Wow! Kota Semarang Sudah Siap Sambut Internet 5G

Pengesahan proyek ducting oleh wali kota Semarang. (Foto: kumparan)

Warga Semarang patut berbangga hati karena proses infrastruktur untuk persiapan internet 5G sudah dimulai. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya kesepakatan ducting atau penanaman kabel jaringan serat optik antara pemerintah Semarang dengan PT Mora Telematika Indonesia alias Moratellindo dengan dana investasi sebesar Rp 617 Milyar pada Jumat (31/1).

Menurut keterangan Hendrar Priyadi, Wali Kota Semarang, proses ducting akan membuat Kota Semarang lebih tertata karena tidak akan ada kabel yang semrawut. Menurut Hendi, proses ducting sudah direncanakan sejak tahun 2016 namun menemui kendala pelelangan hingga harus tertunda sampai empat tahun. Ia menambahkan, pihaknya akan mengejar proses Peraturan Wali Kota dalam waktu dekat sehingga groundbreaking proyek ini juga akan lebih cepat.

Hendi menambahkan harapannya pada investor asing untuk tetap mengutamakan keindahan kota Semarang dalam mengerjakan proses ducting. “Titip pesen saya, kalau trotoarnya tadinya bagus ya dikembalikan bagus, kalau trotoarnya tadinya nggak bagus ya dikembalikan bagus jadi kan ada penghematan APBD untuk keindahan dan kemajuan kota ini,” seloroh wali kota yang kerap disapa Hendi ini.

Meski demikian, warga Semarang harus bersabar karena proses ducting tentunya akan memengaruhi kegiatan warga karena diharuskan membongkar trotoar. Masyarakat diharap sabar menanti proyek ini selesai.