Wow, 10 Orang Ditahan Polisi Karena Main PUBG Mobile!

Foto; BGR India

Gim PUBG Mobile saat ini memang sangat populer di dunia dan Sobat barangkali merupakan salah satu pemainnya. Akan tetapi, hal ini nyatanya tidak berarti bahwa popularitas gim buatan Tencent ini selalu disambut dengan antusiasme positif, yang dibuktikan dengan dilarangnya gim ini di India, tepatnya di beberapa kota. Dampaknya, jika ada individu yang ketahuan memainkan gim ini, mereka akan langsung diringkus oleh polisi.

Bahkan, sampai berita ini dirilis, total sudah ada 10 orang yang ditangkap karena memainkan PUBG Mobile terpatnya di kota Rajkot. Berdasarkan pernyataan yang dirilis oleh komisaris polisi Manoj Agrawal, total terdapat 12 kasus yang sudah masuk dan dikategorikan sebagai tindak kejahatan kecil dan pelakunya bisa dilepas dengan jaminan. Sementara itu, kasus ini bisa naik sampai ke pengadilan apabila panggilan polisi yang sudah diberikan tidak diindahkan oleh para pemain.

Baca juga: Ingin Masuk Tim eSport RRQ? Begini Bocoran Kualifikasinya

Seperti yang sudah dilaporkan di beberapa kanal berita India, pelarangan gim ini didasarkan pada Hukum Pidana India, di mana mereka yang melanggar peraturan tersebut dan ketahuan menyebabkan kerusakan, gangguan, atau cedera (secara teori) dapat dikenai hukuman masa tahanan sampai dengan sebulan serta denda. Meskipun berdasarkan berita yang dilansir dari The International Business Times mengindikasikan bahwa warga hanya akan ditangkap jika mereka menolak bekerjasama, hal ini tetap terasa menakutkan.

Sementara itu, sejauh ini terdapat lima kota yang sudah resmi melarang gim PUBG Mobile. Selain Rajkot, Surat, Vadodara, Bhavnagar, dan Gir Somnath pun menerapkan peraturan yang sama.

Baca juga: Mirip Pokemon Go, Harry Potter: Wizard United Tawarkan Pengalaman Jadi Penyihir

Pelarangan ini salah satunya dilatarbelakangi oleh surat yang ditulis oleh seorang bocah berusaha 11 tahun. Bocah yang dipanggil dengan nama Ahad ini menuliskan sebuah surat tentang bahaya PUBG Mobile yang dikirimkan kepada tujuh menteri, hingga akhirnya menjadi viral. Sebelumnya, pelarangan juga dilakukan hanya dalam lingkup yang lebih kecil, seperti pelarangan PUBG Mobile di sekolah dasar atau di lingkungan sekolah saja. Banyak orang tua yang juga merasa prihatin dengan popularitas gim ini dalam beberapa waktu belakangan ini karena nilai anak-anaknya yang jadi anjlok setelah ketagihan memainkan PUBG Mobile.

Nah, kalau menurut Sobat, apakah ada kemungkinan PUBG Mobile juga dilarang di negara lain termasuk Indonesia?

Ikuti terus berita terkini tentang mobile game favorit Sobat dengan paket internet yang selalu terisi. Dapatkan paket data favorit Sobat di Play Store dan App Store sekarang juga!