Fitur Bedtime Reminder Youtube Cegah Pengguna Begadang

bedtime reminder youtube

Ilustrasi Youtube. (Foto: bsmedia)

Tidak hanya semata memikirkan keuntungan, Youtube ternyata juga memikirkan kesehatan penggunanya. Hal ini salah satunya nampak dari fitur baru Youtube yang diharapkan dapat mencegah pengguna begadang karena kecanduan menonton video melalui platform ini. BAru-baru ini, Youtube merilis fitur bedtime reminders atau pengingat waktu tidur di aplikasinya.

Keberadaan fitur ini merupakan lenjutan dari fitur wellness and screen time yang sudah dirilis sejak 2018 dengan tujuan membuat pengguna lebih bertanggung jawab dalam menggunakan aplikasi Youtube. Seperti diketahui, peningkatan jumlah akses ke Youtube meningkat drastis sejak menyebarkan virus COVID-19. Hal ini membuat banyak pihak khawatir mengenai kesehatan masyarakat yang sering begadang demi menonton video di Youtube.

Baca juga: Situs Tandingan Kartu Prakerja

Keberadaan fiturbedtime reminders, memungkinkan pengguna mengatur waktu spesifik menghentikan pengguna menonton video dan mengingatkan untuk lekas tidur. Keberadaan pengingat ini, sama halnya dengan alarm yang bisa dimatikan atau ditunda. Oleh karenanya, efektif tidaknya fitur ini, tetap tergantung pada kemauan pengguna.

โ€œAnda bisa mengatur waktu untuk mulai dan mengakhiri pada bagian Pengaturan, termasuk apakah Anda ingin fitur ini menginterupsi video yang tengah Anda tonton atau menunggu hingga video tersebut usai,โ€ tulis Google dalam pernyataan resminya pada 21 Mei 2020. โ€œAnda juga bisa bisa memilih dismiss atau snooze notifikasi untuk menolak atau menundaa pengingat yang Anda buat sendiri.”

Keberadaan fitur bedtime reminder Youtube ini diharapkan Google dapat menjadi permulaan bagi para penggunanya untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat, salah satunya dengan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menonton video di Youtube.

Lalu, bagaimana caranya mengaktifkan fitur ini? Ikuti langkah-langkah berikut:

Fitur ini sudah tersedia di seluruh perangkat iOS dan Android. Melansir blog resmi Google, berikut cara mengaktifkan fitur Bedtime Reminder Youtube:

  • Masuk (Sign In) ke akun Youtube.
  • Buka Pengaturan (Settings).
  • Klik bagian ‘Ingatkan Saya Pada Waktu Tidur’ (Remind Me When It’s Time for Bed).
  • Tentukan waktu mulai muai (start) dan berakhir (end) untuk pengingat.
  • Pilih ‘Tunggu hingga saya menyelesaikan video untuk memunculkan pengingat’ (Wait until I Finish My Video to Show Reminder) jika ingin notifikasi pengingat muncul setelah video yang Anda tonton selesai.