Tujuan Produsen Ponsel di Balik Variasi Versi Lite, Pro dan Plus

Beberapa ponsel dirilis dengan variasi berbeda. (Foto: pexels.com)

Dalam berita perilisan sebuah gawai baru, Sobat pasti sering melihat embel-embel versi ‘lite’, ‘pro’ maupun ‘plus’ dari sebuah seri tertentu. Tiga versi dari sebuah seri yang sama, bisa memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda. Meski sering mendengar dan mungkin sudah menerka maknanya, pernahkah Sobat benar-benar mencari tahu alasan munculnya tiga versi ini dari sebuah seri gawai terbaru ini?

Dilansir dari kumparan, Risky Febrian, Market Analyst IDC Indonesia, menyebut bahwa varian beragam dari satu seri smartphone bertujuan untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas. Penyesuaian dalam beberapa hal dilakukan agar cocok dengan kebutuhan dan daya beli pengguna.

Beberapa penyesuaian yang sering dilakukan di antaranya pengurangan fitur, perbedaan materi layar, memori internal dan resolusi kamera. Dengan berbagai perbedaan ini , harga jualnya pun beragam sehingga pas dengan kocek masing-masing calon pembeli.

Selain menggunakan istilah ‘lite’, ‘plus’ dan ‘pro’, beberapa produsen gawai juga menggunaka istilah ‘go’ dan ‘note’ untuk menandai beragam versi dari masing-masing seri yang dikeluarkan. Kalau Sobat, biasanya lebih suka versi yang seperti apa, nih?