Wajib Tahu! Inilah 7 Tanda Sobat Belum Siap Memulai Bisnis

Seperti yang sudah Sobat ketahui, memulai dan menjalankan bisnis sendiri butuh persiapan lengkap, termasuk dari kesiapan mental. Karena itulah banyak juga orang yang sudah punya modal uang lebih dari cukup, tapi masih belum menjalankan usahanya karena dia ternyata belum siap memulai bisnis.

Kalau begitu, apa tanda-tanda kalau Sobat sebenarnya belum siap memulai bisnis? Yuk, cari tahu di sini. Penting lho, supaya Sobat bisa introspeksi diri dan memperbaiki diri sebelum akhirnya benar-benar memulai menjalankan usaha sendiri. Soalnya, tugas dan tanggung jawab pemilik bisnis jauh berbeda daripada jadi karyawan di kantor.

Tanda-Tanda Penting Kalau Ternyata Sobat Belum Siap Memulai Bisnis

Takut Rugi

Rasa Takut Rugi Menunjukkan Tanda Belum Siap Memulai Bisnis

Rasa Takut Rugi Menunjukkan Tanda Belum Siap Memulai Bisnis (Foto: DIYVila)

Pastinya semua pemilik bisnis ingin agar usahanya meraup keuntungan. Akan tetapi, sebagai pemilik bisnis yang masih baru, Sobat perlu paham kalau perkembangan dan pertumbuhan usaha perlu dilakukan secara bertahap.

Lumrah kok kalau bisnis di bulan-bulan pertama belum meraup keuntungan. Soalnya, angka penjualannya sering kali belum memenuhi target agar bisa impas atau balik modal, padahal biaya operasional harus terus dikeluarkan. Yang penting, Sobat sudah mempersiapkan semua rencana dan strategi sebagai senjata untuk melejitkan bisnis Sobat.

Baca juga: Jadi Entrepreneur Sukses, Inilah 7 Tantangan yang Akan Dihadapi

Inginnya yang Serba Instan

Pemilik Usaha Swalayan

Kalau dilakukan dengan benar, bisnis akan mendatangkan untung, kok! (Foto; Klikpajak)

Pemikiran seperti ini mirip seperti mental takut rugi, karena Sobat jadinya mengharapkan untung yang serba instan. Padahal, produk apapun yang Sobat jual, keuntungan yang sesungguhnya baru bisa dirasakan setelah bisnis berjalan dalam jangka waktu tertentu. Yang pasti, semua perlu waktu untuk tumbuh dan berkembang. Kalau Sobat maunya serba cepat, hal ini justru menambah tekanan di dalam pikiran yang malah bisa menyebabkan stres.

Beranggapan Kalau Perencanaan Bisa Disepelekan

Perencanaan untuk Memulai Bisnis Penting untuk Dilakukan

Perencanaan penting untuk bisnis, lho! (Foto; PayPie)

Wah, kalau Sobat berpikiran seperti ini, Sobat jelas belum siap memulai bisnis! Soalnya, perencanaan adalah senjata Sobat untuk menjalankan dan mengembangkan usaha dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Pada intinya, bisnis baru yang punya rencana matang saja belum bisa menjamin keuntungan besar hanya dalam hitungan bulan, apalagi bisnis baru tanpa rencana sama sekali!

Malas Belajar

Semangat Ingin Terus Belajar Bantu Kembangkan Bisnis

Punya bisnis itu juga proses belajar yang terus-menerus, kok! (Foto: Transition Marketing Services)

Belajar di sini bukan berarti Sobat harus kembali bersekolah atau kuliah, ya! Dalam memulai usaha, ada beberapa hal penting yang harus Sobat ketahui, seperti manajemen dan pengelolaan keuangan. Hal-hal seperti itu penting untuk diketahui dan dipahami agar Sobat bisa menjalankan usaha dengan baik. Ketika Sobat nanti sudah siap merekrut karyawan pun pengetahuan tersebut akan sangat bermanfaat dalam menilai calon karyawan.

Menyepelekan Riset Pasar

Riset Pasar Penting untuk Memulai Bisnis

Ketahui apa yang target konsumen butuhkan. (Foto; Medium)

Sobat pasti tahu kan kalau salah satu kunci penting perkembangan bisnis adalah keuntungan yang berasal dari transaksi penjualan? Nah, kepada siapa lagi Sobat menjual produk kalau bukan ke pasar atau masyarakat yang jadi target pasar Sobat?

Pada dasarnya, produk yang Sobat jual – barang maupun jasa – merupakan solusi atas masalah atau kebutuhan yang masyarakat miliki. Dengan begitu, Sobat harus mengetahui lebih dulu apa yang jadi masalah atau kebutuhan target pasar Sobat. Kalau Sobat mengabaikan riset pasar, yang ada Sobat malah akan menghasilkan produk yang tidak dibutuhkan sama sekali. Kalau begitu, siapa yang mau beli?

Baca juga: Kelihatannya Sepele, Tapi 5 Hal Ini Bisa Sebabkan Bisnis Bangkrut!

Lebih Memilih Bootstrapping

Ilustrasi Bootstrapping dalam Bisnis

Bootstrapping tidak selamanya bisa diandalkan untuk kembangkan bisnis. (Foto: Task Pigeon Blog)

Apa itu bootstrapping? Dalam bisnis, istilah ini merujuk pada kegiatan bisnis yang dilakukan dan didanai diri sendiri dengan jumlah modal terbatas.

Cara ini memang bisa dilakukan ketika Sobat sudah 100% mantap akan memulai usaha. Akan tetapi, kalau di kemudian hari Sobat punya peluang untuk mengembangkan usaha, tapi bersikeras kalau modalnya hanya bisa dari kantong Sobat sendiri, hal ini justru bisa berdampak buruk pada usaha yang Sobat jalankan. Apalagi kalau dana yang Sobat miliki masih belum mencukupi untuk kebutuhan penambahan modal tersebut.

Kalau waktunya sudah tepat, tak ada salahnya sama sekali untuk melirik sumber pendanaan dari luar agar modal bisnis Sobat bertambah, kok. Sobat bisa cari investor atau mengajukan pinjaman ke bank.

Selalu Berpikiran Negatif

Pikiran Negatif Akan Cegah Perkembangan Diri dan Bisnis

Kalau hanya berpikiran negatif, bisnis tidak bisa berkembang. (Foto: Willingness)

Kalau Sobat selalu berpikiran negatif, Sobat akan kesulitan memulai dan melakukan apapun, termasuk untuk memulai bisnis. Sebab, pikiran negatif membuat Sobat sulit untuk menumbukan sikap optimis, apalagi jika Sobat harus mengalami situasi yang kurang menguntungkan. Padahal, yang namanya berbisnis, jalan yang Sobat lalui tidak selamanya mulus. Bahkan, bisa jadi Sobat malah sibuk menyalahkan situasi atau hal-hal lain, dan bukannya introspeksi dan membenahi diri, ketika Sobat harus mengalami masa sulit.

Apakah Sobat punya beberapa tanda belum siap memulai bisnis di atas? Atau Sobat ternyata punya semuanya? Kalau iya, bukan berarti Sobat tidak punya kesempatan sama sekali untuk memulai bisnis, kok! Soalnya, tanda-tanda di atas masih bisa dibenahi dan disingkirkan jauh-jauh dari diri dan pikiran Sobat.

Apalagi, punya bisnis sendiri tidak berarti Sobat harus punya modal besar. Soalnya, ada banyak bisnis dengan modal minim yang bisa Sobat jadikan langkah awal untuk memulai dan menjalankan usaha sendiri. Contohnya bisnis pembayaran online dan PPOB dari Unitedtronik.

Sobat bahkan bisa berbisnis dengan tenang tanpa harus terganggu aktivitas sehari-harinya di kantor atau kampus. Soalnya, semua transaksi bisa Sobat lakukan lewat aplikasi Unitedtronik!

Yuk, jangan ditunda-tunda lagi! Download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga!