Ingin Punya Usaha Sendiri? Ikuti Tips Jitu Memulai Bisnis yang Sukses Ini!

Foto: SWSN

Selama ini, mungkin Sobat adalah salah satu dari mereka yang sudah bermimpi memiliki bisnis sendiri, tapi belum memulainya karena takut gagal. Padahal, Sobat tidak perlu khawatir karena selama Sobat belum melakukannya, Sobat belum tahu apa hasilnya, kan?

Selain itu, ada berbagai tips dari mereka yang sudah lebih dulu meniti karir sebagai seorang wirausahawan, bahkan meraih kesuksesan dengan memilih jaliur karir ini. Sobat pun tak perlu memusingkan kalau bisnis Sobat nanti masih berskala kecil, karena tips-tips itu bisa dijalankan oleh siapa saja yang memang sudah memantapkan niat menjalankan usaha secara mandiri.

Baca juga: Buat Mahasiswa, Ini Dia 5 Tips Ampuh Agar Bisnis Pulsa Makin Untung

Berikut ini adalah tips dari para pro untuk Sobat yang ingin sukses dengan bisnis sendiri!

Punya Semangat Tinggi

Jenis bisnis yang akan Sobat jalani nggak harus selalu bidang yang Sobat sukai, kok. Tapi, Sobat tetap harus bisa menikmati segala prosesnya, apalagi karena nanti Sobat akan menggunakan banyak waktu dan tenaga untuk memulai dan membangun bisnis Sobat agar menjadi sukses di kemudian hari.

Mumpung Masih Jadi Karyawan, Langsung Mulai Saja!

Coba Sobat bayangkan, berapa lama seseorang bisa hidup tanpa uang? Jawabannya jelas: tak lama. Di samping itu, ada juga kemungkinan kalau bisnis Sobat perlu waktu cukup panjang untuk akhirnya berhasil meraup untung yang Sobat inginkan. Karena itu, mumpung Sobat masih kerja di kantor, Sobat bisa langsung mulai bisnis Sobat sendiri supaya masih ada penghasilan sementara bisnis Sobat masih melalui proses start up. Selain itu, menjalankan usaha sendiri sambil terus melakukan pekerjaan di kantor bukan hal yang mustahil, kok.

Sobat Tidak Perlu Melakukannya Sendiri

Punya support system yang bisa mendukung Sobat selama tahap pendirian bisnis hingga seterusnya sangat penting, seperti keluarga dan teman yang bisa Sobat ajak untuk berbagi ide atau mendengarkan keluhan Sobat ketika ada masalah. Lebih bagus lagi kalau Sobat punya mentor atau bergabung ke dalam komunitas pengusaha atau wirausahawan.

Manfaatkan Networking untuk Jaring Pelanggan

Cara yang satu ini bahkan bisa Sobat lakukan sebelum bisnis Sobat benar-benar didirikan. Artinya, jangan tunggu memulai bisnis untuk mendapatkan pelanggan, karena bisnis manapun jelas tak bisa bertahan tanpa pelanggan, bukan?

Baca juga: Berminat Mulai Jasa Pembayaran Online? Simak Tipsnya di Sini!

Pastinya, Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis alias business plan memiliki berbagai manfaat, yang pada dasarnya adalah untuk membantu Sobat menghindari terbuangnya waktu dan sumber daya (termasuk uang) untuk proses yang tidak akan membawa keuntungan untuk bisnis Sobat. Rencana bisnis tidak harus tebal seperti kamus, lho!

Rencana bisnis bukan hanya dibutuhkan untuk bisnis berskala besar saja, karena semua bisnis yang akan dimulai memerlukan alat yang satu ini. Untuk jenis bisnisnya, jika Sobat masih belum tahu akan berbisnis apa, mungkin Sobat bisa mempertimbangkan bisnis PPOB. Pasalnya, bisnis ini bisa menjaring konsumen dengan sangat mudah karena banyak masyarakat yang membutuhkannya.

Nah, berbicara soal bisnis jasa pembayaran PPOB, layanan yang satu ini bisa memfasilitasi berbagai jenis transaksi pembayaran secara online, lho. Mulai dari pulsa HP, paket data untuk smartphone, tagihan listrik, air, telepon, TV kabel, atau internet untuk rumah, asuransi, cicilan multifinance, sampai voucher untuk online game, semua kebutuhan bisa dilayani dengan jasa yang satu ini. Apalagi, seperti yang mungkin sudah Sobat sadari, berbagai pembayaran tersebut merupakan jenis pengeluaran yang pasti dilakukan oleh masing-masing orang minimal sekali sebulan.

Artinya, Sobat bisa memanfaatkan kebutuhan tersebut untuk menjadi peluang bisnis yang mendatangkan untung. Apalagi, ada Unitedtronik yang bisa melayani semua transaksi tersebut hanya dengan satu aplikasi dan satu smartphone. Tanpa format, tanpa kode. Praktis, bukan?

Nah, apa lagi yang masih membuat Sobat ragu-ragu? Sobat hanya perlu unduh dan mendaftarkan diri lewat aplikasi Unitedtronik di Play Store atau App Store sekarang juga. Download aja dulu, gratis kok!