Kalahkan Apple, Gojek Jadi Perusahaan Pengubah Dunia

Gojek masuk 20 besar majalah Fortune. (Foto: CNBC)

Fortune Magazine baru saja merilis daftar ‘Change the World’, yakni perusahaan-perusahaan yang dinilai membuat perubahan paling besar di dunia sepanjang tahun 2019. Salah satu kriterianya adalah penggunaan alat bisnis kreatif untuk melindungi planet serta mengatasi kebutuhan masyarakat yang tidak terpenuhi.

Yang menarik dari daftar tersebut adalah munculnya nama Gojek di urutan kesebelas. Perusahaan anak bangsa ini menduduki posisi di bawah TerraCycle, Schneider Electric, Bank of Amerika, Centene, Santander Brasil, Walmart, TE Connectivity, BYD, Mastercard dan Qoalcomm. Lebih menarik lagi, Gojek bahkan mengalahkan Apple yang menduduki peringkat 16 dalam daftar tersebut.

Posisi pertama dalam daftar tersebut diduduki oleh Qualcomm yang merupakan pemimpin teknologi nirkabel sejak smartphone pertama hadir. Perusahaan yang kini dipimpin oleh CEO Steven Mollenkopf itu dilaporkan memeroleh pendapatan sebesar US$ 22.732 juta pada tahun fiskal lalu.

Mengikuti Qualcomm, perusahaan jasa keuangan asal Amerika Serikat, Mastercard,berhasil menduduki peringkat kedua karena kontibusinya terhadap kebutuhan jasa keuangan masyarakat dunia. Perusahaan ini tercatat memeroleh pendapatan sebanyak US$ 14.950 pada tahun fiskal terakhir.

Sedangkan Gojek diganjar peringkat 11 oleh Fortune karena telah berhasil memberi akses keuangan pada jutaan penduduk Indonesia. Patut diketahui bahwa 64% popoulasi Indonesia termasuk unbanked atau tidak memiliki akses ke perbankan. Keberadaan Gojek dengan sistem pembayaran Go-Pay yang kemudian menyediakan akses keuangan untuk masyarakat Indonesia.