4 Jenis Tabungan Penting yang Perlu Dimiliki untuk Keuangan Sehat Sampai Tua

Mengenal Jenis Tabungan yang Perlu Disiapkan

Sobat pasti sudah tahu betapa pentingnya tabungan untuk menjaga agar kondisi keuangan Sobat selalu sehat. Pada umumnya, tabungan disisihkan untuk berbagai kebutuhan di masa depan. Akan tetapi, kalau Sobat rinci lagi, sebenarnya ada beberapa jenis tabungan yang perlu Sobat ketahui dan miliki, lho!

Apa saja ya jenis tabungan tersebut? Berikut ini uraian lengkapnya. Selamat membaca!

Jenis Tabungan yang Perlu Dipersiapkan

1. Tabungan Darurat

Ilustrasi Tabungan Darurat untuk Pengeluaran Mendesak

Hindari utang ketika ada pengeluaran yang mendesak dan tidak terduga dengan tabungan darurat. (Foto: Money)

Jenis yang satu ini adalah jenis yang paling umum dan wajib dimiliki oleh semua orang, terutama kalau Sobat sedang memulai kebiasaan menabung. Dengan tabungan darurat, Sobat pun bisa menghindari utang ketika ada pengeluaran yang mendesak dan tidak terduga.

Sebagai jarring pengaman keuangan Sobat, berapa jumlah tabungan darurat yang perlu dipersiapkan bervariasi tergantung kebutuhan dan kemampuan Sobat sendiri. Akan tetapi, persiapkan setidaknya tabungan darurat yang jumlahnya minimal sama dengan biaya hidup selama tiga bulan sampai enam bulan. Sedangkan jumlah yang perlu Sobat sisihkan untuk tabungan ini juga sepenuhnya bergantung pada kemampuan. Besar atau kecil, yang penting mulai menabung dari sekarang juga!

Penggunaan tabungan darurat: Biaya hidup ketika keluar dari pekerjaan sekarang sampai menemukan pekerjaan baru, atau biaya-biaya tak terduga seperti pengobatan, reparasi kendaraan, atau perbaikan rumah.

2. Tabungan Pensiun

Pasangan Lansia Berlibur di Pantai

Tetap tenang di hari tua kalau tabungan pensiunnya siap. (Foto: Williams Financial)

Sobat bisa manfaatkan program tabungan pensiun dari kantor atau buat sendiri tabungan Sobat. Bahkan jika sudah ada tabungan pensiun dari kantor, tetap menyisihkan dana yang terpisah juga tidak ada salahnya kalau memang memungkinkan.

Jangan sepelekan pentingnya tabungan pensiun, bahkan jika Sobat masih berusia 20-an. Karena tabungan pensiun idealnya jangan sampai digunakan sampai masa pensiun tiba, tentu jumlahnya makin besar kalau Sobat menabung lebih awal!

Untuk mempersiapkan tabungan pensiun, Sobat bisa pilih investasi atau tabungan berjangka. Dengan begitu, jumlahnya juga jelas akan semakin besar berkat adanya compound interest, alias bunga berbunga.

Penggunaan tabungan pensiun: Hanya boleh digunakan setelah memasuki masa pensiun. Apalagi, banyak rekening dana pensiun yang justru akan membebani Sobat dengan denda kalau dicairkan sebelum waktunya.

Baca juga: Masih Bingung Cara Mengatur Keuangan Pribadi? Mulai dengan 4 Pertanyaan Ini!

3. Tabungan Jangka Pendek

Ilustrasi Persiapan Jenis Tabungan Jangka Pendek

Idealnya, siapkan tabungan jangka pendek di rekening yang mudah dicairkan, ya! (Foto: Tomorrowmakers)

Dengan memiliki tabungan jangka pendek, Sobat pun bisa menutupi pengeluaran yang terencana dan dalam jumlah besar. Misalnya untuk berlibur atau membeli laptop baru. Biasanya, jenis pengeluaran yang bisa ditutupi dengan tabungan ini bersifat rekreasi dan cukup mahal kalau langsung dibeli dengan segera.

Sama seperti tabungan darurat, tabungan jangka pendek juga perlu dibuat di rekening yang mudah diakses, seperti rekening tabungan biasa. Dengan begitu, Sobat juga bisa pisahkan rekening khusus untuk jenis tabungan yang satu ini agar tidak tercampur dengan tabungan lainnya.

Penggunaan tabungan jangka pendek: Penggunaan yang bebas, seperti piknik atau traveling, belanja Lebaran atau Natal, belanja kebutuhan tahun ajaran baru di sekolah, perabot baru, atau peralatan rumah tangga.

4. Tabungan Jangka Panjang

Ilustrasi Keluarga Mempersiapkan Tabungan Jangka Panjang

Jumlah tabungan jangka panjang yang perlu disiapkan tergantung jenis pengeluaran yang dibutuhkan, dan kapan pembayarannya dilakukan. (Foto: The Balance)

Persiapkan tabungan jangka panjang untuk pengeluaran besar yang kemungkinan akan Sobat lakukan dalam waktu beberapa tahun ke depan, kira-kira antara tabungan jangka pendek sampai tabungan pensiun. Sedangkan untuk jumlah yang perlu disiapkan bergantung pada jenis pengeluaran yang dibutuhkan, serta kapan pembayarannya dilakukan. Mirip seperti tabungan pensiun, Sobat juga bisa mengombinasikan antara tabungan berjangka dengan investasi sebagai persiapan tabungan jangka panjang

Penggunaan tabungan jangka panjang: DP rumah atau mobil, biaya pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau investasi untuk bisnis di masa depan.

Untuk memaksimalkan tabungan Sobat, tak ada salahnya lho untuk mencari peluang usaha sampingan agar Sobat bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi, sekarang ada banyak ide bisnis sampingan yang bisa dimulai dengan modal minim, lho!

Contohnya dengan menjadi agen pulsa dan pembayaran PPOB menggunakan aplikasi Unitedtronik. Sobat hanya perlu download aplikasinya, registrasi, isi saldo, dan langsung bertransaksi! Bayangkan: hanya dalam hitungan menit, Sobat sudah bisa punya bisnis sendiri!

Jadi, tunggu apa lagi? #denganUnitedtronik Sobat bisa dapat pemasukan tambahan untuk kondisi keuangan yang semakin sehat hanya dengan bertransaksi lewat smartphone yang #tanparibet. Download aplikasi Unitedtronik sekarang juga di Play Store atau App Store, gratis!