Segera Hapus Tiga Aplikasi ‘Jahat’ yang Akan Mencuri Semua Datamu

Selalu waspadai hacker yang ingin mencuri datamu. (Foto: pexels.com)

Hati-hati dalam menginstall aplikasi yang ada di Google Play Store karena beberapa virus spyware terbukti ‘menyamar’ menjadi aplikasi yang tampak baik-baik saja dan tak berbahaya. Jika kamu lengah menginstall aplikasi ini, segera data pribadi dan privasimu akan terancam.

Kabar ini pertama kali diangkat oleh Gizchina pada Senin (13/1) yang memuat penelitian di Trend Micro. Beberapa aplikasi rupanya terbukti bisa memata-matai semua pesan Sobat tidak hanya di Facebook, Gmail atau bahkan Outlook. “Kami menemukan tiga aplikasi jahat di Google Play Store” tulis Trend Micro di sebuah postingan blog pribadinya.

Sejauh ini, Trend Micro menemukan tiga aplikasi berbahaya yang sebaiknya segera Sobat hapus dari handphone. Aplikasi ini terdeteksi mengandung spyware yang diperkirakan dibuat oleh SideWinder, kelompok peretas berbahaya yang sudah memulai aksinya sejak 2012.

Tiga aplikasi ini adalah Camero, FileCrypt dan CallCam. Tiga aplikasi ini akan mengumpulkan semua datamu yang ada di WeChat, Outlook, Twitter, Yahoo Mail, Facebook, Gmail bahkan Google Chrome. Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi ini juga akan mengambil alih geolokasimu.

Maka dari itu, cek lah handphone-mu sekarang. Jika ada tiga aplikasi ini terinstall, hapus segera agar data dan privasimu segera kembali aman.