Sebelum Mulai Bisnis Sendiri, Siapkan Dulu 3 Modal Ini!

Apa yang perlu Sobat persiapkan lebih dulu sebelum memulai bisnis Sobat sendiri? Ide bisnis? Modal awal? Lokasi usaha?

Nah, seperti yang sudah Sobat ketahui, modal merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu setiap kali seseorang akan memulai usaha. Modal ini biasanya diidentikkan dengan modal dalam bentuk uang yang akan digunakan untuk membeli perlengkapan usaha, menyewa lokasi bisnis, atau digunakan sebagai kas untuk pengeluaran operasional di awal. Akan tetapi, apakah modal uang adalah satu-satunya modal yang perlu dipersiapkan?

Untuk membuka usaha sendiri dan bergerak sebagai wiraswasta, modal uang memang memainkan peran penting. Meski demikian, modal tersebut bukanlah satu-satunya jenis yang harus Anda miliki dan persiapkan sebelum menjalankan bisnis Sobat. Soalnya, ada tiga jenis modal lain yang tak kalah pentingnya, yaitu modal kepribadian, modal kreativitas, serta modal profesionalisme.

Baca juga: Apa Sih Enaknya Punya Bisnis Sendiri? Ini Dia Jawabannya!

Bingung mendengarnya? Kalau iya, baca dulu ulasannya berikut ini, yuk!

Modal Kepribadian

Foto: Shutterstock

Secara garis besar, yang dimaksud dengan modal kepribadian adalah mengetahui kelebihan serta batasan yang Sobat miliki, apa kebiasaan sehari-hari yang membentuk karakter Sobat, pengendalian emosi, memiliki motivasi dan empati yang tinggi, dan sebagainya. Kepribadian ini tak kalah pentingnya, mengingat yang namanya berbisnis pasti akan memiliki banyak tantangan, sehingga kepribadian Sobat pada dasarnya akan menentukan seberapa tahan banting diri Sobat ketika menghadapi berbagai masalah dan kesulitan.

Ingat bahwa kepribadian bukanlah sesuatu yang diwariskan dari orang tua, tapi dibentuk oleh berbagai faktor eksternal, seperti kebiasaan, pengalaman hidup, dan lingkungan. Walaupun perlu pembiasaan, tidak ada kata terlambat bagi Sobat untuk mengembangkan karakteristik yang berguna ketika Sobat menjalankan bisnis sendiri. Apalagi, penelitian membuktikan bahwa 49% kunci keberhasilan bisnis ditentukan kepribadian pemilik, sementara 17%-nya berkaitan dengan pelanggan.

Modal Kreativitas

Foto: Shutterstock

Di lingkungan bisnis saat ini, persaingan yang semakin ketat memaksa para pelaku usaha untuk mampu berpikir lebih kreatif dan inovatif. Dengan begitu, mereka bisa menawarkan nilai lebih yang membuat produknya lebih bermanfaat dan disukai oleh para pelanggan, tanpa harus terlibat dalam aksi persaingan kotor.

Baca juga: Jangan Ditiru! Ini 4 Kesalahan Fatal Manajemen Modal Usaha

Sebagai contoh, Sobat yang memutuskan untuk membuka usaha katering perlu mencari ide dan cara kreatif untuk membuat bisnis kateringnya berbeda dibandingkan para pesaing. Sobat bisa pilih celah atau segmen yang unik, tapi jarang ditemukan adalah banyak masyarakat yang membutuhkannya. Misalnya, Sobat bisa menawarkan jasa katering online agar mampu menjangkau lebih banyak konsumen di kota Sobat, atau melayani jasa katering anak kos mingguan maupun bulanan yang bukan hanya enak dan murah, tapi juga terbuat dari bahan organik, misalnya.

Seperti kepribadian, kreativitas perlu dilatih dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di dalam diri sendiri, Sobat bisa mulai dengan melakukan berbagai hobi yang memberikan pengaruh positif bagi keberhasilan para wirausahawan.

Modal Profesionalisme

Foto: Shutterstock

Sobat mungkin sudah tak perlu lagi mempertanyakan pentingnya modal yang satu ini. Walaupun bisnis yang Sobat mulai masih bisnis kecil-kecilan, bukan berarti Sobat tidak perlu menunjukkan sikap yang profesional, baik itu ketika berinteraksi dengan pelanggan maupun vendor atau supplier.

Dengan menjunjung profesionalisme, Sobat akan memberikan pelayanan yang berkualitas dengan pelanggan serta mampu memberikan nilai plus agar pelanggan lebih memilih Sobat dibandingkan kompetitor.  Profesionalisme saat berinteraksi dengan vendor atau supplier dapat ditunjukkan dengan sikap yang positif, bahkan jika vendor atau supplier Sobat melakukan kesalahan. Dengan begitu, hubungan Sobat dengan berbagai pihak yang terlibat dalam bisnis pun bisa terjalin dengan baik.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis Sendiri? Temukan Jawabannya di Sini!

Berbagai modal tersebut apabila dikombinasikan dan diterapkan akan mampu memberikan nilai lebih bagi bisnis yang Sobat jalankan, bahkan jika bisnis Sobat merupakan bisnis berskala kecil, seperti usaha jasa pembayaran PPOB atau pembayaran online.

Bisnis pembayaran online sangat mudah untuk dimulai, apalagi karena Sobat tidak harus keluar modal sampai jutaan. Selain itu, pembayaran online bisa melayani berbagai jenis transaksi, seperti pembelian pulsa dan paket internet, tagihan listrik, air, telepon, dan internet, cicilan multifinance, voucher gim online, iuran asuransi dan BPJS, sampai e-money.

Seperti yang Sobat sadari, berbagai transaksi tersebut banyak dilakukan oleh orang-orang, termasuk mereka yang berada di lingkungan Sobat. Karena itu, bayangkan kalau Sobat bisa menjadikannya sebagai peluang usaha, termasuk untuk penghasilan tambahan sekalipun! Dengan begitu, Sobat bahkan masih tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti bekerja di kantor maupun mengurus keluarga di rumah.

Apakah mungkin? Tentu saja mungkin, karena ada aplikasi Unitedtronik!

Penasaran? Sobat bisa download dulu aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga. Gratis, kok!