Batalkan Aturan Pajak E-Commerce, Ini Alasan Sri Mulyani

Foto: searchengineland.com

Mulai hari ini (30/3/2019), Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi menarik PMK-210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (e-Commerce). Sebelumnya, peraturan pajak e-commerce ini diundangkan di Jakarta pada tanggal 31 Desember 2018 lalu. Sejak sebelum berlaku, peraturan ini sudah menimbulkan pemberitaan dan simpang siur mengenai aturan yang akan dikenakan kepada para pelaku niaga online.

Baca juga: Kelihatannya Nggak Nyambung, Tapi 7 Hobi Ini Bisa Membantu Sobat Sukes dalam Bisnis, Lho!

Beberapa aturan dalam PMK-210 diantaranya adalah kewajiban memiliki dan memberitahukan Nomor Pokok Wajib Pajak bagi para pedagang dan penyedia jasa online. Selain itu, para pelaku perniagaan online ini juga wajib melaksanakan membayar pajak penghasilan sesuai ketentuan yang berlaku. Aturan mengenai angka besaran potongan pajak pun mengikuti aturan yang sudah berlaku pengenai potongan pajak pengasilan dan tidak ada aturan khusus atau baru.

Baca juga: Ingin Jalankan Bisnis Sendiri? Perhatikan 6 Karakter yang Perlu Anda Kembangkan!

Lalu, apa sebab Sri Mulyani menarik kembali aturan ini? Salah satu faktornya, ternyata adalah persoalan sosialisasi. Sri Mulyani mengakui perlu diadakan sosialisasi lebih dalam dan menyeluruh terkait aturan toko online sehingga tidak menimbulkan kesimpangsiuran. Pasalnya, kurang meratanya sosialisasi memang membuat banyak pihak mengira pemerintah seolah-olah membuat pajak baru.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis Sendiri? Temukan Jawabannya di Sini!

Mengenai hal ini, Sri Mulyani telah melakukan koordinasi dengan perusahaan digital dan marketplace yang aktif di Indonesia. Jika di kemudian hari akan diberlakukan kembali pajak mengenai toko online, Sri Mulyani mengatakan perlu dilakukan sosialisasi yang menyeluruh kepada stakeholder, masyarakat dan perusahaan digital.

Jangan lewatkan informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi dengan Unitedtronik. Dapatkan aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga. (Ind.)