5 Tips Memulai Bisnis Sambil Bekerja Agar Tidak Terjadi Konflik

Memulai Bisnis Sambil Kerja

Untuk Sobat yang memiliki pekerjaan di kantor, tapi sudah lama ingin memulai bisnis sendiri, justru saat inilah waktu yang tepat untuk melakukannya. Salah satu alasannya adalah mumpung Sobat masih punya sumber penghasilan tetap, sehingga memulai bisnis sambil bekerja jadi pilihan yang sangat dianjurkan.

Meski begitu, tentu saja memulai bisnis sambil bekerja bukanlah sesuatu semudah membalikkan tangan. Selain fokus menjalankan bisnis agar sukses meraih keuntungan, Sobat juga perlu menjaga profesionalitas selama di kantor.

Supaya tidak ada konflik antara Sobat dengan kantor – apalagi atasan – sambil menjalankan bisnis dengan lancar, yuk simak lima hal yang perlu Sobat lakukan berikut ini. Selamat membaca!

Hal Penting untuk Memulai Bisnis Sambil Bekerja

1. Jalankan Bisnis Sebagai Usaha Sampingan Sambil Tetap Ngantor

Wanita Melihat Layar Laptop Saat Bekerja

Mumpung punya penghasilan tetap, segera mulai bisnis sendiri, yuk! (Foto: GO Creative)

Cara ini sangat dianjurkan karena ini berarti Sobat akan tetap mendapatkan penghasilan tetap sambil membangun formula yang tepat untuk bisnis Sobat. Dengan begitu, risiko tumpukan tagihan dari bisnis Sobat yang menyedot dana terus-terusan bisa dihindari.

2. Pahami dan Ikuti Kontrak Pegawai

Mendiskusikan Kontrak Kerja dengan Bagian SDM

Pahami isi kontrak pegawai sampai detail-detailnya untuk menghindari konfilk dengan bisnis. (Foto: Hacker Noon)

Langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa Sobat tidak melanggar aturan kantor dengan menjalankan usaha sendiri. Di samping itu, Sobat juga bisa berkonsultasi dengan bagian SDM untuk pembahasan lebih lanjut soal kontrak pegawai yang sudah Sobat tandatangani.

3. Tabung Pemasukan Tambahannya

Ilustrasi Menabung untuk Masa Depan

Berapapun jumlahnya, sisihkan pemasukan tambahan untuk tabungan di masa depan. (Foto: The Independent)

Sisihkan laba dari bisnis Sobat secara konsisten, terlepas dari berapa jumlahnya. Tips ini sangat penting untuk Sobat yang kelak ingin sepenuhnya menghabiskan waktu berbisnis dan meninggalkan pekerjaan kantoran. Dengan begitu, Sobat harus buat anggaran pengeluaran yang jelas dan menerapkannya secara disiplin untuk menghindari pemborosan.

4. Terbuka Pada Atasan

Rapat Kantor dalam Suasana Kasual

Ada peluang orang kantor bisa menjadi investor, klien, pelanggan, atau partner bisnis, lho! (Foto; Reader’s Digest)

Apabila bisnis yang Sobat jalankan tidak berada di sektor yang sama dengan sektor bisnis perusahaan, Sobat bisa mengambil peluang untuk berkolaborasi dengan kantor, lho! Bahkan, bisa jadi Sobat mampu menarik orang kantor, termasuk atasan, untuk berinvestasi dan sama-sama memodali bisnis Sobat. Selain itu, bisa jadi atasan Sobat menjadi klien. Akan tetapi, hindari membahas bisnis Sobat terlalu sering di kantor agar Sobat tidak dianggap terlalu fokus berbisnis atau terlalu sering mempromosikan usaha Sobat, ya.

Jika atasan Sobat menjadi klien, investor, atau partner bisnis, Sobat tetap harus memisahkan urusan kantor dengan bisnis, ya. Artinya, Sobat tetap harus membuat surat perjanjian atau kontrak yang sah secara hukum untuk menjabarkan hak dan kewajiban masing-masing pihak dengan jelas.

5. Prioritaskan Waktu dengan Cermat

Ilustrasi Manajemen Waktu untuk Memulai Bisnis Sambil Kerja

Buat jadwal dan prioritaskan aktivitas setiap hari. (Foto: Lynda)

Ketika Sobat memulai bisnis sambil bekerja, artinya waktu Sobat akan semakin banyak terpakai setiap harinya. Karena itulah Sobat perlu membuat jadwal dan menentukan prioritas. Dengan begitu, Sobat bisa meninggalkan aktivitas-aktivitas yang membuang waktu. Dalam melakukannya, tak ada salahnya Sobat berkonsultasi dengan pasangan atau keluarga demi keseimbangan antara dunia kerja dengan waktu pribadi untuk diri sendiri dan keluarga.

Saat ini, ada berbagai ide bisnis yang bisa Sobat lakukan sambil mempertahankan pekerjaan di kantor. Bahkan, bisnis sampingan yang Sobat jalankan tidak perlu mengganggu aktivitas di kantor, lho! Dengan modal minim sekalipun, Sobat bisa mulai usaha sendiri seperti yang selama ini diimpikan.

Salah satunya adalah bisnis pembayaran online dan PPOB dengan menggunakan aplikasi Unitedtronik. Selain pilihan produk yang lengkap dan keamanan saat bertransaksi, Sobat pun bisa melayani pelanggan hanya dari smartphone, kapan saja dan di mana saja!

Yakin masih ingin menunda-nunda keinginan untuk memiliki bisnis sendiri? Yuk, dapatkan aplikasi Unitedtronik sekarang juga di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat!