3 Kriteria Ide Bisnis Menjanjikan yang Wajib Diketahui

Memilih Ide Bisnis Menguntungkan untuk Usaha

Sobat yang ingin memulai bisnis pastinya ingin punya usaha yang menguntungkan, kan? Karena itu, Sobat pasti ingin tahu apakah ide yang Sobat miliki merupakan ide bisnis menjanjikan atau bukan. Karena itulah sebuah rencana bisnis perlu dibuat.

Di samping itu, kalau Sobat ingin tahu apakah ide Sobat merupakan ide bisnis menjanjikan atau bukan, ada tiga pertanyaan yang perlu dijawab. Dengan begitu, Sobat tak perlu buang waktu atau tenaga berinvestasi di dalam ide bisnis yang ternyata merugikan.

Pertanyaan Tentang Ide Bisnis Menjanjikan yang Perlu Dijawab

Apakah Produk Sobat Memiliki Pasar?

Penjual Sedang Melayani Pembeli di Toko Kue

Kalau ada orang-orang yang akan membeli produk Sobat, artinya produk punya pasar. (Foto: Rawpixel)

Keberhasilan bisnis apapun sangat ditentukan oleh faktor pasar. Artinya, apakah orang-orang ingin membeli produk yang Sobat jual atau tidak. Maksud dari pertanyaan ini adalah apa penawaran (offering) yang produk Sobat miliki untuk memenuhi kebutuhan atau mengatasi masalah yang dimiliki calon pelanggan.

Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan adalah apakah produk Sobat – barang maupun jasa – punya “sesuatu” yang bisa membuat pembeli datang dan melakukan pembelian lagi. Dengan begitu, Sobat tidak perlu selamanya fokus mencari pelanggan baru karena pelanggan lama akan terus kembali dan bertransaksi. Hal ini sejalan dengan pepatah pemasaran lama: “Butuh uang 10 kali lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan baru dibandingkan mempertahankan yang sudah ada.”

Seberapa Ketat Kompetisi yang Ada?

Ilustrasi Keunggulan Kompetitif untuk Ide Bisnis Menjanjikan

Buat produk Sobat berbeda dari yang lain dengan menciptakan keunggulan yang unik. (Foto: Chanty)

Kompetisi bukanlah hal yang buruk. Justru hal ini menunjukkan bahwa ada pasar dan uang di dalam pasar untuk produk Sobat. Hanya saja, kalau sudah ada banyak kompetisi di dalam pasar tersebut, Sobat jelas harus temukan strategi untuk memenangkan persaingan. Artinya, Sobat perlu cari cara bagaimana menarik pelanggan bisnis lain agar mereka lebih tertarik membeli produk yang Sobat jual.

Untuk menarik pelanggan di pasar yang sudah ramai, Sobat perlu tentukan apa keunggulan kompetitif produk Sobat. Maksudnya adalah apa kelebihan produk yang membuatnya berbeda dari produk lain serupa yang ada di pasaran. Untuk mengetahuinya, Sobat perlu lakukan riset pasar dan tentukan apa segmen pasar yang akan disasar.

Ada berbagai cara yang bisa Sobat lakukan agar produk yang Sobat jual berbeda dengan produk lain yang mirip. Misalnya harga yang lebih terjangkau, kecepatan layanan yang lebih tinggi, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Ide Jualan yang Menguntungkan untuk Bisnis Sobat

Apakah Produk Dapat Hasilkan Uang?

Menjalankan Ide Bisnis Menjanjikan untuk Hasilkan Uang

Tentukan berapa harga yang akan dipatok untuk produk dan besar keuntungan yang ditargetkan. (Foto: Pinn Deavin)

Kesuksesan bisnis pun bergantung pada faktor daya beli. Maksudnya, apakah orang-orang mampu dan bersedia untuk membeli produk yang Sobat jual. Sebab, bisa jadi masyarakat tertarik mendapatkan produk Sobat, tapi ternyata mereka tidak mampu membeli karena harga yang terlalu tinggi.

Begitu Sobat mengetahui ide bisnis Sobat punya pasar yang punya daya beli, yang perlu Sobat perlu temukan cara untuk hasilkan keuntungan. Sobat bisa memulainya dengan menghitung biaya produksi dan pengadaan, waktu dan tenaga yang dibutuhkan, dan laba yang ditargetkan untuk menentukan harga jual. Kemudian, cari tahu apakah para pelanggan mampu membayar harga tersebut.

Salah satu ide bisnis menjanjikan yang bisa menjawab semua pertanyaan tersebut adalah bisnis pulsa dan paket data. Sebab, seperti yang barangkali sudah Sobat rasakan sendiri, saat ini bisa dibilang tidak ada yang tidak bisa lepas dari smartphone masing-masing! Baik itu untuk chatting, menonton video, streaming lagu, bermain game, atau komunikasi soal pekerjaan, pulsa dan paket data sudah bisa dibilang merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Meskipun sudah banyak yang terjun di bisnis ini, Sobat tak perlu khawatir. Soalnya, mendapatkan pelanggan untuk bisnis pulsa dan paket data sangat mudah. Bahkan, calon pelanggan Sobat bisa dimulai dari teman kantor, teman kampus, atau tetangga. Kalau selama ini mereka harus repot-repot ke ATM atau konter untuk beli pulsa, Sobat bisa jadi pilihan yang lebih dekat dan mudah. Nah, itulah yang bisa Sobat jadikan sebagai keunggulan untuk menghadapi persaingan di pasar.

Sobat yang sudah punya pekerjaan di kantor juga bisa menjalankan bisnis ini untuk penghasilan tambahan, kok! Tak perlu khawatir kalau aktivitas di kantor akan terganggu, karena Sobat bisa jalankan bisnis jualan pulsa dan paket data dengan aplikasi Unitedtronik. Jadi, Sobat bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja hanya dengan menggunakan smartphone! Apalagi, Sobat bisa mulai bisnis Sobat dengan modal minim, lho!

Download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan jalankan bisnis Sobat sendiri sekarang juga, yuk!