SMART Goal, Apa Itu? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Ilustrasi SMART Goal untuk Membantu Bisnis Kecil

Setiap bisnis yang sukses memiliki tujuan spesifik yang disusun untuk mencapai sasaran tertentu. Sayangnya, banyak bisnis kecil yang tidak atau belum menetapkan tujuan spesifik mereka. Sering kali, ketika ditanyai apa rencana mereka di masa depan, para pemilik bisnis kecil hanya memberikan jawaban seperti “meningkatkan penjualan”.

Terlepas dari ukuran bisnis Sobat, mau itu bisnis kecil dengan kurang dari 10 pegawai sekalipun, sampai perusahaan besar berskala nasional atau bahkan internasional, Sobat perlu tahu kalau keberhasilan bisnis bergantung pada kemampuan Sobat dalam menetapkan dan mencapai tujuan. Bahkan, Sobat juga membutuhkan tujuan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya, menetapkan apa tujuan yang ingin Sobat capai tidaklah sulit. Apalagi, Sobat bisa menggunakan formula SMART Goal. Formula ini merupakan lima kriteria tujuan yang dapat menjadi patokan ketika Sobat merumuskan tujuan, baik itu untuk bisnis atau pribadi.

Tentang SMART Goal

SMART merupakan singkatan dari lima elemen tujuan: Specific (spesifik), Measurable (dapat diukur), Achievable atau Attainable (dapat dicapai), Relevant (relevan), dan Time-based (punya jangka waktu). Berikut ini penjabaran untuk masing-masing elemen dari SMART Goal.

Specific

Ilustrasi Tujuan Bisnis yang Spesifik Sesuai dengan SMART Goal

Foto: Lynda

Tujuan yang baik adalah tujuan yang dijelaskan dengan baik dan fokus. Mengambil contoh di atas, sekadar “meningkatkan penjualan” saja tidak cukup jelas dan fokus. Sebaliknya, tujuan seperti “meningkatkan penjualan sampai Rp 100 juta dalam jangka waktu 3 bulan” adalah perumusan tujuan yang lebih baik.

Measurable

Ilustrasi Tujuan Bisnis yang Dapat Diukur

Foto: Wired

Tujuan tanpa hasil yang terukur itu bisa digambarkan seperti pertandingan tanpa papan angka.  Sobat perlu ingat kalau angka merupakan bagian penting dalam bisnis. Dengan menentukan angka tertentu dalam tujuan yang Sobat buat, maka Sobat pun nantinya akan mengetahui apakan Sobat sedang berada di jalur yang benar atau tidak.

Dalam contoh pernyataan tujuan “meningkatkan penjualan sampai 100 juta dalam jangka waktu 3 bulan” jelas punya ukuran yang pasti dibandingkan hanya “meningkatkan penjualan”.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Kecil dengan Modal Minim

Attainable

Penggambaran Tujuan Bisnis yang Dapat Dicapai

Foto: Seanwes

Sering kali, bisnis kecil menetapkan tujuan yang jauh di luar jangkauan mereka. Ingat bahwa Roma tidak dibangun hanya dalam semalam. Artinya, memiliki bisnis dengan keuntungan miliaran tidak bisa terjadi hanya dalam waktu pendek. Apalagi, para investor atau pemberi dana pinjaman biasanya akan menolak pengajuan yang Sobat buat kalau bisnis Sobat menentukan tujuan yang kurang masuk akal.

Meskipun bermimpi tidaklah salah, Sobat juga perlu bersikap realistis. Ingat bahwa tujuan merupakan serangkaian cara untuk mencapai sasaran yang lebih besar. Nah, Sobat bisa mulai dengan tujuan yang lebih mudah dicapai terlebih dahulu sambil mengubahnya seiring dengan perkembangan bisnis Sobat nantinya.

Relevant

Ilustrasi Pencapaian Tujuan Bisnis yang Relevan Sesuai dengan SMART Goal

Foto: Life Coach Spotter

Tujuan yang bisa dicapai dibuat berdasarkan kondisi terkini dan realita di dunia nyata. Sobat bisa jadi menginginkan angka penjualan yang mencapai Rp 1 miliar, tapi kalau kondisi di luar sedang buruk, maka tujuan yang Sobat buat pun jadi tak lagi relevan dengan realita di pasaran.

Time-Based

Ilustrasi Penggambaran Waktu untuk Tujuan Bisnis

Foto: ShareThis

Tujuan dan sasaran bisnis tidak akan segera tercapai kalau tidak ada periode waktu yang ditentukan. Dalam contoh “meningkatkan penjualan sampai 100 juta dalam jangka waktu 3 bulan” di atas, Sobat pun bisa cermati kalau tujuan harus dicapai dalam waktu tiga bulan, tidak lebih. Dengan begitu, Sobat tahu apakah tujuan telah tercapai atau belum setelah waktu tiga bulan habis.

Begitu tujuan bisnis yang Sobat buat memenuhi formula SMART Goal di atas, jabarkan masing-masing tujuan ke dalam tugas dan pekerjaan yang spesifik dan sesuai dengan tujuan. Ingat, tujuan tidak bersifat permanen dan bisa disesuaikan jika memang diperlukan. Jadi, Sobat bisa review tujuan dan pencapaian yang sudah diraih, kemudian buat perubahan atau penyesuaian yang dibutuhkan.

Baca juga: Hati-Hati! 8 Kesalahan Bisnis Kecil yang Wajib Dihindari

Nah, kalau Sobat sudah lama menjalankan bisnis sendiri tapi hanya punya modal minim, Sobat nggak perlu khawatir. Soalnya, ada Unitedtronik yang menawarkan solusi aman dan terpercaya untuk layanan pembayaran online atau PPOB.

Unitedtronik memiliki pilihan produk yang lengkap. Mulai dari pulsa dan paket data, iuran asuransi, tagihan bulanan dan cicilan, sampai e-money, semuanya tersedia. Apalagi, semua transaksi bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi dan satu smartphone, Kalau begitu, Sobat bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja, bahkan di sela-sela aktivitas sehari-hari!

Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Unitedtronik, gratis di Play Store dan App Store sekarang juga!