Sekarang, Huawei Tak Lagi Dapat Aplikasi Bawaan Layanan Facebook

Pengguna Menunjukkan Perangkat Huawei Mate 20 X

Berdasarkan laporan dari Reuters yang dilansir dari The Verge, Facebook tak lagi mengizinkan smartphone Huawei untuk memasang aplikasi layanannya sebagai aplikasi bawaan. Pelarangan ini menyusul kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam sebagai dampak dari perang dagang dengan pemerintah Cina.

Para pengguna smartphone Huawei akan tetap bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp lewat Play Store untuk saat ini. Mereka pun masih bisa mendapatkan update aplikasi. Hanya saja, pelarangan ini berarti bahwa berbagai aplikasi layanan Facebook tak lagi ter-install langsung ketika pengguna membeli perangkat mereka seperti sebelumnya.

Sebelumnya, Google mengumumkan bahwa mereka sudah memblokir Huawei. Keputusan ini berarti bahwa perangkat Huawei nantinya tidak akan mendapatkan sistem pengoperasian Android. Hanya saja, Google kemudian memberikan lisensi sementara untuk tetap mengirimkan update keamanan untuk smartphone Huawei yang sudah beredar. Di samping itu, perangkat Huawei yang tengah dijual, belum dikirimkan, atau bahkan belum dirakit, masih akan mendapatkan layanan Google sebagai aplikasi bawaan.

Perangkat Huawei dan Aplikasi Facebook untuk Smartphone

Sebagai dampak dari perang dagang, Huawei tak akan lagi diizinkan punya aplikasi bawaan Facebook. (Foto: The Wall Street Journal)

Sementara itu, laporan Reuters menyebutkan bahwa Facebook tidak mengizinkan aplikasi bawaan layanan mereka pada perangkat Huawei “yang belum meninggalkan pabrik”. Dampak dari kebijakan ini barangkali tidak terdengar separah keputusan Google yang “menceraikan” Huawei – belum lagi, perusahaan pendesain chipset ARM juga mengumumkan kebijakan yang sama. Hasilnya, kemampuan Huawei untuk memproduksi chipset mereka sendiri pun terancam di masa depan.

Meski begitu, keputusan yang dibuat Facebook sangat berpotensi menjadi pukulan besar bagi para pengguna Huawei di masa depan. Hal ini dikarenakan pengguna nantinya tak lagi bisa dengan mudah menggunakan aplikasi pihak ketiga langsung dari perangkat Huawei mereka. Apalagi, layanan Play Store juga tak lagi bisa digunakan pengguna Huawei di masa depan, yang artinya aplikasi pihak ketiga harus didapatkan dari app store Huawei sendiri.

Pastikan kuota internet Sobat selalu terisi agar bisa terus ikuti update informasi terbaru soal Huawei. Yuk, isi sendiri paket data Sobat dengan aplikasi Unitedtronik. Unduh aplikasinya gratis di Play Store dan App Store sekarang juga!