Urus Keluarga Sambil Bisnis, Inilah 5 Tips Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga

Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga Bekerja Sambil Mengurus Anak

Manajemen waktu merupakan sebuah kemampuan yang juga perlu dilatih seperti kemampuan lainnya. Hanya saja, untuk Sobat ibu rumah tangga super yang sibuk mengurus keluarga sambil mengurus bisnis, sering kali hal tidak berjalan sesuai yang diinginkan. Meski begitu, Sobat tak perlu cemas. Soalnya, ada beberapa tips manajemen waktu ibu rumah tangga agar Sobat bisa tetap produktif sambil terus mengurus keluarga.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Rumahan? Inilah 6 Kemampuan yang Sobat Butuhkan!

Langkah Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga

Atur Jadwal

Ilustrasi Jadwal Harian Ibu Rumah Tangga

Foto; Shutterstock

Dalam manajemen waktu, semuanya diawali dengan jadwal. Apabila memungkinkan, tentukan jam kerja Sobat agar keluarga tahu. Kemudian, buat daftar pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam sehari.

Buat Sobat yang punya anak yang masih kecil, pertimbangkan jam tidur si kecil. Begitu buah hati terlelap, Sobat pun bisa fokus mengurus pekerjaan. Akan tetapi, ingat bahwa jam tidur buah hati akan berubah secara perlahan.

Lakukan Multitasking dengan Tepat

Ilustrasi Ibu Melakukan Multitasking Sambil Mengurus Anak

Foto: Shutterstock

Tak perlu diragukan lagi bahwa sebagai ibu rumah tangga, Sobat harus multitasking, alias melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu. Faktanya, manajemen waktu ibu rumah tangga bisa dibilang adalah multitasking itu sendiri.

Hanya saja, multitasking bisa memberikan manfaat, tapi bisa juga justru membuat semua pekerjaan Sobat tidak beres dalam satu hari. Karena itu, Sobat harus tahu caranya multitasking dan kapan perlu melakukannya. Di samping itu, jumlah anak yang Sobat urus juga merupakan salah satu faktor penting soal seberapa banyak pekerjaan di rumah yang perlu dikerjakan berbarengan.

Baca juga: Bisnis Online atau Offline, Pilih yang Mana? Temukan Jawabannya di Sini!

Pertahankan Rutinitas untuk Keluarga

Keluarga Melakukan Aktivitas Rumah Tangga Bersama-Sama

Foto: Shutterstock

Untuk anak-anak segala usia, rutinitas mempermudah transisi, yang biasanya terasa berat untuk bocah. Rutinitas yang perlu dibuat dan dipertahankan bukan hanya rutinitas di pagi hari sebelum sekolah, tapi juga rutinitas lain seperti jam tidur siang maupun malam, makan malam, setelah sekolah, mengerjakan PR, dan sebagainya. Nah, dengan rutinitas tersebut, Sobat pun bisa mengatur waktu dengan lebih mudah.

Akan tetapi, baik anak-anak maupun orang dewasa bisa jadi terlalu terikat dengan rutinitas. Di sinilah Sobat perlu lebih fleksibel. Sebab, mau tak mau rutinitas anak berubah begitu ia bertambah besar – jam tidur siang hilang, anak jadi bisa diandalkan untuk melakukan tugas rumah, dan sebagainya. Jadi, selalu bersiap-siap untuk mengubah rutinitas Anda jika dibutuhkan.

Kenali Diri Sendiri dan Keluarga

Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga dan Berinteraksi dengan Anak

Foto: Shutterstock

Sobat harus menerima fakta bahwa tak semua tips yang pernah Sobat baca ampuh untuk Sobat walaupun tips tersebut manjur untuk orang lain. Hal yang sama pun bisa terjadi. Hal ini dikarenakan karakteristik masing-masing orang yang berbeda, termasuk kelebihan dan kekurangan mereka. Bisa jadi, ketika Sobat masih harus belajar untuk stop menunda-nunda pekerjaan, orang lain sedang sibuk menciptakan lingkungan kerja di rumah yang kondusif.

Baca juga: Tips Mudah Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Karena itulah, penting bagi Sobat untuk mengenali dan menilai diri sendiri terlebih dahulu. Ketahui apakah Sobat punya karakteristik yang cocok untuk memulai bisnis rumahan. Kemudian, kembangkan sebuah peraturan bekerja di rumah dengan mempertimbangkan kepribadian serta usia buah hati Sobat.

Manfaatkan Teknologi dengan Baik

Ibu Bekerja Menggunakan Laptop Ditemani Anaknya

Foto; Shutterstock

Teknologi seperti internet, smartphone, komputer, telepon, email, dan sebagainya membuat bisnis rumahan bukan lagi hal yang mustahil. Hanya saja, kalau Sobat tidak menggunakannya dengan baik, manajemen waktu ibu rumah tangga yang mengurus keluarga sambil berbisnis akan sangat sulit untuk dikelola.

Sekarang, ada banyak ide bisnis yang bisa Sobat jalankan hanya dengan menggunakan smartphone. Dengan begitu, Sobat bisa membagi waktu antara bisnis dan mengurus keluarga dengan lebih mudah. Di samping itu, potensi bisnisnya pun menguntungkan, sehingga bisa Sobat andalkan sebagai sumber pemasukan tambah untuk keluarga.

Baca juga: Tanpa Harus Meninggalkan Rumah dan Keluarga, Inilah Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dijalankan Sekarang Juga!

Salah satunya adalah bisnis pembayaran online seperti yang ditawarkan oleh Unitedtronik. Dengan satu aplikasi saja, Sobat bisa layani segala kebutuhan pembayaran seperti pulsa, paket data, cicilan dan tagihan, asuransi, dan sebagainya. Apalagi, Sobat tidak butuh modal sampai jutaan untuk memulai bisnis Sobat sekarang juga!

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga. Download aja dulu, gratis kok!