Aplikasi Threads Rilis, Layanan Pesan Instan untuk Instagram

Aplikasi Thread Instagram

Aplikasi Threads resmi diperkenalkan oleh Instagram, Kamis (3/10/2019) waktu Amerika Serikat, atau Jumat (4/10/2019) dinihari waktu Indonesia. Platform ini akan menjadi aplikasi perpesanan pendamping Instagram yang bisa dimanfaatkan pengguna hanya untuk membagi pesan, foto, dan video dengan para pengguna lain yang berada di dalam daftar teman terdekatnya, alias Close Friends.

Fitur Aplikasi Threads

Terdapat tiga komponen di dalam aplikasi Threads yang bisa digunakan. Pertama adalah kamera, yang menjadi layar utama begitu pengguna membuka aplikasi ini. Hanya saja, fitur kamera di dalam Threads tidak dibekali filter, sehingga sepenuhnya digunakan hanya untuk mengambil gambar dan video. Media yang diambil tersebut lantas bisa langsung dibagi dengan pengguna lain yang ada di dalam daftar.

Komponen kedua adalah kotak masuk alias inbox, yang mirip seperti fitur direct message di Instagram. Karena Threads digunakan hanya untuk berinteraksi dengan teman terdekat, bisa diperkirakan bahwa Threads akan memiliki jumlah pesan masuk yang lebih sedikit. Ada juga fitur group chat yang juga bisa digunakan hanya jika para pengguna di dalamnya adalah teman terdekat.

Tampilan Aplikasi Threads

Seperti ini tampilan Threads ketika digunakan. (Foto: The Verge)

Terakhir adalah layar status, yang nampaknya jadi bagian paling kontroversial. Untuk bisa mengubah status, pengguna bisa memilih emoji dan menuliskan pesan singkat di dalam status tersebut. Kemudian, pengguna bisa mengatur berapa lama status tersebut nampak, dengan durasi antara satu sampai empat jam.

Selain itu, ada juga fitur “auto status” yang akan me-refresh status pengguna sepanjang hari. Lewat fitur ini, aplikasi bisa mempelajari kapan pengguna sampai di rumah, di kantor, dan sebagainya. Kemudian, status akan diubah dengan sendirinya. Instagram sendiri mengklaim bahwa mereka tidak akan menyimpan lokasi pengguna dan hanya akan menggunakan informasi tersebut untuk membuat “konteks.” Maksudnya, jika pengguna ada di kantor, ia akan sibuk selama beberapa waktu ke depan, dan seterusnya.

Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk upaya Instagram dalam membangun layanan perpesanan pendamping yang dibuat berdasarkan fitur direct message yang sudah ada lebih dulu. Alasan lainnya – yang barangkali lebih masuk akal dan paling terang-terangan – adalah untuk membendung laju Snapchat dengan membangun aplikasi serupa. Snapchat sendiri sangat digemari para pengguna karena layanan perpesanannya yang fokus pada penggunaan kamera dan secepat kilat.

Baca juga: Diam-Diam, Instagram Hapus Fitur Ini, Lho!

Nah, apakah Sobat tertarik menggunakan aplikasi Threads ini? Kalau iya, Sobat sudah bisa mengunduh aplikasi ini untuk platform Android maupun iOS. Supaya download aplikasinya pasti lancar, cek dulu kuota internet Sobat, ya! Kalau sudah kritis, isi aja paket datanya lewat Unitedtronik. Belum punya aplikasinya? Tenang, Sobat cukup download langsung di Play Store dan AppStore saja, dan temukan promo menarik lainnya di sini.