Pusing Cari Nama? Google Lebih Pilih Android 10

https://9to5google.com/wp-content/uploads/sites/4/2019/08/android_10_logo_1.jpg

Selama ini, Google selalu memilih nama makanan manis atau makanan penutup (dessert) untuk setiap OS Android yang dirilis. Hanya saja, untuk Android Q kali ini, Google memilih untuk memutus tradisi tersebut dan memilih nama yang lebih sederhana: Android 10.

Sepanjang proses penggarapan Android Q sejak diumumkan sampai versi betanya, Google tidak membuat komentar apapun soal nama yang akan digunakan. Hal ini jelas membuat banyak penggemar bertanya-tanya, apalagi mengingat nama dessert berawalan Q dalam bahasa Inggris yang sangat sedikit, atau bahkan nihil.

Pemilihan Nama Android 10

Logo Baru Android 10

Selain resmikan nama baru, Google juga luncurkan logo baru untuk OS Android. (Foto; The Verge)

Dengan diresmikannya nama Android 10, Google juga mengonfirmasi bahwa nama OS Android yang rilis berikutnya adalah Android 11, dan seterusnya. Google sendiri siap menerima kritik soal nama baru Android yang “terlalu gampang”.

Lewat penjelasan Sameer Samat, Vice President of Product Management for Android, perubahan haluan ini bukan karena nama Q yang sulit, tapi bahwa pemilihan nama makanan tertentu bisa membuat beberapa negara “tersingkirkan”. Hal ini penting bagi image Android, yang merupakan merk global yang lebih banyak digunakan oleh pengguna di India dan Brazil daripada di AS. Jadi, memilih hanya nama berbahasa Inggris tidak merepresentasikan status Android.

Sebagai contoh, pie tidak selalu merupakan makanan penutup di berbagai negara, dan lolipop bisa jadi sulit diucapkan oleh pengguna di beberapa negara. Sedangkan marshmallow tidak dikenal oleh semua orang di dunia. Sementara itu, angka bersifat universal.

Selain peresmian nama OS Android yang baru, Google mengumumkan logo terbaru untuk produknya yang satu ini. Menurut Aude Gandon, Global Brand Director Android, logo baru ini memiliki kesan yang lebih modern terutama dari jenis font yang dipilih. Hanya saja, logo baru ini masih memiliki karakter robot hijau kecil, yang selama ini diidentikkan dengan Android selama bertahun-tahun.

Agar Sobat tidak ketinggalan update terbaru Google Android, pastikan kuota internet Sobat selalu terisi dengan Unitedtronik. Dapatkan aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga!