Dianggap Tidak Aman, Tentara Amerika Serikat Dilarang Pakai Tik Tok

Tentara Amerika dilarang menggunakan Tik Tok. (Foto: Forbes)

Demam aplikasi Tik Tok memang menjadi wabah yang menjangkiti semua orang di dunia. Tidak hanya populer di Asia, aplikasi ini rupanya juga sangat digemari di Amerika Serikat. Aplikasi berbasis video ini digandrungi tidak hanya oleh remaja melainkan juga pengguna berbagai usia.

Kepopuleran aplikasi ini, rupanya membuat badan militer Amerika merasa khawatir. Pada awal Januari, media Amerika Serikat memberitakan pelarangan aplikasi ini untuk para anggota militer Amerika Serikat. Tik Tok diblokir dari ponsel yang digunakan oleh para tentara di negara tersebut.

Dilansir dari Forbes, hal ini disebabkan oleh perlindungan data pribadi maupun negara yang memungkinkan diambil secara ilegal oleh aplikasi ini. Pemerintah Amerika Serikat menganggap Tik Tok tidak cukup aman dan kredibel dalam hal perlindungan data pengguna.

Kecurigaan Amerika Serikat terhadap Tik Tok tidak terlepas dari asal aplikasi ini yang merupakan buatan Tiongkok. Seperti diketahui, hubungan Amerika Serikat memang memanas karena persaingan dagang antara keduanya. Tidak hanya itu, beberapa kali Tik Tok memang mengalami gugatan hukum mengenai pelanggaran pencurian data penggunanya. Tahun lalu, Tik Tok harus membayar denda sebesar 5,7 juta dolar Amerika karena mengambil data pengguna berusia di bawah 13 tahun secara ilegal.

Meski demikian, pelarangan Tik Tok bagi tentara Amerika ini, hanya berlaku untuk ponsel yang dimiliki negara. Tentara tetap diperbolehkan untuk menginstall aplikasi hiburan ini di ponsel pribadi mereka.