Tips Mudah Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Ilustrasi Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Membuat pembukuan adalah hal penting yang, sayangnya, sering dilupakan oleh pemilik usaha kecil. Sebab, sering kali pemilik usaha kecil lebih fokus pada penjualan dan pemasaran. Padahal, Sobat tidak perlu punya latar belakang di bidang akuntansi karena ada metode pembukuan sederhana untuk usaha kecil yang ringkas, tapi membantu.

Apalagi, pembukuan atau pencatatan keuangan punya peran besar dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis. Untuk bisnis kecil Sobat yang dimulai dengan modal terbatas pun, pembukuan akan membantu Sobat mengendalikan arus keluar dan masuk uang. Dengan begitu, modal minim yang sudah Sobat keluarkan bisa dimaksimalkan dan anggaran bisnis yang sudah dibuat bisa direalisasikan.

Baca juga: SMART Goal, Apa Itu? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Lantas, bagaimana cara menerapkan pembukuan sederhana untuk usaha kecil? Simak beberapa langkah berikut ini agar bisnis Sobat bisa berkembang!

Langkah Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Buat Catatan Khusus untuk Pengeluaran

Ilustrasi Penghitungan Pengeluaran untuk Bisnis Kecil

Foto: GetApp Lab

Begitu Sobat mendirikan usaha, Sobat perlu memiliki catatan berapa pengeluaran yang sudah Sobat keluarkan untuk bisnis Sobat. Lakukan pencatatan secara teratur, sehingga Sobat tahu dengan pasti uang tersebut dikeluarkan untuk kebutuhan apa saja, termasuk untuk membeli barang kecil yang kelihatan sepele seperti staples sekalipun.

Buat Catatan Khusus untuk Pemasukan

Akuntansi untuk Usaha Kecil

Foto: PaySimple

Selain mengetahui berapa pengeluaran, Sobat juga perlu membuat catatan pemasukan. Dengan begitu, Sobat juga bisa mengetahui volume transaksi penjualan dalam satu hari, serta berapa omzet dan laba bersih yang diperoleh per harinya. Dikombinasikan dengan catatan khusus pengeluaran, Sobat pun bisa membuat acuan untuk pembukuan bulanan untuk mendapatkan informasi pengeluaran dan pemasukan per bulannya.

Baca juga: Hati-Hati! 8 Kesalahan Bisnis Kecil yang Wajib Dihindari

Buat Estimasi Arus Kas

Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil dengan Laporan Arus Kas

Foto; Financial Freedom Controls

Laporan estimasi arus kas sangat penting, lho! Dengan laporan ini, Sobat bisa merencanakan pemasukan dan pengeluaran. Posisi kas sangat penting untuk setiap bisnis, terutama jika ada transaksi penjualan usaha Sobat yang tidak dilakukan secara tunai. Kalau begitu, artinya angka penjualan dari catatan pemasukan tidak 100% menunjukkan jumlah uang yang masuk, kan?

Buat Catatan Stok/Persediaan

Ilustrasi Pencatatan Stok untuk Bisnis

Foto: Lynda

Untuk Sobat yang usahanya butuh stok atau persediaan, jangan lupa untuk buat catatannya, ya! Dengan begitu, Sobat tahu jumlah stok yang terjual dan masuk dari waktu ke waktu. Hal ini juga untuk menghindari risiko persediaan hilang karena berbagai hal, misal kecurangan dari pegawai atau supplier.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Kecil dengan Modal Minim

Buat Catatan Inventaris Barang

Pencatatan untuk Akuntansi Bisnis Kecil

Foto: MileIQ

Dengan catatan ini, Sobat pun bisa pastikan kalau barang perlengkapan atau inventaris untuk bisnis tidak ada yang hilang. Misalnya untuk Sobat yang buka usaha warung atau rumah makan, Sobat bisa catat jumlah meja, kursi, piring, sendok, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Buat Laporan Laba/Rugi

Pencatatan untuk Akuntansi Bisnis Kecil

Foto: Yahoo! Finance

Tak perlu ditanyakan lagi kalau laporan ini sangat penting untuk bisnis Sobat. Dalam pembukuan sederhana untuk bisnis kecil, format laporannya tidak perlu rumit, kok. Pada dasarnya, laba atau rugi yang dihasilkan diperoleh dengan menghitung jumlah pemasukan atau penjualan, kemudian kurangi dengan pengeluaran atau biaya.

Saat ini, Sobat bahkan tidak perlu kerepotan dalam membuat catatan keuangan untuk bisnis Sobat. Soalnya, sudah ada banyak software atau aplikasi yang membuat pembukuan jadi super mudah dan sederhana.

Pembukuan penting bukan hanya untuk bisnis atau perusahaan yang sudah berskala besar. Dengan langkah mudah pembukuan untuk bisnis kecil di atas, Sobat pun bisa buat laporan keuangan yang bisa membantu Sobat dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Baca juga: Terapkan 5 Prinsip Ini untuk Usaha yang Makin Sukses!

Sobat yang menjalankan usaha layanan pembayaran online juga bisa menerapkan langkah pembukuan sederhana untuk usaha kecil di atas, lho! Kalau begitu, walaupun bisnisnya Sobat jalankan hanya dari aplikasi dan smartphone seperti aplikasi Unitedtronik sekalipun, punya usaha yang sukses jelas tak mustahil untuk dicapai! Apalagi, aplikasi Unitedtronik juga punya fitur Webreport yang bisa mempermudah Sobat dalam membuat laporan usaha Sobat sendiri. Mudah dan praktis, kan?

Jadi, untuk Sobat yang sudah lama ingin punya usaha sendiri tapi belum tahu ingin menjalankan bisnis apa, layanan pembayaran online dengan Unitedtronik jelas adalah solusi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi, Sobat bisa mulai bisnis walaupun hanya dengan modal minim.

Yuk, download aplikasi Unitedtronik gratis di Play Store dan App Store sekarang juga!