Pengguna Bisa Tolak Undangan Grup WhatsApp, Begini Caranya

Mulai dari bulan April kemarin, WhatsApp meluncurkan fitur privasi di mana pengguna bisa bebas memblokir seluruh kontak agar bisa tolak undangan grup WhatsApp dari orang-orang yang diblokir tersebut. Sayangnya, fitur tersebut tidak mengizinkan pengguna untuk memilih secara spesifik siapa saja yang boleh mengundah pengguna untuk masuk ke dalam grup.

Bagi Sobat yang selama ini menanti-nanti fitur tersebut, sekarang Sobat sudah bisa menemukan dan menggunanya lewat update WhatsApp terbaru. Fitur tersebut telah diperbaharui agar pengguna dapat memilih akun siapa saja yang boleh menambahkan mereka ke dalam grup. Di samping itu, pengguna pun bisa memilih untuk terima atau tolak undangan grup WhatsApp yang masuk.

Fitur Tolak Undangan Grup WhatsApp, Bagaimana Caranya?

Cara Kerja Fitur Tolak Undangan Grup WhatsApp

Kontak yang tidak diizinkan untuk mengundang pengguna ke grup secara otomatis akan harus mengirimkan tautan lewat pesan pribadi. (Foto: The Verge)

Untuk bisa menggunakan fitur privasi terbaru ini, seperti biasa Sobat perlu mengakses menu Settings atau Pengaturan di WhatsApp. Kemudian, pilih opsi Accounts (Akun), pilih Privacy (Privasi), dan pilih Groups (Grup). Sobat lalu bisa memilih satu dari tiga opsi kategori pengguna yang bisa mengundang Sobat bergabung ke dalam grup percakapan, yaitu Everyone (Siapa Saja), My Contacts (Kontak Saya), dan My Contact Except… (Kontak Saya Kecuali…).

Kalau Sobat ingin menentukan siapa saja yang bisa atau tidak bisa mengundang Sobat masuk ke dalam grup percakapan di WhatsApp, pilih opsi My Contact Except… Di sini, Sobat bisa pilih siapa saja pengguna di dalam daftar kontak yang tidak Sobat izinkan untuk langsung mengundang Sobat masuk ke dalam grup.

Setelah Sobat selesai memilih, ketuk tombol centang dengan lingkaran hijau yang berada di pojok kanan bawah agar pengaturan yang sudah Sobat buat tersimpan. Nantinya, para pengguna yang tidak Sobat izinkan untuk mengundang Sobat ke dalam grup secara otomatis akan harus mengirimkan link undangan melalui pesan pribadi (PM atau private message). Dari sini, Sobat bisa pertimbangkan untuk menerima undangan atau menolaknya. Link tersebut akan berlaku hanya selama 72 jam, atau 3 hari.

Bagi Sobat yang sering kesal karena tiba-tiba dimasukkan ke dalam grup, tentu fitur ini bisa jadi solusi, kan? Apalagi jika Sobat sering merasa segan atau tidak enak kalau harus keluar dari grup.

Supaya makin lancar berkomunikasi lewat WhatsApp, pastikan paket internet Sobat selalu aktif, ya! Apalagi, Sobat punya aplikasi Unitedtronik yang bisa digunakan untuk beli paket data kapan saja Sobat membutuhkan, bahkan di tengah malam ketika tak ada lagi swalayan dan konter yang buka. Download aplikasi Unitedtronik sekarang juga di Play Store dan App Store, gratis!