Aplikasi Agritech RiTX Buat Petani Bisa Bekerja dengan Teknologi Masa Kini

Foto: TechinAsia

Sebagai negara agraris, kegiatan pertanian di Indonesia memang masih menjadi salah satu sektor perekonomian terbesar. Namun demikian, para petani hingga kini masih mengandalkan intuisi sehingga keberhasilan dan kegagalan panen sepenuhnya bergantung kepada alam. Hal ini yang coba diatasi oleh RiTX, aplikasi agritech buatan Indonesia yang didanai oleh perusahaan asal Myanmar, UMG Idealab.

Mulai bisnis sendiri cuma modal HP. Klik DI SINI.

RiTX mencoba menggabungkan beberapa fitur dalam aplikasinya, yakni laporan perkiraan cuaca, kanal komunikasi antarpetani, analisis harga pasar serta market place untuk membeli produk pertanian.  Fitur-fitur ini diharapkan dapat membantu petani untuk mendapatkan hasil lebih maksimal dalam kegiatan pertanian. Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini petani dimungkinkan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai masalah-masalah yang ditemuinya serta membuka kesempatan penggalangan dana untuk mendanai kegiatan pertanian.

Update terus info soal gadget terbaru. Beli paket internetmu  DI SINI.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memanfaatkan teknologi IoT (Internet of Things). Berdasarkan analisis data berbasis IoT tersebut, RiTX akan bisa menampilkan data prediksi mengenai kondisi kesuburan lahan, kondisi tanah dan air, jadwal tanam, pemupukan serta estimasi panen berdasarkan cuaca. Laporan data ini bisa diakses petani melalui aplikasi atau web dashboard.

Cek paket internet sesuai kebutuhanmu  DI SINI.

Berdasarkan data yang disediakan oleh RiTX, diharapkan petani memiliki pertimbangan yang terpercaya dalam penentuan aktivitas taninya. Hal ini secara langsung akan berefek pada peningkatan produksi dan kualitas pertanian di Indonesia.

Update terus informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi #denganUnitedtronik. Download aplikasinya  DI SINI. (Ind.)