Pantang Denda, Inilah Cara Pintar Bayar Cicilan!

Foto: Pricebook

Saat ini, membeli kendaraan dengan cara mencicil sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan masyarakat. Bahkan, Sobat mungkin juga memilih cara yang sama. Hal ini tidak mengherankan, mengingat proses pengajuan kredit yang mudah dan cepat, serta dengan adanya berbagai perusahaan multifinance yang menawarkan jasa ini.

Akan tetapi, Sobat mungkin juga sama seperti banyak orang di luar sana yang memiliki lebih dari satu cicilan atau tagihan yang harus dibayarkan tiap bulan. Hal ini terkadang bisa membuat kerepotan, terutama dalam urusan pembayaran tagihan tepat waktu. Sebab, jika pembayaran angsuran cicilan dilakukan melewati tanggal yang sudah ditetapkan setiap bulannya, Sobat pasti harus membayar denda.

Baca juga: Kuota Internet Gampang Ludes? Coba 5 Trik Anti Boros Ini!

Kalau Sobat sering kelupaan harus membayar cicilan, berikut ini adalah beberapa langkah pintar yang bisa diterapkan mulai dari sekarang agar tidak ada lagi denda yang harus dibayarkan setiap bulannya!

Biasakan Diri untuk Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Cara ini jelas merupakan langkah mutlak yang wajib Sobat lakukan jika ingin terhindar dari denda karena terlambat bayar cicilan. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa faktor penting yang wajib Sobat perhatikan agar selalu bisa membayar cicilan sebelum jatuh tempo tiap bulannya.

Salah satunya adalah memperhitungkan kemampuan finansial Sobat sejak saat Sobat akan memilih program cicilan. Jangan mudah tergiur dengan DP rendah, karena yang paling penting adalah apakah Sobat memang mampu melakukan pembayaran cicilan secara teratur setiap bulannya. Apalagi, DP rendah biasanya berarti besar uang cicilan bulanan lebih tinggi, yang akan terasa makin mahal jika tenor atau lama waktu pembayaran cicilannya pendek.

Baca juga: Bagaimanapun Situasi Ekonominya, 4 Ide Bisnis Ini Tetap Menguntungkan!

Jika Sobat sudah sepenuhnya yakin kalau besarnya biaya cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan memang sesuai dengan kemampuan Sobat, maka selalu lakukan pembayaran tepat waktu dan jauh sebelum tanggal jatuh tempo. Misalnya, Sobat diharuskan membayar maksimal tanggal 10 setiap bulannya. Kalau begitu, jangan biasakan membayar pada tanggal 9 atau 10, tapi usahakan pada tanggal 1 sudah terbayar, atau begitu Sobat menerima gaji.

Oh iya, Sobat bisa gunakan smartphone untuk memasang pengingat soal kapan Sobat harus membayar cicilan. Mudah, kan?

Minta untuk Dikirimi Tagihan Lewat Email

Sobat bisa minta pihak penjual, toko, atau dealer untuk mengirimkan tagihan secara teratur lewat email kepada Sobat. Dengan begitu, Sobat cukup menunggu sampai tagihan tersebut sampai di kotak masuk email Sobat. Artinya, Sobat bisa menggunakan email yang masuk tersebut sebagai pengingat agar tidak lagi kelupaan bayar cicilan sebelum jatuh tempo.

Gunakan Fitur Autodebet dari Bank

Saat ini, berbagai perusahaan multifinance telah bekerjasama dengan pihak bank untuk membantu masyarakat membayar cicilan mereka dengan mudah dan praktis. Salah satunya adalah dengan melakukan pembayaran lewat bank atau ATM. Nah, Sobat bisa atur agar fitur autodebet pada rekening Sobat aktif, dengan begitu jumlah uang cicilan per bulan akan langsung dipotong langsung dari rekening Sobat setiap bulannya. Cara ini pastinya sangat cepat dan praktis karena sistem yang akan memotong saldo Sobat, dan Sobat tidak perlu kebingungan lagi kalau tanggal jatuh tempo ternyata sudah lewat.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Sendiri Tanpa Meninggalkan Pekerjaan Kantor? Simak Tipsnya di Sini!

Pakai Aplikasi Unitedtronik untuk Transaksi Terjadwal Tiap Bulan Secara Otomatis

Kalau Sobat tidak ingin direpotkan dengan urusan bank setiap kali harus membayar cicilan bulanan, Sobat cukup unduh dan gunakan aplikasi Unitedtronik untuk pembayaran cicilan tepat waktu langsung dari smartphone!

Dengan Unitedtronik, Sobat tidak perlu repot-repot memasukkan token atau menghafalkan format transaksi, karena semuanya bisa Sobat selesaikan hanya dengan beberapa kali klik di layar smartphone saja. Apalagi, Sobat bisa manfaatkan fitur transaksi terjadwal
agar sistem langsung melakukan transaksi pembayaran cicilan pada tanggal yang sudah Sobat tentukan.

Yang lebih serunya lagi, Sobat bisa juga jadikan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena Unitedtronik bisa melayani pembayaran cicilan dari berbagai perusahaan multifinance. Apalagi, Unitedtronik juga menawarkan kemudahan pembayaran berbagai transaksi lainnya, seperti pulsa dan paket internet, tagihan listrik, air, maupun telepon, dan TV kabel.

Dapatkan aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga. Download dulu saja, gratis kok!