: 6 Tips Pintar Belanja Kebutuhan Sehari-Hari, Pasti Hemat!

4. Kurangi Nongkrong

Nongkrong dengan Teman

Nongkrong memang seru, tapi batasi supaya pengeluaran tidak boros, ya! (Foto: Smailing Express)

Nongkrong memang seru, apalagi setelah hari atau jam kerja. Selain itu, nongkrong juga bisa menjadi momen untuk bertemu bersama teman, saudara, atau keluarga yang disayangi. Akan tetapi, sebaiknya Sobat mulai kurang-kurangi waktu nongkrong, apalagi nongkrong di luar rumah yang biasanya mengharuskan Sobat untuk keluar uang. Batasi jumlah nongkrong di luar supaya semakin hemat, dan pilih bertemu di rumah saja yang lebih irit.

5. Jangan Tunggu Ada Sisa, Sisihkan Tabungan Setelah Gajian

Ilustrasi Menabung Gaji

Langsung sisihkan gaji sejak awal untuk ditabung. (Foto: Citra Maja Raya)

Ingat: menabung dilakukan dengan menyisihkan gaji, kemudian gunakan sisanya untuk pengeluaran bulanan. Artinya, menabung bukan berarti menunggu ada uang sisa terlebih dahulu, yang barangkali masih Sobat lakukan sampai sekarang. Selain itu, siapkan rekening khusus untuk tabungan yang sulit diakses agar Sobat tidak mudah tergoda curi-curi uang dari tabungan untuk belanja atau nongkrong. Dengan begitu, sebagian gaji yang sudah disisihkan untuk ditabung pun aman.

Nah, itulah beberapa tips menabung gaji dengan cara berhemat yang bisa Sobat lakukan mulai dari sekarang juga. Terapkan dengan disiplin agar tabungan Sobat terus bertambah, bukannya berkurang. Soalnya, konsistensi adalah hal penting dalam menjaga kondisi keuangan Sobat selalu sehat.

Supaya jumlah tabungan makin bertambah, tak ada salahnya bagi Sobat untuk mencari penghasilan tambahan, lho! Sobat bisa jalankan bisnis sampingan yang mudah dan tidak mengganggu konsentrasi saat bekerja. Jangan khawatir, karena ada banyak ide usaha sampingan yang bisa dimulai tanpa harus mengeluarkan modal besar, apalagi sampai jutaan.

Salah satunya adalah dengan menjadi agen pulsa dan PPOB dengan aplikasi Unitedtronik. Cukup dengan men-download aplikasinya, melakukan registrasi, dan isi saldo yang jumlahnya bebas Sobat tentukan, Sobat sudah bisa berjualan, lho! Mudah, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan tingkatkan kesehatan keuangan Sobat sekarang juga!