Air Purifier untuk Bunuh Virus Keluaran Gree

air purifier gree

Pembersih udara yang diklaim dapat membersihkan virus. (Foto: Gree)

Dua bulan berlalu sejak kasus pertama COVID-19 diumumkan di Indonesia, wabah ini belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Hingga 4 Mei 2020, sebanyak 12.071 orang positif COVID-19 di Indonesia dengan jumlah meninggal mencapai 872 orang. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di seluruh dunia sehingga para ilmuwan berupaya menciptakan alat-alat yang mampu membantu memerangi virus ini.

Salah satunya adalah para ilmuwan yang berasal dari Universitas Wuhan yang berhasil menemukan pembersih udara yang mampu membersihkan udara dari virus Corona. Produk ini diberi nama Gree Air Purifier GCCD400DENA dengan teknologi CEP dalam yang sebelumnya telah teruji dapat menjernihkan udara di ruang CT pasien Corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan.

Mesin ini mampu membuat kandungan asam nukleat dari Coronavirus (nilai CT 39) secara signifikan lebih rendah daripada sebelum pemurnian (CT 36.4). Tingkat pembunuhan virus di udara tercatat mencapai 90 persen dan virus di udara berkurang setidaknya 10 kali lipat dalam waktu satu jam pemasangan.

Meski demikian, Sobat tidak perlu terburu-buru membeli alat ini karena virus Corona bisa bertahan di udara dalam kondisi tertentu seperti dalam keadaan paparan tinggi, contohnya di rumah sakit, atau ruangan yang banyak berisi orang-orang yang terpapar virus. Jika Sobat melakukan pembatasan sosial dengan berdiam diri di rumah, Sobat belum perlu memasang alat ini di rumah karena potensi paparan Sobat cenderung kecil.