6 Antivirus Komputer Gratis untuk PC Windows, Solusi Pas Buat Budget Terbatas

Ilustrasi Program Antivirus Komputer Gratis

Sobat pasti sudah tahu kalau keamanan komputer harus dijaga. Pasalnya, setiap perangkat komputer punya risiko terinfeksi virus. Selain membuat komputer jadi tidak bisa digunakan, infeksi virus juga bisa menyebabkan hilangnya data-data penting, sampai pencurian data pribadi, lho!

Karena inilah antivirus komputer adalah program yang wajib dipasang di tiap perangkat komputer. Sayangnya, berbagai program antivirus adalah program berbayar, yang berarti Sobat harus membelinya. Akan tetapi, tahukah Sobat kalau sebenarnya ada juga berbagai pilihan antivirus komputer gratis yang bisa Sobat andalkan?

Pengguna Bekerja dengan Komputer

Foto: techlib.cz

Untuk Sobat yang punya budget terbatas tapi tetap ingin menjaga keamanan komputer Sobat, terutama untuk komputer yang menjalankan OS Windows, inilah enam program antivirus gratis yang bisa Sobat gunakan!

6 Program Antivirus Komputer Gratis untuk Windows

1. Windows Defender

Program antivirus ini sebenarnya sudah terpasang langsung di perangkat Sobat begitu Sobat membeli komputer Windows, lho. Hanya saja, program ini hanya bisa Sobat manfaatkan hanya kalau Sobat menggunakan OS Windows yang asli alias legal. Selain untuk mendeteksi virus, Windows Defender juga bisa digunakan untuk memindai malware.

2. Microsoft Security Essentials

Serupa dengan Windows Defender, Microsoft Security Essentials pun dapat digunakan secara gratis oleh pengguna perangkat komputer Windows. Meski begitu, program ini hanya mendukung OS Windows 7, yang dukungannya sudah akan dihentikan pada 14 Januari 2020 nanti. Untuk Sobat pengguna komputer yang masih menjalankan Windows 7, lebih baik segera lakukan upgade ke Windows versi yang lebih baru agar masih bisa mendapatkan pembaharuan keamanan secara teratur.

3. Avast Free Antivirus

Nama program antivirus komputer gratis ini barangkali sudah tak lagi asing di telinga Sobat. Pasalnya, memang Avast terkenal sebagai program antivirus gratis yang andal. Apalagi, Avast juga dibekali dengan berbagai fitur yang berguna, seperti CyberCapture yang dapat mendeteksi dan menganalisis dokumen atau file yang diduga merupakan virus.

4. Avira Free Antivirus

Program yang satu juga sudah lama dikenal sebagai antivirus gratis yang populer dan andal. Karena itu, tak heran kalau sejumlah media teknologi merekomendasikan Avira sebagai salah satu program antivirus komputer gratis terbaik.

5. Panda Antivirus

Meskipun Panda Antivirus tidak sepopuler Avast maupun Avira, nyatanya banyak pengguna yang memberikan review positif untuk program antivirus ini. Salah satunya adalah kemudahan penggunaan serta kemampuannya dalam mendeteksi keberadaan virus pada USB serta menjaga keamanan perangkat komputer saat sedang digunakan.

6. AVG

Meskipun AVG sudah dibeli Avast pada tahun 2016 kemarin, AVG masih beroperasi dan memproduksi program antivirus dengan menggunakan nama merknya sendiri, kok. Jadi, kalau Sobat mencari antivirus yang ringan dan tidak membebani kinerja komputer Windows Sobat, AVG masih bisa jadi pilihan yang dapat diandalkan. Apalagi, AVG bukan hanya bisa mendeteksi keberadaan file jahat di dalam perangkat Sobat, tapi juga menghapus folder yang sudah terinfeksi, lho!

Dari keenam program antivirus komputer gratis tersebut, yang mana yang jadi pilihan Sobat? Oh iya, banyak dari antivirus gratisan tersebut yang bisa Sobat download langsung dari website resminya, ya! Jadi, pastikan Sobat selalu bayar tagihan internet di rumah tepat waktu supaya bisa internetan dengan tenang dan download program antivirus dengan lancar.

Apalagi, Sobat punya Unitedtronik yang bisa bantu bayar tagihan internet dengan mudah, atau beli paket data untuk modem Sobat tanpa harus keluar ruangan sama sekali, lho! Hanya dengan satu aplikasi, semua transaksi pasti langsung beres. Praktis, kan?

Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Storesekarang juga dan nikmati kemudahannya!