Perlu Ditiru, Inilah 9 Hal yang Selalu Dijauhi Orang-Orang Sukses

Menerapkan Tips Sukses untuk Mencapai Tujuan

Tahukah Anda kalau orang-orang sukses bukan hanya menghabiskan berjam-jam untuk bekerja sepanjang hari? Mereka yang telah mencapai keberhasilan sadar bahwa kesuksesan juga datang dari dalam diri. Karena itulah mereka juga membuang hal-hal negatif yang hanya akan membawa mereka menjauh dari tujuan yang ingin diraih. Apa saja hal-hal negatif tersebut? Simak di dalam tips sukses berikut ini!

Tips Sukses: 9 Hal yang Perlu Dihindari

1. Menyalahkan Orang Lain

Ketika masalah atau kegagalan harus dialami, mereka yang sekarang sudah sukses tidak pernah menyalahkan orang lain. Karena kesuksesan adalah hal yang juga bersifat internal alias datang dari dalam diri, mereka justru bertanya: “Apa yang harus aku lakukan agar hal ini tidak terjadi lagi di masa depan?”

2. Menunda-Nunda Pekerjaan

Tips Sukses untuk Melawan Prokrastinasi

Tips sukses: hindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. (Foto: My Time Management)

Keinginan untuk menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang sudah menunggu memang sangat menggoda. Akan tetapi, begitu Sobat melakukannya, yang ada Sobat hanya akan merasakan perasaan menyesal yang lebih besar.

Sebaliknya, orang-orang sukses justru lebih suka melakukan sesuatu untuk mengejar tujuan mereka. Sebab, ketika seseorang mengejar sesuatu, ia akan merasa lebih baik. Ketika ia merasa lebih baik, ia pun akan melakukan lebih banyak hal untuk mewujudkan tujuan atau impian mereka.

3. Meragukan Diri Sendiri

Keraguan pada diri sendiri akan mendorong rasa takut, dan rasa takut hanya akan menahan diri Sobat dari progres yang mengarah ke tujuan. Ketika Sobat melihat ada peluang dan Sobat merasa ragu kalau Sobat akan bisa memanfaatkan peluang tersebut, coba tanyakan kepada diri sendiri apakah sebenarnya Sobat takut untuk mengambil keputusan tersebut?

Untuk mengatasinya, Sobat harus belajar menjadi pendukung diri sendiri nomor satu. Dengan begitu, Sobat bisa terus-menerus memotivasi dan menyemangati diri sendiri.

4. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Meragukan Diri Sendiri Menjauhkan Diri dari Kesuksesan

Rasa tidak pecaya diri wajib dihindari kalau Sobat ingin sukses. (Foto: Time Magazine)

Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain yang sudah sukses di mata Sobat itu seperti mencuri kebahagiaan Sobat sendiri. Kalau digambarkan, sebenarnya Sobat sedang membandingkan halaman pertama perjalanan Sobat dengan halaman ke-200 perjalanan hidup orang lain. Dorongan untuk membanding-bandingkan diri sendiri memang sangat menggoda, apalagi karena Sobat tidak melihat perjuangan atau usaha orang lain sampai akhirnya mereka bisa mencapai posisi mereka saat ini.

Ingat bahwa semua orang pasti punya titik start mereka sendiri dalam memulai perjalanan mereka, sampai akhirnya bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang. Contoh paling mudahnya, lihatlah perusahaan-perusahaan besar yang Sobat lihat tiap hari; semuanya pasti berawal dari bisnis kecil terlebih dahulu, kan?

5. Tidak Merawat Diri Sendiri

Dengan menjaga kondisi fisik, cukup beristirahat, dan makan teratur, Sobat membantu tubuh sehat, menjaga fokus, dan meningkatkan produktivitas. Kesibukan memang mudah membuat seseorang lupa untuk beristirahat, bahkan hanya untuk sebentar saja. Padahal, ingat bahwa tubuh Sobat adalah tubuh yang sama yang akan menemani Sobat lima atau sepuluh tahun kemudian. Jadi, rawat tubuh dengan baik, ya!

6. Mudah Menyerah

Ilustrasi Kerja Keras

Kesuksesan menuntut kerja keras, bukan sikap mudah menyerah. (Foto: Medium)

Tantangan adalah hal yang pasti akan datang dan perlu dihadapi, bukannya dihindari. Sebab, di balik kesulitan itulah kesuksesan berada. Karena itulah kesuksesan menuntut Sobat untuk terus bekerja keras, dan tidak akan hadir jika Sobat mudah menyerah.

7. Menyepelekan Pentingnya Belajar

Belajar bukan berarti harus dilakukan di dalam ruang kelas. Maksudnya adalah belajar untuk mengembangkan dan memperluas ilmu serta kemampuan yang dimiliki. Apalagi, sekarang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ilmu dan pelatihan. Mulai dari materi yang bisa ditemukan di internet, buku-buku yang dijual di toko, sampai program seminar atau pelatihan.

8. Punya Tujuan, Tapi Tidak Menyusun Rencana untuk Meraihnya

Ilustrasi Tujuan dan Jalan untuk Mencapainya

Sudah tahu apa tujuan Sobat? Rencanakan cara untuk mencapainya! (Foto: Fulcrum Labs)

Punya tujuan adalah salah satu langkah penting kalau Sobat ingin sukses. Tapi, sekadar menentukan tujuan saja tidak cukup, karena Sobat juga perlu merencanakan apa yang perlu Sobat lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Contohnya, Sobat punya tujuan agar bisnis Sobat bisa menembus omzet Rp 100 juta per bulan dalam waktu 3 tahun. Nah, dari situ Sobat perlu tentukan apa yang perlu dilakukan agar tujuan utama itu tercapai.

Pada dasarnya, dalam menentukan tujuan, Sobat tentukan apa tujuan utama. Kemudian, “pecah” tujuan utama tersebut jadi tujuan-tujuan lebih kecil yang perlu dicapai setiap tahun, bulan, minggu, bahkan hari.

9. Terus-Terusan Menunggu Waktu yang Tepat

Kalau Sobat terus-menerus berkata kepada diri sendiri kalau Sobat akan “menunggu waktu yang tepat”, artinya Sobat belum mendekati kesuksesan sama sekali. Sebab, ketika Sobat merasa baru akan siap “nanti” dan bukannya sekarang, artinya Sobat justru sedang melankah menjauh dari kesuksesan yang ingin Sobat raih. Hanya menunggu waktu yang “tepat” malah akan membuat Sobat terus-terusan melewatkan peluang, lho!

Karena itu, untuk Sobat yang sudah lama ingin punya bisnis sendiri, tapi masih terus menunda-nunda keinginan tersebut, Sobat jelas perlu melakukannya sekarang juga! Apalagi, sekarang ada semakin banyak peluang untuk memulai usaha sendiri, bahkan kalau Sobat sudah punya pekerjaan di kantor.

Sobat juga tidak perlu khawatir walaupun Sobat punya modal kecil. Soalnya, ada banyak ide bisnis dengan modal minim yang bisa Sobat mulai sekarang juga, seperti menjadi agen pulsa, paket data, dan pembayaran PPOB bersama Unitedtronik. Karena semua transaksi bisa dilakukan lewat aplikasi Unitedtronik, menjalankan bisnis sendiri jadi makin murah, bukan?

Jangan tunda-tunda lagi! Wujudkan impian memulai bisnis sendiri dengan Unitedtronik dengan men-download aplikasinya sekarang juga di Play Store dan App Store, yuk!