Sering Dianggap Aplikasi “Alay”, Tiktok Sudah Diunduh 1 Miliar Kali

Foto: Techinasia

Pada awal kemunculannya, Tik Tok sering  dianggap aplikasi ‘alay’ karena kebanyakan penggunanya adalah remaja. Karena kontroversinya, aplikasi ini sempat diblokir selama beberapa hari pada pertengahan 2018 lalu. Siapa sangka, aplikasi berbasis lipsync musik ini kini menjadi salah satu aplikasi teratas di dunia.

Baca juga: Tidak Hanya Film, Dilan 1991 Hadir dalam Bentuk Game Mobile

Aplikasi milik perusahaan Cina ByteDance ini tercatat telah diunduh lebih dari satu miliar kali di seluruh dunia. Hal ini dikemukakan oleh Sensor Tower yang juga menyatakan selama bulan Januari 2019 saja, Tik Tok mendapatkan 71 juta pengguna baru.

Baca juga: Wanna Kicks AR, Aplikasi Canggih untuk Pencinta Sneaker

Tik Tok kini menduduki peringkat #3 di AppStore Apple, di bawah Youtube dan Instagram. Hal ini wajar, melihat bahwa sepanjang tahun 2018, Tik Tok sudah diinstal sebanyak 663 juta kali. Sebagai perbandingan, Youtube mendapatkan 711 juta instalasi sedangkan Instagram sekitar 444 juta instalasi.

Baca juga: Slack, Aplikasi Chat untuk Komunikasi Tim yang Efektif dan Terorganisir

Melambungnya Tik Tok tidak terlepas dari penggabungannya dengan aplikasi Musical.ly yang diakuisisi ByteDance pada Desember 2017. Kesepakatan ini kabarnya bernilai hampir 1$ Miliar (14 triliun rupiah). Penggabungan ini kemudian mendorong Tik Tok menjadi aplikasi paling populer sepanjang tahun 2018.

Baca juga: Aplikasi Agritech RiTX Buat Petani Bisa Bekerja dengan Teknologi Masa Kini

Beberapa perusahaan mencoba menyaingi popularitas Tik Tok dengan merilis aplikasi serupa. Facebook merilis aplikasi Lasso sedangkan Snapchat merilis fitur “Lens Challenge”. Namun demikian, dua platform ini tidak bisa berhasil menyaingi kepopuleran Tik Tok.

Ikuti terus informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi #denganUnitedtronik. Download aplikasinya DI SINI. (Ind.)