Sedang Cari Pinjaman Modal Usaha? Perhatikan 4 Hal Ini!

Pinjaman modal usaha merupakan salah satu alternatif sumber dana untuk Sobat yang ingin memulai atau mengembangkan usaha. Akan tetapi, tentunya ada berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi agar proses pengajuan pinjaman Anda lancar, bahkan bisa membuahkan hasil positif yang diinginkan: dana pinjaman cair dan bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis.

Nah, agar proses pengajuan pinjaman berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan. Apa saja, ya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Yang Perlu Diperhatikan dalam Pengajuan Pinjaman Modal Usaha

1. Punya Jenis Usaha yang Jelas

Ilustrasi Bisnis

Kemungkinan pinjaman cair lebih besar kalau bank tahu seperti apa bisnis Sobat. (Foto: Pexels)

Pertama, ingat bahwa bank atau lembaga ke mana Anda akan mengajukan pinjaman modal membutuhkan informasi tentang bisnis Sobat. Karena itulah biasanya bank akan memberikan pinjaman untuk modal bisnis jika usaha sudah aktif, karena dengan begitu pihak bank bisa menilai performa bisnis Sobat.

Ketentuan berapa lama bisnis sudah berjalan biasanya bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bank. Meski demikian, biasanya bisnis sudah beroperasi selama minimal enam bulan.

Baca juga: 4 Kesalahan Bisnis Pemula yang Sering Terjadi di Awal Memulai Usaha

2. Susun Laporan Usaha yang Lengkap

Ilustrasi Pembuatan Laporan Bisnis untuk Pengajuan Pinjaman Modal Usaha

Siapkan laporan keuangan bisnis Sobat yang lengkap dan detail sebelum mengajukan pinjaman modal. (Foto: Lynda)

Jangan lupa untuk menyusun laporan usaha sebagai bagian dari proposal pinjaman modal. Buat laporan yang lengkap, mendetail, dan bahkan menarik untuk dilihat. Rencana usaha bisa dijadikan referensi untuk membuat laporan tersebut, karena biasanya pemilik bisnis perlu memberikan informasi yang penting dan relevan, termasuk visi dan misi, analisis SWOT, dan laporan keuangan.

3. Lengkapi Berkas Pengajuan

Berkas Pengajuan Pinjaman

Jangan lupa penuhi dan lengkapi semua berkas persayaratan pinjaman. (Foto: Finance Buddha)

Selain laporan usaha, dokumen yang dibutuhkan ketika mengajukan pinjaman dana modal adalah berkas persyaratan lainnya. Nantinya, Sobat bisa menyerahkan semua berkas dalam bentuk fisik, baik itu dikirim lewat pos atau diserahkan langsung, atau diunggah secara online, tergantung fasilitas yang dimiliki bank.

Persyaratan yang diminta bank bervariasi, namun secara umum biasanya jenis dokumen yang diminta adalah:

  1. Dokumen bukti pendirian usaha untuk bisnis berbentu PT, CV, atau firma. Sedangkan untuk usaha perorangan, salinan KTP biasanya sudah cukup.
  2. Laporan keuangan sederhana sampai periode terakhir, termasuk laporan laba/rugi.
  3. Rekening koran dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.
  4. Surat Izin Usaha, Surat Keterangan Domisili Usaha, NPWP, atau SIUP.
  5. Salinan KTP milik pendiri serta tim manajemen.

Jangan lupa untuk memastikan kelengkapan berkas sebelum Sobat kirim atau unggah, ya!

4. Pilih Pinjaman dengan atau Tanpa Agunan?

Ilustrasi Pinjaman dengan Agunan

Pilih mana, kredit dengan agunan atau tanpa agunan? (Foto: Lux Exchange)

Ketika Sobat mengajukan pinjaman, Sobat bisa pertimbangkan pinjaman yang menggunakan jaminan alias agunan, atau yang tanpa agunan (Kredit Tanpa Agunan/KTA). Tentunya, masing-masing jenis pinjaman ada keuntungannya masing-masing, tergantung kebijakan dari pihak bank. Jadi, sebelum memutuskan, ketahui dulu masing-masing jenis pinjaman tersebut agar Sobat bisa memilih yang paling sesuai dan pas.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu Sobat ketahui dan ikuti sebelum mengajukan pinjaman untuk modal bisnis. Meski begitu, tahukah Sobat kalau Sobat juga bisa memulai bisnis sendiri walaupun modal yang Sobat punya minim?

Sekarang, ada banyak ide bisnis yang bisa Sobat jalankan langsung walaupun Sobat punya keterbatasan dana. Apalagi dengan adanya internet, yang membuat hidup jadi mudah dan #tanparibet, termasuk dalam urusan bisnis. Misalnya dengan menjadi agen pulsa dan pembayaran PPOB dengan aplikasi Unitedtronik.

Hanya dengan satu aplikasi, Sobat bisa lakukan banyak transaksi, bahkan tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari, lho! Jadi, Sobat bisa wujudkan impian punya bisnis sendiri sambil tetap ngantor atau kuliah.

Yuk, mulai bisnis Sobat sekarang juga #denganUnitedtronik. Dapatkan aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!