Update iOS 13 Sudah Tersedia, Apa Saja Fitur Barunya?

Visualisasi Update iOS 13

Setelah diperkenalkan pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 milik Apple bulan Juni kemarin, update iOS 13 akhirnya sudah resmi dirilis dan bisa diunduh oleh para pengguna iPhone dan iPod Touch di seluruh dunia

Tentunya, kehadiran sistem operasi iOS 13 juga dilengkapi dengan jajaran fitur baru. Apa saja fitur baru yang hadir bersama dengan update iOS terbaru ini? Ini dia daftarnya!

Fitur Baru Update iOS 13

1. Dark Mode

Dark Mode di Update iOS 13

Tampilan iPhone dengan Dark Mode. (Foto: iDownloadBlog)

Salah satu fitur baru yang hadir bersama dengan iOS 13 adalah mode gelap alias Dark Mode. Artinya, iOS 13 menjadi OS Apple pertama yang bisa mendukung baik tampilan Light (terang) maupun Dark.

Fitur baru ini dapat digunakan di semua tampilan perangkat, mulai dari lockscreen, home screen, aplikasi bawaan Apple, hingga aplikasi pihak ketiga, selama aplikasi tersebut memang sudah mendukung tampilan gelap ini.

2. Photos

Aplikasi Photos Baru untuk iOS 13

Pengaturan file foto jadi lebih mudah dengan Photos. (Foto: USA Today)

Photos versi baru dibekali dengan semakin banyak fitur anyar yang dapat digunakan untuk mengedit maupun mengelola foto. Lewat update iOS 13 ini, pengguna juga bisa mengucapkan selamat tinggal pada Camera Roll, yang selama ini jadi “rumah” bagi seluruh foto yang diambil menggunakan iPhone maupun iPod Touch.

Dengan adanya Photos, pengaturan foto jadi lebih teratur dan pencarian dapat dilakukan berdasarkan kapan foto diambil. Di samping itu, ada juga fitur edit foto RAW yang dapat menunjang aktivitas fotografer.

Baca juga: Tahun Depan, Samsung Tak Lagi Rilis Galaxy S dan Galaxy Note Baru?

3. Gaming Controller

Game Controller dengan iPhone

Dengan iOS 13, pengguna bisa gunakan perangkat untuk bermain makin banyak game favorit. (Foto: Macworld)

Hobi bermain game lewat iPhone? Sekarang, iOS terbaru hadir dengan fitur gaming controller yang dapat dihubungkan dengan perangkat Xbox One atau PS4 sehingga pengguna bisa menikmati lebih banyak game dengan lebih mudah. Fitur ini didukung lewat sambungan Bluetooth dan akan segera hadir juga di dalam iPadOS terbaru yang akan dirilis beberapa waktu ke depan.

4. Portrait Lightning

Update Fitur Kamera iPhone

Lewat iOS 13, aplikasi Camera bawaan punya fitur lebih banyak. (Foto: Business Insider)

Portrait Lightning tersedia untuk pengguna seri iPhone X atau perangkat yang lebih baru untuk menyempurnakan fitur Camera bawaan perangkat. Dengan Portrait Lightning, pengguna dapat mengatur efek Depth of Field atau Bokeh sebelum mengambil gambar untuk menghasilkan efek yang saat ini sedang ngetren. Selain itu, ada juga efek High-Key Mono untuk menghasilkan efek monokrom bagi foto dalam mode Portrait.

5. QuickPath Keyboard

 

Ilustrasi Fitur QuickPath Keyboard iOS 13 Baru

QuickPath Keyboard janjikan kemudahan dan kecepatan lebih baik dalam mengetik pesan. (Foto: Macworld)

Meskipun update pada fitur keyboard sebenarnya sudah diberikan sejak kehadiran iOS 9 lewat dibukanya akses aplikasi keyboard pihak ketiga, iOS 13 sekarang menyempurnakannya dengan keberadaan mode QuickPath untuk keyboard bawaan. Dengan QuickPath, pengguna bisa mengetik pesan dengan lebih cepat dan mudah cukup dengan menggulirkan jempol alias swipe.

6. Safari Download Manager

Safari Download Manager untuk iOS 13

Safari Download Manager hadir di dalam iOS 13. (Foto: 9to5Mac)

Untuk kemudahan dalam mengunduh file, iOS 13 hadir dengan Safari Download Manager yang dapat digunakan mengunduh berbagai jenis dokumen. Hasil unduhan akan langsung tersimpan di dalam aplikasi Files.

7. Sign in with Apple

Perkenalan Fitur Sign in with Apple

Sign in with Apple saat diperkenalkan dalam acara WDCC 2019. (Foto: Digital Trends)

Bagi Sobat yang selalu mengutamakan privasi, update iOS 13 diluncurkan dengan penyempurnaan penting terkait dengan urusan ini. Salah satunya adalah adanya fitur Sign in with Apple untuk menjaga kerahasiaan data ketika Sobat terhubung ke sebuah layanan, seperti email, nama, kata sandi, dan sebagainya.

Terkait dengan urusan privasi, ada juga peningkatan bagi Location Service. Di sini, pengguna bisa mengatur opsi akses catatan lokasi berdasarkan pilihan yang ada kepada aplikasi pihak ketiga.

8. Memoji Sticker

Fitur Memoji Stickers

Sekarang, Memoji bisa digunakan sebagai stiker di luar iMessage. (Foto: 9to5Mac)

Keseruan berkirim Memoji lewat aplikasi iMessage jadi bertambah dengan perluasan fitur ini menjadi Memoji Sticker. Artinya, Memoji yang sudah dibuat pun bisa disulap jadi stiker dan dapat Sobat akses lewat keyboard EMoji. Jadi, Memoji tersebut bisa digunakan di luar iMessage sekalipun, termasuk WhatsApp maupun aplikasi chat lainnya.

Nah, itulah beberapa fitur baru dan pembaharuan yang hadir dengan update iOS 13. Kalau menurut Sobat, fitur apa yang paling menarik, nih?

Supaya makin asik internetan dan chatting, pastikan paket internet Sobat selalu ON, ya! Apalagi, Sobat punya Unitedtronik yang bisa bantu Sobat beli paket data kapan saja dan di mana saja, bahkan sambil tiduran main game di kamar. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga, gratis!