6 Cara Mendapatkan Ide Bisnis untuk Menginspirasi Sobat yang Ingin Memulai Usaha Sendiri

Cara Mendapatkan Ide Bisnis untuk Memulai Usaha yang Menguntungkan

Apakah saat ini Sobat sedang mencari cara untuk mendapatkan ide bisnis untuk Sobat mulai segera? Ide bisnis bisa datang dari berbagai hal di sekitar Sobat, lho! Ada yang punya ide setelah menganalisis tren pasar dengan cermat, ada juga yang mendapatkan idenya secara tiba-tiba.

Untuk Sobat yang sudah lama ingin memulai bisnis sendiri, tapi belum tahu ingin menjual barang atau jasa apa, simak enam cara untuk mendapatkan ide bisnis ini, yuk!

Tips Mencari dan Mendapatkan Ide Bisnis

1. Berkaca pada Kemampuan Diri Sendiri

Mencari Ide Bisnis Berdasarkan Kemampuan yang Dimiliki

Gunakan kemampuan dan bakat yang dimiliki untuk hasilkan ide bisnis. (Foto: London Skills for Growth)

Apakah Sobat punya bakat atau bukti yang menunjukkan bahwa Sobat punya kemampuan yang dapat dimanfaatkan untuk memulai bisnis yang menguntungkan? Cara yang satu ini sudah sering dibuktikan keampuhannya. Misalnya, pemilik usaha katering terkenal yang berawal dari mencari penghasilan tambahan karena jago memasak, atau para seniman dan desainer yang mendapatkan uang dari keahlian mereka.

Untuk menemukan ide bisnis yang menjanjikan, Sobat bisa ajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri: “Apa kemampuan dan pengalaman menguntungkan untuk bisnis yang saya punya? Dan apakah orang-orang akan bersedia mengeluarkan uang untuk produk atau jasa yang saya buat?”

2. Mengikuti Peristiwa Terkini dan Menyambar Peluang Bisnis yang Ada

Mencari Ide Bisnis Berdasarkan Kemampuan yang Dimiliki

Berita terbaru bisa jadi sumber inspirasi untuk ide bisnis juga. (Foto; Vakilno1)

Ketika Sobat sengaja menonton atau membaca sebuah berita untuk mendapatkan ide bisnis, Sobat bisa dibuat kaget dengan begitu banyak peluang yang terlintas di kepala. Sebab, mengikuti peristiwa terkini akan membantu Sobat mengidentifikasi tren pasar dan sering kali menemukan ide-ide baru yang bisa dijadikan ide bisnis.

3. Menemukan Barang atau Jasa yang 100% Baru

Ilustrasi Ide Baru untuk Usaha

Identifikasi kebutuhan atau masalah untuk temukan solusi yang bisa jadi ide produk baru. (Foto: Harvard Buesiness Review)

Kunci penting untuk memperoleh ide bisnis untuk produk yang sepenuhnya baru adalah mengidentifikasi kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Salah satu contoh paling populer untuk cara yang satu ini adalah bagaimana Mark Zuckerberg menciptakan situs jejaring sosial agar para staf kampus dan mahasiswa bisa berbagi berbagai informasi, termasuk profil pribadi. Seperti yang pasti sudah bisa Sobat tebak, inilah cikal bakal dari Facebook, perusahaan yang membuatnya jadi salah satu milarder termuda di dunia.

Untuk Sobat yang memang ingin menciptakan produk baru, Sobat perlu mengidentifikasi kebutuhan atau masalah di pasar yang belum terpecahkan. Kemudian, tanyakan apa yang bisa dilakukan untuk menyediakan solusi atau kebutuhan bagi target pasar tertentu. Strategi yang satu ini paling cocok jika Sobat menerapkannya pada segmen pasar tertentu.

Baca juga: 3 Kriteria Ide Bisnis Menjanjikan yang Wajib Diketahui

4. Investigasi Pasar Lainnya

Ilustrasi Identifikasi Pasar yang Sesuai dengan Ide Bisnis

Pasar untuk ide bisnis yang Sobat miliki juga bisa jadi ada di luar. (Foto: Hinge Marketing)

Beberapa ide bisnis yang diterapkan di wilayah tertentu nyatanya tidak cocok untuk masyarakat lokal, tapi pas untuk para pendatang seperti turis, atau bahkan bisa diekspor. Misalnya, perkebunan teh hijau yang nanti diolah dengan butiran beras merah yang setengah gosong, alias genmaicha, yang sangat populer di berbagai restoran masakan Jepang. Walaupun produk ini kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, Sobat bisa menjualnya ke berbagai restoran masakan Jepang langsung, bahkan yang di luar negeri.

5. Mengikuti Tren yang Muncul Tiba-Tiba

Jasa Salon Hewan

Sekarang, banyak pemilik hewan yang ingin peliharaan kesayangan mereka juga dapat perawatan ala salon. (Foto: Pet Grooming)

Terkadang, pasar muncul tanpa ada alasan khusus; “tiba-tiba” saja, ada sekelompok orang yang “menginginkan” sesuatu, sehingga menciptakan permintaan yang belum bisa dipenuhi oleh berbagai bisnis yang sudah ada. Begitu Sobat menyadari peristiwa ini di sekitar Sobat, tak ada salahnya untuk langsung memanfaatkan peluang tersebut sebagai ide bisnis Sobat.

Contohnya, dulu hewan peliharaan tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus, seperti grooming dan mandi di salon hewan. Sementara sekarang, tren menunjukkan bahwa banyak orang yang memperlakukan hewan peliharaan mereka seperti anggota keluarga sendiri, sehingga mereka ingin agar hewan peliharaan kesayangan mereka mendapatkan perawatan yang baik.

6. Memberikan Nilai Tambah untuk Produk yang Sudah Ada

Ilustrasi Proses Mengubah Bahan Baku Jadi Produk Akhir

Mengubah produk yang ada jadi produk baru juga bisa jadi ide usaha. (Foto: YouTube)

Untuk menggambarkan maksud dari “nilai tambah” dalam tips yang satu ini, coba Sobat bandingkan antara nasi putih dengan nasi goreng. Dengan tambahan bumbu, sayur, dan potongan daging, nasi putih pun melalui proses tambahan yang meningkatkan nilainya.

Apa ide bisnis yang bisa Sobat dapatkan dengan cara yang satu ini? Sobat bisa bayangkan produk apa yang barangkali ingin Sobat beli dan lakukan untuk membuat sebuah produk tersebut jadi bisnis yang menguntungkan!

Misalnya, Sobat bisa pilih membuka usaha berjualan pulsa dan paket data. Akan tetapi, Sobat tidak perlu membuka konter, tapi berjualan secara online. Dengan begitu, siapapun yang butuh pulsa dan paket internet bisa langsung mengunjungi toko online Sobat sambil tiduran di kamar atau tanpa harus meninggalkan aktivitas sehari-hari. Sobat hanya perlu tunggu dan mengonfirmasi pembayaran, lalu lakukan transaksi langsung dari smartphone!

Contohnya jualan pulsa dan paket data dengan Unitedtronik, yang punya aplikasi super mudah dan praktis. Sobat bisa bertransaksi apapun lewat aplikasi Unitedtronik, bahkan termasuk pembayaran PPOB. Selain itu, karena Sobat hanya perlu menggunakan aplikasi untuk bertransaksi, Sobat bisa menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti ngantor atau kuliah.

Serunya lagi, Sobat bisa memulai bisnis Sobat dengan Unitedtronik tanpa modal jutaan. Dengan modal minim sekalipun, bisnis Sobat bisa langsung jalan, lho! Nggak percaya? Coba buktikan sendiri dulu! Unduh aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga, yuk!