Mengenal Gaya Hidup Minimalis dan Manfaatnya

Ilustrasi Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Tahukah Sobat kalau istilah minimalis tidak melulu soal gaya desain arsitektur atau interior, atau soal gaya berpakaian? Sebab, ada juga yang disebut dengan gaya hidup minimalis, yang juga disamakan dengan gaya hidup sederhana.

Tentang Gaya Hidup Minimalis

Lantas, apakah sebenarnya gaya hidup minimalis dan sederhana adalah dua hal yang sebenarnya sama? Pada dasarnya, keduanya adalah hal yang serupa, dan sama-sama punya esensi tentang hidup tanpa menghambur-hamburkan uang dan sesuai kebutuhan saja – selama itu cukup, maka hal itu sudah baik.

Menghabiskan Waktu dengan Keluarga Contoh Gaya Hidup Minimalis

Kehidupan yang minimalis tidak fokus pada hal-hal yang berbau materi. (Foto: Jellytelly)

Hanya saja, dalam kehidupan yang minimalis, Sobat perlu menyingkirkan hal-hal yang dipandang tidak penting dalam kehidupan. Sebab, gaya hidup ini memiliki tiga fokus utama, yaitu pengalaman, manfaat, serta investasi pada sesama. Maksudnya adalah menggunakan uang untuk mendapatkan pengalaman, bukannya sekadar benda, bekerja untuk memperoleh kepuasan dibandingkan sekadar bekerja, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang disayangi.

Nah, menyimak ketiga fokus utama gaya hidup minimalis yang sederhana tersebut, bukan mustahil bagi Sobat untuk ikut menerapkannya, lho! Apalagi, gaya hidup ini juga akan membantu Sobat menjaga kondisi keuangan pribadi, sehingga bermanfaat sampai hari nanti.

Kalau begitu, apa saja manfaat yang bisa Sobat rasakan dengan menerapkan gaya hidup ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Kakeibo, Cara Atur Uang ala Jepang yang Sederhana Tapi Luar Biasa

Manfaat Menerapkan Cara Hidup Minimalis

1. Menghemat Pengeluaran

Dengan menjadi seseorang yang minimalis, Sobat perlu membuat perubahan, termasuk dalam hal bagaimana Sobat mengeluarkan uang. Sebab, gaya hidup ini mengharuskan Sobat untuk fokus hanya pada apa yang benar-benar menjadi kebutuhan. Sobat pun akhirnya perlu menekan keinginan untuk membeli barang-barang baru, terutama barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Fokus pada Tujuan

Berbelanja di Supermarket

Ketika berbelanja, rencanakan sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. (Foto: Amalan)

Karena Sobat perlu berfokus pada kebutuhan ketika menerapkan cara hidup nan minimalis, Sobat pun bisa menghemat lebih banyak uang, yang pastinya bisa dialokasikan untuk hal lain. Contohnya menambah tabungan untuk membeli rumah yang selama ini diinginkan, tabungan untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, membeli kendaraan, dan sebagainya.

3. Bantu Rencanakan Keuangan yang Lebih Baik

Karena menjadi orang yang minimalis berarti Sobat bisa menghemat pengeluaran serta belajar mengendalikan diri dari berbagai hal yang menyebabkan pemborosan, Sobat pun bisa memperbaiki kondisi keuangan pribadi. Di samping itu, fokus gaya hidup minimalis yang terletak pada fungsi dan kebutuhan juga dapat membantu Sobat membuat anggaran pengeluaran yang lebih baik.

Pastinya, menerapkan cara hidup yang minimalis tidak lantas berarti Sobat tidak boleh berbelanja sama sekali, atau harus hidup tanpa listrik atau kendaraan. Fokus pada apa yang penting dan bernilai bagi diri Sobat, sehingga Sobat bisa mengendalikan diri dari dorongan belanja impulsif yang pastinya berdampak buruk bagi kondisi keuangan Sobat sendiri.

Selain mengontrol pengeluaran lewat gaya hidup minimalis, Sobat juga bisa menjaga kesehatan kondisi keuangan pribadi dengan memiliki penghasilan tambahan. Sobat tidak perlu khawatir soal modal, karena ada berbagai ide bisnis yang bisa langsung dijalankan dengan modal minim sekalipun.

Contohnya menjadi agen pulsa, paket data, dan pembayaran PPOB menggunakan aplikasi Unitedtronik. Sobat hanya perlu download aplikasinya di smartphone, mendaftarkan diri, lalu mengisi saldo – hanya dalam hitungan menit saja, bisnis Sobat sudah bisa jalan! #tanparibet

Mulai bisnis Sobat sekarang juga #denganUnitedtronik! Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga, gratis!