Punya Bisnis Rumahan? Inilah 5 Tips Multitasking Saat Bekerja dalam Tim Kecil!

Dalam bisnis kecil atau bisnis rumahan, apalagi yang terbilang masih berusia muda, Sobat pasti sudah merasakan pengalaman harus bekerja dengan tim kecil. Alasannya bervariasi, dan salah satunya adalah kondisi yang belum memungkinkan untuk merekrut lebih banyak karyawan.

Karena harus bekerja dengan tim yang masih kecil, multitasking alias melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu sering kali terpaksa harus dilakukan. Padahal, banyak penelitian sudah membuktikan bahwa multitasking justru bisa membunuh produktivitas. Hal ini berbeda dibandingkan fokus bekerja pada satu tugas dalam satu waktu, yang justru lebih ampuh dalam menyelesaikan pekerjaan dengan efisien.

Meski demikian, multitasking bisa jadi senjata untuk tim kecil membawa kesuksesan untuk bisnis Sobat, kok. Kuncinya adalah melakukan mutltiasking dengan cara yang tepat serta dengan perencanaan matang sampai ke detail-detailnya. Nah, untuk membantu Sobat merencanakan tugas tim yang efektif walaupun harus melakukan multitasking, yuk simak lima tips multitasking berikut ini!

5 Tips Multitasking untuk Tim Kecil

1. Tentukan Ekspektasi untuk Tiap Anggota Tim

Wawancara Kerja Karyawan Baru

Jelaskan apa tujuan yang sedang akan dicapai bisnis dan bahwa tim akan diminta untuk melakukan pekerjaan di luar keahliannya. (Foto: Freepik/yanalya)

Ketika Sobat akan merekrut beberapa karyawan baru pada awal dimulainya bisnis sebagai anggota tim, jelaskan kepada mereka bahwa nantinya mereka diharapkan harus bekerja di luar cakupan keahlian utama mereka. Jelaskan juga apa alasannya, dan tujuan yang Sobat ingin capai dengan merektur karyawan berdasarkan ekspektasi atau target yang Sobat punya. Sebab, tim yang sukses adalah tim yang mampu memahami dan melaksanakan tugas yang selaras dengan tujuan bisnis, termasuk mengetahui dengan baik soal tanggung jawab tambahan mereka.

2. Belajar dari Orang Lain

Mendapatkan Mentor untuk Bisnis

Dapatkan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi lewat mentor bisnis. (Foto: Business Mentors Blog)

Jangan segan untuk meminta bantuan atau panduan dari orang lain, terutama mereka yang bisnisnya pernah mengalami hal sama yang sekarang bisnis Sobat sedang hadapi. Jelaskan apa masalah spesifik yang bisnis dan tim Sobat hadapi, kemudian minta saran atau nasihat. Sebisa mungkin, fokus pada satu masalah paling signifikan yang sekarang sedang dihadapi agar jawaban yang Sobat terima pun sama spesifiknya.

3. Pilih Seorang Penanggungjawab untuk Setiap Proyek

Pilih Penanggungjawab Tugas untuk Tips Multitasking Efisien

Buat multitasking lebih efisien dengan memilih penanggungjawab yang terpisah untuk masing-masing tugas. (Foto: Shutterstock)

Posisi seorang manajer, pengawas alias supervisor, atau kepala bukan hanya ditugaskan kepada karyawan jika bisnis sudah berkembang jadi perusahaan besar. Dalam bisnis rumahan maupun tim kecil sekalipun, Sobat perlu menentukan siapa yang akan mengawasi dan memandu tim dalam melakukan pekerjaan mereka. Untuk tugas atau proyek yang berbeda, pilih supervisor yang berbeda pula.

4. Laporan Mingguan

Cek Progres Pekerjaan Tiap Minggu Sebagai Tips Multitasking

Cari tahu kemajuan pekerjaan tiap minggu dalam pertemuan singkat. (Foto: Medium)

Adakan pertemuan singkat tiap awal dan akhir minggu, misal setiap Senin dan Jumat/Sabtu, tergantung hari kerja yang sudah ditetapkan. Pada awal minggu, bahas apa saja yang jadi target tiap anggota tim selama seminggu ke depan. Di akhir minggu, cek apa saja tugas dan tujuan yang telah tercapai dalam waktu seminggu tersebut. Apabila ada yang belum tercapai, diskusikan alasannya dan buat solusinya.

5. Laporan Harian

Melaporkan Kemajuan Kerja Tiap Minggu Tanpa Meeting

Agar ringkas dan tidak menghabiskan banyak waktu, buat laporan harian tanpa harus mengadakan meeting. (Foto: VictorThemes)

Meskipun terlalu sering meeting rupanya tidak efisien, Sobat bisa persingkat waktunya menjadi selama sekitar 15 menit saja. Selain itu, buat “laporan” harian ini tidak terasa serius atau membebani seperti sebuah meeting. Misalnya, bebaskan masing-masing anggota tim untuk menyampaikan apa yang akan mereka lakukan pada hari tersebut lewat chat atau sampaikan langsung seperti obrolan biasa. Dengan begitu, anggota tim tidak merasa terbebani, dan jam kerja pun tidak terbuang banyak, mengingat Sobat dan tim harus mengerjakan banyak hal setiap harinya.

Multitasking yang dilakukan dengan baik berarti multitasking yang dijalankan dengan perencanaan matang dan penerapan yang transparan. Dalam jangka pendek, tips multitasking di atas bisa bantu menunjang aktivitas bisnis Sobat. Sedangkan dalam jangka panjang, Sobat pun bisa memutuskan apa tugas atau aktivitas bisnis yang paling membutuhkan dukungan lebih banyak sumber daya, termasuk SDM.

Untuk Sobat yang selama ini ingin memulai bisnis sendiri, tapi terhalang modal yang minim, Sobat tak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai ide bisnis dengan modal minim yang bisa Sobat mulai dan jalankan sekarang juga. Salah satunya adalah jadi agen pulsa dan PPOB dengan Unitedtronik.

Apalagi, Sobat bisa jualan pulsa langsung dari smartphone, bahkan tanpa harus buka konter, lho! Cocok untuk Sobat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sambil tetap ngantor, kan? Soalnya, ada aplikasi Unitedtronik. Sobat hanya perlu download aplikasinya, registrasi, lalu isi saldo sebanyak yang Sobat mau. Hanya dalam 5 menit, Sobat sudah bisa jualan pulsa, paket data, atau melakukan transaksi PPOB #tanparibet!

Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga!