Tips Memulai Bisnis Kecil dengan Modal Minim

Ilustrasi wanita pemilik modal kecil.

Sobat mungkin masih berpikiran kalau butuh banyak uang untuk menjalankan bisnis. Walaupun modal uang memang penting untuk bisnis, bukan berarti angkanya harus besar, apalagi sampai puluhan atau ratusan juta. Artinya, Sobat yang hanya punya modal minim tetap bisa memulai bisnis, yang bisa Sobat baca di dalam tips memulai bisnis berikut ini.

Tanpa buang banyak waktu lagi, inilah tips memulai bisnis dengan modal terbatas. Selamat membaca!

Baca juga: Kelihatannya Nggak Nyambung, Tapi 7 Hobi Ini Bisa Membantu Sobat Sukes dalam Bisnis, Lho!

Siapkan Semua Kebutuhan untuk Memulai Bisnis

Foto: MoneySmart

Agar Sobat bisa mulai menjalankan bisnis dengan lancar, Sobat perlu mempersiapkan segala kebutuhan bisnis tersebut. Mulai dari persediaan, perlengkapan, sampai persiapan mental, semuanya harus dipersiapkan. Kalau Sobat masih kebingungan apa saja yang harus tersedia untuk bisnis yang Sobat rintis, Sobat bisa mengacu kunjungi panduan ringkas memulai bisnis yang disediakan oleh Entrepreneur. Di sana, ada petunjuk yang tersedia untuk lebih dari 20 jenis bisnis.

Lakukan Perencanaan Matang

Foto: Siap Usaha

Siapa bilang rencana bisnis (business plan) penting hanya jika Sobat ingin mencari dana dari pihak ketiga? Rencana bisnis juga penting untuk Sobat gunakan sebagai panduan dalam menjalankan bisnis di awal. Kalau Sobat masih ragu seperti apa format dan isi rencana bisnis yang perlu dibuat, Sobat bisa cari berbagai sumber di internet. Contohnya yang disediakan oleh Business Model Canvas.

Baca juga: Terapkan 5 Prinsip Ini untuk Usaha yang Makin Sukses!

Buat Pembukuan Sejak Memulai Bisnis

Foto: Creative Market

Hanya karena Sobat menjalankan bisnis kecil, bukan berarti Sobat tidak butuh pembukuan, ya! Justru catatan keuangan ini sangat Sobat butuhkan untuk berbagai tujuan yang penting dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Contohnya untuk mengetahui aliran masuk dan keluar kas, jumlah transaksi per hari, besar biaya operasional, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda pun bisa memonitor kondisi keuangan bisnis.

Gunakan Perangkat Lunak Freemium

Foto: IEBS

Perkembangan teknologi membuat segala aspek kehidupan jadi lebih mudah, termasuk dalam urusan berbisnis. Sekarang, Sobat bisa gunakan perangkat lunak freemium, alias free/premium seperti Dropbox dan Google Drive. Dengan perangkat lunak ini, Sobat bisa memproses dokumen, membuat dokumen baru, dan menyimpannya di dalam penyimpanan cloud di internet. Dengan begitu, kalau salinan cetaknya hilang atau rusak, Sobat tidak perlu khawatir kehilangan data-data penting.

Sekarang, Sobat tak perlu khawatir kalau Sobat tidak punya dana sampai puluhan juta untuk memulai bisnis. Soalnya, ada berbagai ide bisnis yang bisa dijalankan sekarang juga dengan modal minim. Walaupun modalnya kecil, bukan berarti keuntungannya juga sama-sama minim, ya.

Salah satunya adalah bisnis jasa pembayaran online atau PPOB. Bisnis ini bisa melayani transaksi pembayaran berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat. Mulai dari pulsa, paket data, tagihan, cicilan multifinance, sampai iuran asuransi, semuanya bisa dilayani. Lebih mudahnya lagi, Sobat juga bisa jalankan bisnis ini sambil tetap beraktivitas seperti biasanya, termasuk ngantor dan mengurus keluarga di rumah.

Hal inilah yang ditawarkan oleh Unitedtronik. Apalagi, Sobat juga bisa bertransaksi hanya dengan satu aplikasi dan smartphone saja. Praktis, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga. Download aja dulu, gratis kok!