Setelah India, PUBG Dilarang di Nepal

Popularitas gim bergenre battle royale seperti Fortnite dan Apex Legends barangkali memang sudah menggeser posisi PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) akhir-akhir ini. Akan tetapi, PUBG terus kembali hadir dan menjadi topik pembicaraan penting karena satu alasan: PUBG dilarang di berbagai negara.

Bulan lalu, 10 orang ditangkap polisi di India karena bermain PUBG. Setelah itu, Malaysia dan Indonesia juga nampaknya tengah mempertimbangkan pelarangan gim ini. Akan tetapi, rupanya Nepal yang lebih dulu merilis pernyataan bahwa pemerintah sudah resmi melarang PUBG.

Baca juga: Selamat! 5 Tim Wakili Indonesia di PUBG Mobile Club Open 2019 Asia Tenggara

Pernyataan tersebut segera diikuti dengan instruksi kepada para operator seluler dan Internet Service Provider (ISP) untuk memblokir gim ini, seperti yang dilansir dari The Kathmandu Post, The Himalayan Times, dan Reuters. Bahkan, pemerintah Nepal juga bersiap-siap untuk menahan warganya yang tertangkap tangan memainkan gim ini.

Ilustrasi Helm Armor di Gim PUBG

Foto: Business Insider India

Alasan PUBG Dilarang di Nepal

Seperti yang barangkali sudah Sobat duga, PUBG dilarang di Nepal karena alasan yang serupa: kekerasan dan kecanduan main. Padahal, para pakar sendiri sebenarnya sering merasa skeptis dengan ide kecanduan video game, dan penelitian tentang hubungan antara kekerasan dengan video game pun belum mendapatkan kesimpulan yang pasti.

Meski begitu, hal itu tidak menghentikan Metropolitan Crime Division Nepal untuk menerapkan pelarangan ini hanya dalam sehari. Mereka berargumen bahwa peraturan tersebut dibuat setelah berkonsultasi dengan para psikiatris yang memercayai teori kekerasan tersebut, serta menegaskan bahwa negara lain pun teleh melarang PUBG.

Baca juga: Gak Iso Turu, Game Horor Baru di Android yang Pasti Bikin Susah Tidur!

Kepala Metropolitan Crime Division Nepal, Dhiraj Pratap Singh, menyatakan bahwa Nepal telah memutuskan untuk melarang PUBG sebelum hal buruk terlanjut terjadi. Sementara itu, Tencent sebagai pengembang PUBG belum membuat pernyataan lanjutan soal kabar ini.

Pastikan paket data Sobat selalu terisi agar tidak ketinggalan update informasi terbaru! Sobat sekarang bisa isi ulang paket data sendiri dengan aplikasi Unitedtronik, lho. Dapatkan aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga!