Ingin Resolusi Keuangan 2020 Lancar? Lakukan 4 Tips Ini, Yuk!

Resolusi Keuangan 2020

Begitu akhir tahun datang, membuat resolusi untuk tahun berikutnya pasti jadi hal yang dilakukan banyak orang, dan Sobat mungkin salah satunya. Nah, dari berbagai resolusi yang biasa dibuat, salah satunya adalah resolusi keuangan. Tujuannya bermacam-macam, tapi yang paling utama adalah agar kondisi keuangan pribadi di tahun berikutnya jadi lebih baik.

Untuk Sobat yang sedang mempersiapkan resolusi keuangan dan agar segala rencananya terwujud, yuk ikuti 4 tips berikut ini. Dengan begitu, apapun cita-cita keuangan Sobat untuk tahun 2020 nanti, semuanya bisa terwujud.

Tips Resolusi Keuangan 2020 untuk Kondisi Finansial yang Lancar

1. Ingat dan Tegaskan Kembali Komitmen Keuangan Pribadi

Ilustrasi Perencanaan Keuangan Pribadi

Jangan lupa buat perencanaan keuangan untuk kebutuhan pribadi juga. (Foto: Finance Monthly)

Menurut perencana keuangan Zaneillia Harris, diri sendiri perlu jadi prioritas ketika Sobat membuat rencana maupun resolusi keuangan. Untuk Sobat yang sudah berkeluarga, menempatkan keluarga sebagai prioritas juga tidak keliru.

Akan tetapi, ingat bahwa Sobat juga perlu memikirkan apa tujuan keuangan untuk diri sendiri. Contohnya investasi masa depan seperti dana darurat atau dana pensiun, maupun target untuk membeli laptop baru.

2. Review Kembali Apa yang Jadi Tujuan Keuangan

Resolusi Keuangan Tahunan

Apakah rencana yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan? (Foto: Ethis)

Setelah Sobat membuat rencana keuangan, coba tinjau lagi dan pertimbangkan apakah rencana yang sudah dibuat sesuai dengan tujuan keuangan Sobat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Pasalnya, tak jarang orang-orang justru merencanakan hal-hal yang melenceng dari arah tujuan utama mereka, sehingga akhirnya rencana keuangan mereka tidak mampu mewujudkan apa yang selama ini ingin dicapai.

Baca juga: Latte Factor, Hal Receh yang Tak Bisa Dianggap Remeh Kalau Ingin Keuangan Aman

3. Rencanakan Tabungan

Resolusi Keuangan untuk Menabung

Rencanakan tabungan sejak sekarang berdasarkan pengeluaran yang akan dibuat tahun depan. (Foto: Housers)

Apabila Sobat sudah memiliki rencana atau resolusi yang mengharuskan Sobat untuk membelanjakan uang – misalnya pergi berlibur atau membeli suatu barang – Sobat perlu mempersiapkannya mulai dari sekarang. Hitung jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan berapa besar tabungan yang perlu disisihkan tiap bulan.

4. Introspeksi dan Refleksi Diri

Wanita Karir Bekerja di Kantor

Apresiasi hal-hal positif yang telah terjadi, dan mentapkan semangat untuk perbaiki segala kekurangan di tahun berikutnya. (Foto: Forbes)

Pada dasarnya, akhir tahun merupakan momen yang pas bagi Sobat untuk melakukan introspeksi dan refleksi diri. Sobat bisa ingat-ingat kembali apa saja pencapaian dan hal baik yang terlah diraih tahun 2019 ini, serta apa saja yang masih perlu dikembangkan dan diperbaiki untuk tahun 2020 nanti.

Tujuannya adalah untuk menumbuhkan pikiran positif yang bisa membuat Sobat lebih bersemangat untuk mengembangkan diri di tahun berikutnya, termasuk dari segi keuangan. Di samping itu, dengan pikiran yang lebih positif, Sobat juga jadi bisa berpikir lebih jernih dalam membuat strategi untuk memperbaiki hal-hal yang masih luput di tahun 2019 ini.

Misalnya, di tahun 2019 ini Sobat masih sering keteteran saat akan menabung. Rupanya karena Sobat merasa gaji terbilang pas-pasan, sehingga target tabungan bulanan jadi sulit terpenuhi. Nah, untuk resolusi keuangan di tahun 2020 nanti, Sobat bisa pertimbangkan bisnis sampingan untuk tambahan penghasilan agar Sobat bisa memenuhi target tabungan.

Eits, memulai bisnis sampingan tak perlu modal banyak, kok! Soalnya, ada banyak ide bisnis sampingan modal minim yang bisa Sobat mulai dan jalankan tanpa harus repot-repot mengumpulkan modal sampai jutaan dulu. Contohnya bisnis agen pulsa, paket data, dan PPOB menggunakan aplikasi Unitedtronik.

Cukup download aplikasinya, registrasi, dan isi saldo awal supaya Sobat bisa langsung berjualan. Apalagi, saldo awalnya bisa Sobat tentukan sendiri lho jumlahnya! Mudah dan praktis, kan?

Yuk, buat resolusi keuangan 2020 terwujud dengan Unitedtronik! Download aplikasinya sekarang juga di Play Store dan App Store, gratis!